Waskita Karya

RI Berupaya Kendalikan Varian Covid-19 Lebih Cepat

Wiku Adisasmito mengatakan WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi sebaran varian Covid-19 di berbagai daerah Indonesia.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto:Tagar/Covid.go.id)

Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Whole Genum Sequencing (WGS) digunakan untuk mengendalikan distribusi varian Covid-19 yang menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan kesehatan yang tepat.

Kata Wiku, Pemerintah juga berkomitmen mempercepat proses WGS di laboratorium dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 2 minggu, menjadi 1 minggu. 

"Semakin cepat rentang waktu pemeriksaan ini, diharapkan data yang didapat semakin aktual dan dapat dilakukan penanganan yang cepat," ujarnya, Jumat, 18 Juni 2021.


Tidak ada ada jalan lain sebaik disiplin protokol kesehatan.


Meski demikian, pemeriksaan strain virus bukanlah kewajiban mutlak pada kasus positif. "Karena WGS memiliki metode khusus. Dan tidak semua kasus positif layak dilacak genomiknya. Misalnya kasus dengan gejala tidak biasanya maupun kasus pada pelaku perjalanan luar negeri dan lain-lain," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, apa pun jenis varian yang ada di tengah-tengah masyarakat, yang perlu dilakukan ialah memperketat Protokol kesehatan. "Tidak ada ada jalan lain sebaik disiplin protokol kesehatan. Karena itulah kita dapat memutus rantai penularan secara efektif dan efisien," ujar Wiku.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, masyarakat akan terlindungi dari paparan varian-varian Covid-19. "Dan bagi yang sakit dan terinfeksi, untuk menjalani pengobatan sesuai prosedur untuk mempercepat kesembuhan," katanya. []


Baca Juga: Wiku: Vaksin Akan Digratiskan Guna Capai Herd Immunity

Berita terkait
Wiku: Vaksin Akan Digratiskan Guna Capai Herd Immunity
Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 angkat suara soal herd immunity.
Wiku: Anggaran Bukan Hambatan Pencapaian Herd Immunity
Pemerintah telah menyebut anggaran negara terkait vakis Covid-19 bukan menjadi alasan tidak gratiskan vaksin Covid-19.
Penjelasan Wiku Soal Peningkatan Covid-19 di Berbagai Daerah
Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, angkat bicara mengenai meningkatnya kasus Covid-19.
0
RI Berupaya Kendalikan Varian Covid-19 Lebih Cepat
Wiku Adisasmito mengatakan WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi sebaran varian Covid-19 di berbagai daerah Indonesia.