Relawan Kembalikan Atribut, Satgas: Kami Tampung Aspirasi

Satgas Covid-19 tidak pernah melakukan kegiatan terkait pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).
Staf Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW), Wana Alamsyah menyoroti potensi korupsi di BNPB, yang diketuai Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: BNPB),

Jakarta - Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian menyampaikan pihaknya tidak pernah melakukan kegiatan terkait pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).

Andre menjelaskan, para relawan akan terus solid membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Kendati begitu, dia mengaku dapat memahami apabila ada relawan yang melakukan aksi pengembalian rompi dan tanda pengenal.

"Kami menerima ini sebagai bentuk apirasi beberapa orang relawan. Kami menampung aspirasi ini. Tapi kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetap lah relawan. Apalagi selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah coronavirus ini," ujar Andre dalam keterangannya, Kamis, 19 November 2020.

Perubahan perilaku adalah kunci dalam menghambat penyebaran Covid-19 sampai diberikannya vaksin.

Baca juga: Relawan Mati-matian, Doni Monardo Berkhianat Gegara Rizieq?

Andre menyampaikan, dalam kurun waktu delapan bulan ini, pihaknya telah mengkoordinasi 34.000 relawan Covid-19 di seluruh Indonesia. Dia berujar, saat ini juga berlangsung kegiatan pelatihan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat melakukan perubahan perilaku di tujuh provinsi prioritas dengan melibatkan 10.000 relawan.

"Perubahan perilaku adalah kunci dalam menghambat penyebaran Covid-19 sampai diberikannya vaksin, dan ini lebih penting dibanding mekanisme tradisional di mana relawan hanya berfungsi membagikan masker tanpa diberikan informasi dan pengertian" ucap Andre.

Sebelumnya, puluhan relawan Satgas Covid-19 menyatakan sikap mosi tidak percaya terhadap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Nasional, Doni Monardo. Dalam kesempatan itu, para relawan melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card relawan.

Musababnya, Doni dianggap telah mengkhianati usaha para relawan yang berjuang atas nama kemanusiaan. Hal itu lantaran BNPB memberikan 20 ribu masker dan handsinitizer di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab beberapa waktu lalu.

"Kami relawan satgas penanganan Covid-19 mendesak pimpinan satgas penanganan Covid-19 dan jajarannya untuk mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggung jawaban," ujar Koordinator Aksi, Abdul Mupid di Jakarta Pusat, Kamis, 19 November 2020.

Baca juga: Mosi Tidak Percaya, Relawan Satgas Minta Doni Monardo Mundur

Diketahui, Polda Metro Jaya telah memanggil sejumlah pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kerumunan di acara Maulid Nabi dan pernikahan Putri Rizieq Shihab yang diadakan di Petamburan, Jakarta Pusat, pada akhir pekan lalu tersebut.

Mereka diperiksa untuk mengklarifikasi dugaan tindak pidana pasal 93 UU RI Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Pemprov DKI juga telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp 50 juta kepada Rizieq. Pihak Rizieq pun mengklaim telah membayar lunas sanksi denda tersebut.

Adapun Pasal 93 berbunyi, setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah). []

Berita terkait
Relawan Kecewa Doni Monardo Bagi 20 Ribu Masker ke Rizieq
Para relawan Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan keluar dari barisan karena kecewa Doni Monardo bagikan 20 ribu masker di acara Rizieq Shihab.
Doni Monardo Dianggap Tebang Pilih, Relawan Satgas Undur Diri
relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card karena kecewa dengan Doni Monardo.
Cari Aman di 2024, Relawan Jokowi Curiga Doni Monardo Main Dua Kaki
Relawan Jokowi curiga Doni Monarmo bermain dua kaki, dan pro terhadap Anies Baswedan untuk politik di tahun 2024 mendatang.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.