UNTUK INDONESIA
Rashford Diragukan di EURO 2020, Inggris Krisis
Cedera punggung striker Manchester United Marcus Rashford membuat dia terancam absen di EURO 2020. Bila Rashford absen Inggris krisis pemain depan.
Cedera punggung striker Manchester United Marcus Rashford membuat dia terancam absen di EURO 2020. Bila Rashford absen, Inggris krisis pemain depan karena striker Harry Kane juga diragukan pulih menjelang turnamen empat tahunan itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Lini depan Inggris mengalami krisis. Cedera punggung yang dialami striker Manchester United Marcus Rashford membuat dirinya terancam absen di EURO 2020. Padahal, penyerang tim nasional Inggris lainnya, Hary Kane juga diragukan tampil di turnamen empat tahunan sepak bola Eropa itu.  

Rashford mengalami cedera punggung pascalaga melawan Wolverhampton Wanderers dalam laga ulangan babak ketiga Piala FA. Semula, Rashford diperkirakan hanya butuh waktu beberapa pekan saja untuk pemulihan dan sudah bisa bermain kembali sebelum berakhirnya kompetisi. 

Namun, manajer Man United Ole Gunnar Solskjaer mengatakan Rashford akan absen setidaknya selama enam pekan. Penyerang berusia 22 ini setidaknya membutuhkan waktu pemulihan sebelum benar-benar siap untuk bermain kembali. 

Dari yang dilakukannya, dia butuh beberapa bulan lagi untuk pulih. Jika dia tidak cukup bugar, maka dia tidak akan pergi (ke EURO 2020)

Rashford pun diragukan bisa mencapai performa terbaik saat saat Piala Eropa mulai digulirkan pada 12 Juni 2020. Sebuah kabar yang tidak mengenakkan bagi Manajer Inggris Gareth Southgate.

"Proses pemulihannya memang membutuhkan waktu. Saya bukan dokter. Saya berharap Rashford pulih lebih cepat," kata Solskjaer sepertip dikutip Evening Standard

"Dari yang dilakukannya, dia butuh beberapa bulan lagi untuk pulih. Jika dia tidak cukup bugar, maka dia tidak akan pergi (ke EURO 2020)," ujarnya.

Menurut Solskjaer sang bomber muda tersebut telah menjalani pemindaian. Dia menyarankan Rashford untuk fokus terhadap pemulihan cedera ketimbang memikirkan untuk segera kembali bermain. 

"Saya tidak tahu butuh waktu berapa lama dia akan pulih. Namun, ketika sembuh, dia akan menjadi lebih kuat. Penting bagi kami untuk tidak terburu-buru," ujarnya.

Rashford mengalami cedera dalam laga Man United melawan Wolves, Kamis, 16 Januari 2020, dini hari WIB. Saat itu Rashford masuk sebagai pemain pengganti. Namun setelah bermain selama 15 menit, ia harus ditarik keluar. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Man United.

Dimasukkannya Rashford di laga itu membuat Solskjaer menjadi sorotan. Demi memburu kemenangan, dia mengorbankan pemain yang sudah mencetak 14 gol dari 22 penampilan musim ini. Pasalnya Rashford masih menjalani proses pemulihan. 

Solskjaer memaksakan Rashford tampil karena Man United mengincar Piala FA setelah gagal di Liga Premier Inggris dan saat itu hampir dipastikan tersingkir di Piala Liga atau Carabao Cup. Harapan meraih trofi hanya di Piala FA dan Liga Europa sehingga Solskjaer memaksakan Rashford untuk tampil karena saat itu kedudukan masih 0-0 di laga ulang tersebut.

Man United memang akhirnya menang lewat gol Juan Mata dan lolos ke babak kelima. Hanya, The Red Devils harus kehilangan Rashford. Bahkan bila tidak pulih, dirinya bakal absen di EURO 2020.  

Di Piala Eropa, Inggris akan menghadapi Kroasia di laga pertama penyisihan Grup D pada Minggu, 14 Juni 2020. Inggris yang menjadi salah satu tuan rumah menggelar laga tersebut di Stadion Wembley. 

Jika Rashford absen, maka lini depan Inggris mengalami krisis. Pasalnya, Kane belum sepenuhnya pulih dari cedera yang dialaminya. Striker Tottenham Hotspur ini diragukan pulih sampai menjelang EURO 2020.

Southgate kemungkinan akan mengandalkan bomber Chelsea, Tammy Abraham. Meski sempat cedera, namun Abraham sudah pulih dan fit. 

Dirinya sudah diturunkan saat Chelsea menang 2-1 atas Tottenham, Sabtu lalu. Demikian striker andalan Leicester City, Jamie Vardy kemungkinan akan dipanggil Southgate. Sebelumnya, sang manajer sempat menyatakan tidak menutup peluang memanggil Vardy. []

Berita terkait
Jadon Sancho Untung Jika Pindah ke Man United
Pemain sayap Borussia Dortmund Jadon Sancho disarankan bergabung dengan Manchester United. Man United juga didesak merekrut Sancho.
Chelsea Vs Man United, Rekor Kalahkan Lampard
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mencatat rekor tiga kemenangan atas Frank Lampard saat timnya mengalahkan Chelsea.
Man Utd Vs Wolves, Tanpa Rashford Lawan Liverpool
Cedera punggung striker Marcus Rashford menjadikan Manchester United kian diragukan mampu meladeni Liverpool dalam duel Liga Premier Inggris.
0
Kemenag Bantu Kuota Internet untuk PJJ Pendidikan Agama
Kementerian Agama akan mengalokasikan anggaran triliunan rupiah untuk mendukung pembelajaran jarak jauh pendidikan agama.