5 Rahasia Sukses Usaha Modal Kecil ala Bob Sadino

Perjalanan bisnisnya yang inspiratif serta petuah-petuahnya di dunia bisnis menjadi penyemangat bagi banyak orang untuk segera memulai usaha.
Bob Sadino

Jakarta - Meraup banyak keuntungan dengan usaha modal kecil tentu menjadi impian banyak orang. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu mengeluarkan uang kecil tapi bisa memperoleh keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Jika berbicara soal usaha modal kecil tentu kita akan langsung teringat dengan pebisnis sukses di Indonesia Bob Sadino yang diketahui memulai usahanya dari nol. Sosoknya akan selalu menjadi inspirasi banyak orang meskipun beliau telah meninggalkan dunia di 2015 silam.

Perjalanan bisnisnya yang inspiratif serta petuah-petuahnya di dunia bisnis menjadi penyemangat bagi banyak orang untuk segera memulai usaha dan tetap optimis meraih keberhasilan.

Memang sih, kata mutiara yang dilontarkan oleh pemilik nama asli Bambang Mustari Sadino itu kadang nyelekit tapi hal itu justru menjadi masukan berharga buat kamu para pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnis.


1. Memilih sektor bisnis yang dikuasai

Saat memulai bisnis hal utama dan yang paling penting adalah memilih jenis usaha yang kamu kuasai. Selain itu, pilih bisnis yang selalu memiliki peminat agar usaha yang kamu jalankan dapat bertahan lama.

Dengan memilih usaha yang dikuasai, maka kamu akan lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan menghemat waktu karena sudah mengetahui target pasarnya.

Kamu jadi tidak perlu mengeluarkan waktu banyak untuk melakukan riset karena kamu sudah tahu produknya seperti apa, keunggulan serta kekurangannya dan juga siapa saja peminatnya. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menganalisis laba ruginya di masa depan.


2. Membuat prioritas

Tips selanjutnya dari Bob Sadino untuk memulai usaha modal kecil yakni dengan membuat prioritas dan tidak mengeluarkan uang untuk keperluan yang sifatnya tidak urgent. Tujuannya agar bisnis kamu dapat berjalan lancar dan tidak kekurangan modal.

Kamu diharuskan untuk membuat arus kas dengan bikin prioritas terhadap hal-hal yang akan kamu lakukan dalam beberapa waktu ke depan lengkap dengan anggaran biayanya. Jangan sampai kamu menyepelekan anggaran karena dapat membuat keuangan kamu berantakan.

Dengan adanya anggaran keuangan yang jelas dari rapi tentu akan membuat bisnis kamu dapat dipantau dengan mudah.


3. Jangan bosan dan sabar

Dalam salah satu quotes-nya, Bob Sadino mengatakan “Saya itu bisnis cari rugi, jadi kalau rugi harus tetap semangat. Tapi kalau untung, bertambah lah rasa syukur saya.”

Dari kalimat tersebut dapat dikutip kalau dalam menjalankan usaha harus sabar dan jangan pernah bosan apalagi sampai berhenti di tengah jalan saat mengalami kerugian. Kamu harus tetap semangat hingga mencapai keberhasilan.

Pasalnya, dalam menjalankan bisnis tentu tidak selamanya akan berjalan mulus, kamu kerap kali harus dihadapkan dengan kerugian yang bisa membuat mental kamu down.

Jika kondisi tersebut kamu alami, jangan langsung menyerah apalagi sampai pindah ke usaha lain. Cobalah untuk tetap fokus dan mencari solusi untuk menghadapi masalah tersebut.

Mendirikan bisnis sama halnya seperti membangun rumah. Kamu harus membuat pondasi agar bangunan kokoh. Begitu juga dengan bisnis, kamu perlu membangun semangat dan pantang menyerah di dalam diri kamu agar bisnis yang kamu jalankan dapat menghasilkan keuntungan.


4. Kerja keras menjadi kunci utama berbisnis

Ada pepatah yang mengatakan kalau usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Kata-kata tersebut sangat cocok sebagai suntikan semangat buat kamu yang sedang merintis bisnis. Dengan kerja keras tentu kamu akan mendapat hasil yang memuaskan.

Oleh karena itu, sebagai pengusaha kamu harus menanamkan prinsip kerja keras untuk meraih keberhasilan. Artinya tidak ada cara lain untuk meraup keuntungan besar tanpa kerja keras. Kerja keras menjadi kunci keberhasilan Bob Sadino dalam membangun raksasa bisnisnya.


5. Jangan ragu memulai bisnis

“Banyak orang tanya, bisnis apa yang bagus? Jawabannya, bisnis yang bagus adalah yang dijalankan, bukan yang ditanya terus.”

Kalimat tersebut bisa dibilang menjadi salah satu quotes Bob Sadino yang paling “menampar” banyak orang yang masih ragu menjalankan bisnis.

Memang dalam berbisnis keuntungan menjadi poin penting yang dituju oleh para pelaku usaha. Akan tetapi, jika terus bertanya bisnis yang bagus, kapan kamu bisa menikmati buah hasil kerja kerasmu dari berbisnis.

Oleh karena itu, mulailah membangun kerajaan bisnis kamu sendiri dan hasilkan banyak pundi-pundi kekayaan untuk mencapai kebebasan finansial.

Pasalnya, banyak faktor yang membuat orang enggan terjun ke dunia bisnis. Salah satunya yaitu tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan sayap bisnisnya di masa depan.

Padahal sebenarnya hal tersebut bukan menjadi alasan buat kamu untuk terus menerus mengurungkan keinginanmu berbisnis.[]


(Christina Febrinola)

Baca Juga:

Berita terkait
Kamu Wajib Tau, Ini Lho Ciri dan Karakteristik UMKM
Karakteristik ini yang menjadi ciri pembeda antar pelaku usaha sesuai dengan skala usahanya. Berdasar aspek manajemen usahanya.
Luhut Minta OJK Sosialisasi DigiKU di Festival UMKM Toba Vaganza
Menko Luhut Binsar Pandjaitan mendukung acara Festival usaha mikro kecil menengah (UMKM) Toba Vaganza yang digelar oleh OJK. Simak ulasannya.
Begini Cara Daftarkan UMKM Jadi Waralaba atau Franchise
Dyandra Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise (AFI) dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menghadirkan IFRA 2021 dengan konsep hybrid.