Rahasia! Ini Tips Mengelola Usaha Ala Bob Sadino

Meski sudah wafat, Anda perlu meniru jalur kesuksesannya jika Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses. Berikut adalah tips-tipsnya.
Bob Sadino

Jakarta - Anda tidak benar-benar menjadi pebisnis ketika Anda tidak kenal dengan sosok lelaki paru baya dengan rambut putih dan celana pendek ini. Ya, Bob Sadino atau sering dipanggil Om Bob ini adalah sosok pebisnis fenomenal.

Bob Sadino lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Ia adalah pemilik tunggal dari beberapa perusahaan seperti PT. Kem Chick, PT. Kem Farm, PT. Kem Foods dan PT. Boga Catur. Kisah kesuksesannya tidak luput dari kegagalan demi kegagalan yang sudah ia lalui sepanjang karirnya. Bahkan, diceritakan, ia pernah menjadi supir dan tukang batu.

Meski sudah wafat, Anda perlu meniru jalur kesuksesannya jika Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses. Berikut adalah tips-tipsnya.


Jangan terlalu banyak mikir

Anda tentu pernah mendengar Om Bob mengatakan, ‘kalau mikir terus, kapan kerjanya?. 

Ya, kalimat singkat ini merupakan pesan sarat makna. Memang benar, kita perlu berpikir dan menganalisa, namun tidak kemudian seluruh sumber daya energy, waktu dan modal habis untuk berpikir dan menganalisa. Lebih jauh lagi jika hasil analisa menunjukkan hal negatif. Ini akan membuat Anda bersikap pesimis.


Tidak ada sukses yang instan

Ini penting untuk dicatat dan ditanamkan dalam benak Anda. Untuk menjadi sukses, bukanlah sesuatu yang instant yang bisa terjadi saat itu juga. Jika Anda mendapat kesuksesan instant maka bersiaplah untuk terjun bebas secara instant pula. 

Itu karena dunia bisnis membutuhkan pondasi yang kuat agar tetap eksis dan berkibar. Komitmen yang kuat, impian, semangat, tidak mudah menyerah dan selalu optimis merupakan kata kunci yang harus dilalui.


Berani memulai

Jika Anda membaca kisah sukses atau biografi Om Bob, maka akan Anda dapati bahwa semua yang ia lakukan diawali dengan keberanian untuk memulai bisnis. Banyak dari mereka yang hendak memulai bisnis namun takut gagal. Baru mau memulai saja tidak berani, apalagi jika benar-benar memulai? Anda perlu tahu kisah keberanian Om Bob dalam memperkenalkan ayam negeri dan terlurnya di pasar bebas walau saat itu ayam kampung masih mendominasi pasar.


Memiliki mimpi besar

Mimpi yang besar adalah semacam visi, pendorong dan sumber kekuatan untuk terus berjuang. Inilah yang dilakukan oleh Om Bob ketika mengawali dan menjaga bisnisnya. Tekad, niat, semangat baja dan perjuangan menjadi kata kunci baginya untuk terus berusaha dan melalui segala rintangan.

Jika berpikir negatif atau negative thinking dapat merusak kinerja dan bisnis Anda bahkan bisa menghambat langkah-langkah Anda menuju kesuksesan, maka sebaliknya, positive thinking bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki cara berfikir Anda dalam menghadapi segala hal. Positive thinking, disadari atau tidak, mampu memudahkan langkah-langkah Anda menuju gerbang impian kesuksesan Anda di masa depan.

Itulah beberapa tips mengelola usaha ala Bob Sadino, menarik bukan? Ikuti langkah-langkah di atas maka Anda akan sukses dalam berbisnis.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Opini: Root Cause Jiwasraya dan Bisnis Asuransi Indonesia
Para nasabah masih melakukan tuntutan kepada Jiwasraya dikarenakan sejak Februari 2021 para nasabah sudah tidak menerima pembayaran manfaat polis.
7 Resep Memulai Bisnis Kuliner Korean Bento Cake
Kotak kue Korea atau kue bento Korea menjadi peluang besar yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis kuliner.
4 Kelebihan Penggunaan Kasir Online dalam Bisnis
Penggunaan kasir online ini menggantikan penggunaan bon sebagai bukti transaksi dan pemesanan.
0
Rahasia! Ini Tips Mengelola Usaha Ala Bob Sadino
Meski sudah wafat, Anda perlu meniru jalur kesuksesannya jika Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses. Berikut adalah tips-tipsnya.