UNTUK INDONESIA

Resep Makanan Populer di Indonesia, Bakso Aci Kuah

Sudah mencoba rasa varian bakso aci kuah yang sedang hits di Indonesia saat ini? Begini cara membuatnya.
Potret sajian bakso aci kuah. (Foto : resepedia)

Jakarta – Bakso yang terbuat dari campuran daging dan tepung tapioka berbentuk bulat seperti bola umumnya disajikan bersama bihun atau mi kuning serta kerupuk pangsit. Selain varian bakso yang disajikan dengan cara digoreng atau dibakar, kini terdapat juga bakso aci kuah yang sedang populer dan menjadi pilihan makanan camilan masyarakat Indonesia. Bakso aci kuah ini memiliki tekstur yang kenyal serta gurih.

Jika bakso pada umumnya terbuat dari campuran daging yang digiling, bakso aci terbuat dari tepung terigu dengan tepung aci. Hal ini yang membuat bakso aci memiliki tekstur yang lebih kenyal. Makanan camilan ini juga sangat cocok untuk disantap saat hujan turun karena menghangatkan dan dapat mengganjal perut yang lapar.

Baca Juga:

Tidak jarang, banyak masyarakat yang memulai bisnisnya saat ini dengan menjual bakso aci kuah. Berikut resep bakso aci kuah yang dilansir oleh Tagar dari Resepedia untuk sajian 8 porsi.

Bahan-bahan yang diperlukan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, bahan bakso aci, bahan kuah, dan bahan pelengkap. Pada bahan bakso aci diperlukan 100 gram tepung terigu, 75 gram tepung kanji atau sagu, 200 ml air panas, 2 batang daun bawang yang telah dicincang halus, ½ sendok teh lada bubuk, ½ sendok teh penyedap rasa, ½ sendok teh bawang putih bubuk atau 2 siung bawang putih goreng dan haluskan, garam serta air secukupnya.

Bahan Bakso Kuah AciBakso aci kini juga diperjualbelikan dalam bentuk kemasan. (Foto : Instagram/imfoodaja)

Untuk bahan kuah yang perlu disiapkan adalah 700 ml air, 100 gram tulang untuk kaldu, 2 batang daun bawang yang dicincang halus, 1 sendok makan bawang goreng yang telah dihaluskan, gua, garam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian untuk bahan pelengkap bisa disesuaikan dengan selera, seperti otak-otak, pilus, jeruk limo, sambal, dan kecap manis dengan masing-masing takaran secukupnya.

Dalam proses pembuatannya pun dibagi menjadi 3 langkah yaitu, membuat bakso aci, membuat kuahnya, dan penyajiannya. Yang dilakukan pertama kali adalah membuat bakso aci. Siapkan wadah besar dan campurkan tepung terigu, tepung kanji, daun bawang, lada bubuk, penyedap rasa, garam, dan bawang putih bubuk. Aduk rata seluruh bahan-bahan tersebut agar semua bahan tercampur rata.

Lalu tuang air panas secara perlahan sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk serta uleni adonan bakso aci hingga kalis dan bisa dibentuk. Setelah itu, bentuk adonan tersebut bulat-bulat dan lakukan proses ini sampai semua adonan habis, lalu sisihkan. 


BaksoUmumnya bakso disajikan bersama bihun atau mi kuning, bersama kerupuk pangsit. (Foto : Instagram/pecintabaksoenak)

Kemudian masak air secukupnya hingga mendidih, untuk merebus bakso aci. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan bakso aci yang telah dibentuk bulat-bulat dan rebus sampai matang atau bakso mengapung. Lalu angkat dan tiriskan.

Proses yang kedua dalam membuat kuah bakso aci. Pertama, rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan tulang-tulangan yang sudah dicuci bersih ke dalam air mendidih. Tunggu selama 10 menit, lalu tambahkan bawang goreng yang telah dihaluskan serta daun bawang cincang dan aduk rata seluruhnya. 

Baca Juga:

Kemudian bumbui dengan gula, garam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu aduk kembali hingga merata. Tunggu hingga 20 menit, cicipi rasanya apakah sudah pas atau belum. Jika sudah, kuah pun siap untuk digunakan.

Proses terakhir ialah penyajian. Siapkan piring saji, lalu tata bahan isian dan pelengkapnya seperti, bakso aci, pilus, dan otak-otak sesuai dengan selera. Tuang kuah bakso aci yang telah dibuat tadi dan beri sambal serta kecap sesuai selera. Jangan lupa untuk masukan air perasan jeruk limo agar makanan terasa lebih segar. Bakso aci kuah pun siap untuk disantap di rumah. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Tidak Suka Sayur? Berikut Resep Bakso Sayur Lezat dan Sehat
Bakso yang lezat dan sehat untuk si kecil? Berikut resepnya, bakso sayur rumahan yang nikmat.
Gurihnya Kuah Bakso Sapi Kantin Cendana Bulukumba
Jika berkunjung ke Bulukumba, jangan lupa singga mencicipi mie bakso campur ala kantin Cendana.
Viral Makan Mie Ayam Dapat Uang Tunai, Berani Coba?
.Mie Ayam di Bantul mendadak viral karena pembeli yang mampu menyelesaikan tantangan akan mendapatkan uang tunai.
0
Resep Makanan Populer di Indonesia, Bakso Aci Kuah
Sudah mencoba rasa varian bakso aci kuah yang sedang hits di Indonesia saat ini? Begini cara membuatnya.