Banyak Cara, Ini 5 Bisnis Jasa yang Bisa Jadi Ladang Uang!

Jika kamu ingin melakukan bisnis dalam bidang jasa, berikut 5 rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasannya berikut ini.
Ilustrasi - Pelaku bisnis jasa. (Foto: Tagar/Unsplash/Charles Deluvio)

Jakarta – Sulitnya untuk menghadapi perekonomian di masa pandemi ini membuat masyarakat mulai berpikir panjang dalam menghasilkan uang. Dari menamakan saham hingga melakukan bisnis, beberapa hal ini dianggap cukup efektif dalam menghasilkan uang.

Bisnis jasa juga semakin digandrungi saat ini, mengingat banyak masyarakat yang lebih membutuhkan jasa orang lain untuk beberapa hal yang tidak bisa mereka lakukan. Jika kamu ingin melakukan bisnis dalam bidang jasa, berikut 5 rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan.


1. Jasa kursus online

Saat ini, kursus online semakin memiliki banyak peminat di tengah kendala pendidikan dalam menghadapi pandemi. Selain untuk para pelajar, kursus online juga bisa diikuti bagi siapa pun yang ingin belajar dan mengikuti pelatihan tentang dunia kerja.

Tak hanya itu, kursus online juga sangat mudah untuk dilakukan saat ini mengingat Anda hanya perlu duduk di depan layar laptop ataupun komputer dan didukung dengan internet data yang kuat. Anda juga tidak perlu pergi keluar rumah, karena itu jasa kursus online ini cukup fleksibel untuk dijadikan bisnis.


2. Jasa perbaikan komputer

Di masa pandemi ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya dengan komputer atau laptop yang mereka miliki. Dengan penggunaan yang terus meningkat secara signifikan, tak heran jika kelalaian ataupun kerusakan pada komputer maupun laptop bisa terjadi.

Oleh karena itu, peningkatan penggunaan ini perlu diimbangi dengan adanya jasa perbaikan. Perbaikan alat elektronik ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif bisnis yang menjanjikan, karena hanya dengan jasa kalian sudah bisa dibayar dengan harga yang cukup tinggi tergantung dengan tingkat kesulitan.


3. Jasa fotografi

Tak ada masyarakat yang tidak membutuhkan jasa fotografi. Tanpa sadar, jasa fotografi sangat dibutuhkan baik dalam pembuatan buku sekolah, dokumentasi pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lainnya.

Memiliki keterampilan khusus, tak heran jika fotografi memiliki peminatnya sendiri. Dengan banyaknya peminat, jasa fotografi bisa dijadikan lading uang yang tepat bergantung dengan sebarapa besar kemampuan yang Anda miliki dalam bidang ini.


4. Jasa laundry

Tak semua barang bisa dicuci dengan mudah. Ada beberapa barang yang dirasa sulit untuk dicuci sendiri di dalam rumah, seperti sepatu, boneka, selimut, pakaian mewah atau besar, dan masih banyak lagi. Dengan kesulitan ini, tak jarang jasa laundry menjadi sangat dibutuhkan.

Memberikan besaran harga sesuai dengan besaran barang dan kesulitan yang dibutuhkan saat mencuci, jasa laundry dapat menjadi alternatif bisnis lainnya. Anda juga bisa dapat uang tambahan bila menerapkan sistem antar dan jemput pakaian ke rumah pelanggan.


5. Jasa desain grafis

Selain bisa dilakukan dengan hanya duduk di dalam rumah, jasa desin grafis ini juga memiliki cukup banyak peminat. Sekali mendapatkan permintaan jasa, uang yang dihasilkan bisa sangat besar, tergantung dengan seberapa besar tingkat kesulitan yang akan dihadapi.

Bisnis desain grafis ini juga tak membutuhkan modal yang besar jika pelaku bisnis sudah memiliki beberapa alat yang dibutuhkan sebelumnya, seperti komputer yang mumpuni dan internet data. Kemampuan dan ide juga menjadi hal lain yang membuat jasa ini terbilang cukup mahal.

(Rana Maheswari Ummairah)



Berita terkait
Tips Untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman
Kamu bisa melakukan riset untuk membantu diri kamu mengetahui apa yang konsumen suka atau tidak.
Tips Bangun Bisnis Kekinian yang Wajib Kamu Ketahui
Setidaknya rencana ini akan menjadi patokan kamu dalam melakukan semua kegiatan bisnis kamu nantinya.
Tips Mengembangkan Bisnis Desain Grafis
Banyak desainer grafis menjadi pekerja lepas yang mendapat pemasukan tergantung pemesanan.
0
Banyak Cara, Ini 5 Bisnis Jasa yang Bisa Jadi Ladang Uang!
Jika kamu ingin melakukan bisnis dalam bidang jasa, berikut 5 rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasannya berikut ini.