Ragam Jenis yang Harus Kamu Ketahui

Jerawat dapat tumbuh di daerah wajah hingga tubuh. Munculnya jerawat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.
ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta – Jerawat dapat tumbuh di daerah wajah hingga tubuh. Munculnya jerawat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain factor genetic, gaya hidup juga sangat berpengaruh atas timbulnya jerawat. 

Jerawat Dapat diatasi dengan berbagai cara. Akan tetapi, Sebelum Anda memutuskan perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis jerawat. Berikut jenis – jenis jerawat :


1. Jerawat kistik (cystic acne)

Seseorang yang memiliki jerawat kistik biasanya akan lebih berisiko memiliki jenis jerawat parah lainnya. Ini merupakan jerawat dengan kista merah yang berukuran cukup besar di bawah kulit, dan berisikan nanah yang membuatnya terlihat seperti bisul

Jika Anda mengalami jerawat kistik, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Pasalnya, penggunaan obat yang dijual bebas di toko biasanya tidak cukup ampuh untuk menghilangkan jenis jerawat ini.


2. Jerawat nodulokistik (jerawat batu)

Pada kondisi ini, jerawat membentuk nodul atau benjolan jerawat batu yang meradang. Warnanya pun bisa berubah menjadi ungu atau merah tua. Jerawat nodulokistik parah biasanya akan meninggalkan luka yang cukup mengganggu.

Jika diperlukan, dokter mungkin akan menyuntikkan kortikosteroid langsung ke dalam jerawat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi peradangan dan ukuran jerawat yang bisa cukup menyakitkan. Pengobatan yang tepat oleh dokter kulit Anda juga bisa meminimalkan bekas luka akibat jerawat ini.


3. Jerawat conglobata

Jenis jerawat ini umumnya dialami oleh laki-laki di usia remaja dan dewasa muda. Ada beberapa hal yang diduga turut berperan dalam memunculkan jerawat conglobata, seperti kelebihan hormon testosteron, obat-obatan steroid, dan kondisi autoimun.

Ini merupakan bentuk jerawat yang parah dan melibatkan banyak nodul yang meradang. Benjolan pada jenis jerawat ini saling terhubung dengan benjolan lainnya di bawah permukaan kulit.

Jerawat conglobata bisa menyebar di bagian wajah, punggung, dada, bokong, lengan, dan leher. Bekas luka yang ditimbulkan tentu bisa sangat mengganggu. Pengobatan yang benar dan tepat waktu merupakan hal yang penting. Segera konsultasikan kepada dokter kulit jika Anda menderita jenis jerawat ini.


4. Jerawat fulminans

Jenis jerawat ini muncul secara mendadak dan tersebar di seluruh tubuh. Biasanya disertai demam, nyeri otot, lemas, keluarnya darah dari jerawat terutama di bagian tubuh atas dan wajah, serta pembengkakan limpa dan hati.

Masih belum diketahui pasti apa penyebab jenis jerawat ini, tetapi diduga terkait tingginya hormon testosteron. Jerawat fulminans merupakan jenis jerawat terparah dan harus ditangani segera oleh dokter spesialis kulit di rumah sakit.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Wajib Simak! Ini Tips Investasi Emas Secara Online yang Aman
nvestasi emas online merupakan sebuah kemudahan yang ada di zaman sekarang. Dengan berbagai jenis penjualan barang online. Berikut tipsnya.
Diet dan Suplemen Terbaik untuk Jerawat Hormonal
Beberapa penelitian selama dekade terakhir telah mengarahkan ahli kulit untuk hubungan potensial antara diet dan jerawat.
Makan Kacang Akan Menimbulkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Oleh sebab itu, selalu perhatikan bagaimana pola makan karena secara tidak langsung dapat berefek ke kesehatan kulit Anda.
0
Ragam Jenis yang Harus Kamu Ketahui
Jerawat dapat tumbuh di daerah wajah hingga tubuh. Munculnya jerawat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.