UNTUK INDONESIA
Ranu Manduro Ngoro dan 4 Wisata di Mojokerto
Mojokerto kini sedang disorot menyusul viralnya objek wisata baru bernama Ranu Manduro Ngoro.
Ranu Manduro di Desa Ngoro Mojokerto. (Foto: Instagram/@yunidnwlndr_)

Jakarta - Mojokerto kini sedang disorot menyusul viralnya objek wisata baru bernama Ranu Manduro Ngoro. Kota yang terletak 50 km barat daya Surabaya ini memang memiliki sejumlah potensi wisata yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia

Meski dikenal masuk dalam kawasan metropolitan Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), Mojokerto juga menyimpan objek wisata yang menawarkan keindahan alam untuk para pelancong. 

Berikut lokasi wisata Mojokerto yang layak dikunjungi untuk mengisi hari libur bersama orang terdekat.

1. Ranu Manduro

Ranu Manduro Mojokerto

Ranu Manduro di Desa Ngoro Mojokerto. (Foto: Instagram/@yunidnwlndr_)

Ranu Manduro mendadak viral di media sosial melalui video yang menampakkan padang rerumputan dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Video tersebut membuat warganet berdecak kagum dan menyebutnya mirip dengan lanskap di Selandia Baru.

Tidak hanya itu, jika diamati wisatawan juga akan disuguhi pemandangan bebatuan besar yang tersebar di bentangan padang rumput.

Ranu Manduro berlokasi di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi tersebut, wisatawan disarankan untuk membawa perbekalan dan mengendarai sepeda motor.

2. Candi Tikus

Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus terletak Desa Temon, Kecamatan Trowulan Mojokerto. (Foto: Instagram/@vikky_yesaya)

Candi Tikus berlokasi di di Desa Temon Kecamatan Trowulan Mojokerto. Suatu wilayah diyakini sebagai pusat kerajaan Majapahit tempo dulu.

Selain candi, di sekitar wilayah tersebut wisatawan juga dimanjakan dengan hamparan taman yang membuat mata memandang lebih nyaman. Oleh sebab itu, tempat ini sangat cocok untuk di jadikan objek foto yang menarik.

3. Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur MojokertoMahavihara Majapahit atau Patung Budha Tidur di Desa Bejijong Trowulan Mojokerto. (Foto: Instagram/@liamelia._ budha)

Mahavihara Majapahit atau Patung Budha Tidur adalah satu satu objek wisata yang dibilang cukup unik dan menarik di Desa Bejijong Trowulan.

Di tempat ini pengunjung akan menyaksikan mahakarya patung budha dengan posisi tertidur. Hal tersebut identik dengan tempat peribadahan umat Budha.

Patung Budha berlokasi tepat di samping vihara dengan ukuran yang cukup besar sehingga dinobatkan sebagai patung Budha warna emas terbesar ketiga di dunia.

4. Museum Trowulan

Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan Mojokerto yang menyimpan benda purbakala peninggalan kerajaan Majapahit, Kediri, Kahuripan, dan Singasari. (Foto: Instagram/@aditaboray)

Musem Trowulan Mojokerto yang berlokasi di desa Trowulan Kec Trowulan Mojokerto. Di museum ini terdapat koleksi benda benda peninggalan kerajaan Majapahit.

Selain itu, di museum ini juga tersimpan benda-benda bersejarah lain dari kerajaan Kediri, kerajaan Kahuripan dan juga kerajaan Singasari.

5. Candi Jalatunda

Candi Jalatunda atau Jolotundo Mojokerto

Candi Jalatunda atau Jolotundo dalam bahasa Jawa, berlokasi di Desa Seloliman Kecamatan Trawas Mojokerto. (Foto: Instagram/@novy_vero)

Candi Jalatunda atau Jolotundo dalam bahasa Jawa, berlokasi di Desa Seloliman Kecamatan Trawas Mojokerto. Di candi ini terdapat pemandian yang airnya diyakini keramat dengan banyak khasiat.

Salah satu khasiat yang mashur adalah airnya bisa membuat awet muda. Banyak warga percaya air Jolotundo bisa mengencangkan kulit dan membuat wanita semakin cantik. []

Berita terkait
Maret Ini, Garuda Kasih Diskon ke 10 Tempat Wisata
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan anak perusahaannya Citilink mulai Minggu, 1 Maret 2020 memberi diskon dari dan ke 10 destinasi.
Lima Destinasi Wisata Eropa yang Aman dari Corona
Wisata di Eropa selalu menjadi tujuan para traveler untuk berlibur. Sayangnya virus Corona mulai menyebar ke benua biru.
5 Wisata Jerman Pengisi Grup Neraka Piala Eropa 2020
Jerman yang masuk dalam grup neraka Piala Eropa 2020 memiliki banyak tempat wisata yang indah dan elok.
0
Stok Kosong, BPBK Abdya Aceh Butuh 10 Ribu Masker
Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya kekosongan stok masker saat ini.