UNTUK INDONESIA
Rachel Vennya Kena Bipolar, Niko Al Hakim Idap GAD
Rachel Vennya dan Niko Al Hakim mengaku mengidap penyakit Bipolar Disosrder (BS) dan Generalized Anxiety Disorder (GAD).
Pasangan konten kreator, Rachel Vennya dan Niko Al Hakim. (Foto: Instagram/rachelvennya)

Jakarta - Pasangan konten kreator, Rachel Vennya dan Niko Al Hakim, membuat pengakuan mengejutkan mengenai penyakit Bipolar Disorder (BS) dan Generalized Anxiety Disorder (GAD) yang mereka idap beberapa tahun belakangan ini. Pernyataan tersebut mereka ungkapkan melalui sebuah video di saluran YouTube milik mereka.

Niko mengatakan, ia telah divonis menderita Generalized Anxiety Disorder selama dua tahun belakangan ini. Mulanya, ia tidak mengetahui bahwa sesak napas dan kecemasan kerap menghampirinya merupakan gejala dari penyakit mental tersebut.

Niko Al Hakim akhirnya baru mengetahui lebih lanjut perihal penyakitnya, setelah melihat seorang publik figur berbicara mengenai gejala yang sama seperti dirinya di sebuah program televisi. Kemudian, ia memutuskan untuk berkonsultasi ke tenaga profesional.

"Terus gue lihat public figure bicara soal yang kayak gue alamin, gue chat dia, sharing segala macam. Akhirnya nyaranin ke psikolog atau psikiater gitu, terus gue cerita ternyata memang benar didiagnosis GAD, Generalized Anxiety Disorder. Jadi gue suka merasakan kecemasan," kata dia dalam video tersebut, dikutip Tagar pada Senin, 27 April 2020.

Niko mengatakan, berdasar konsultasi yang ia lakukan, tenaga perofesional mendiagnosa dirinya mengidap gangguan kecemasan berlebih alias GAD. Namun setelah mengonsumsi obat yang disarankan, perlahan ia mulai bisa meredakan kecemasanya dan bisa kembali menjalani kehidupan yang normal lagi.

"Gue dikasih obat buat anti kecemasan. Gue sekarang seperti menjalani kehidupan normal kembali," kata dia.

Rachel VennyaRachel Vennya. (Foto: Instagram/rachelvennya)

Sementara itu, Rachel Vennya mengatakan bahwa ia telah didiagnosis mengidap gangguan yang disebut bipolar disorder. Ia mengataan, hal itu dirasa begitu mempengaruhi emosi dan kejiwaannya dalam menghadapi suatu kejadian dalam hidup.

"Kalau gue, jadi dari kecil gue emosional. Gue kalau lagi marah, gue jalan keluar rumah sampai kaki gue sakit. Gue jalan sambil nangis kayak orang gila. Gue dulu tuh kalau kayak hidup enggak sesuai (dengan) apa yang kita mau, itu suka jedot-jedotin kepala ke tembok," kata Rachel dalam video tersebut.

Suatu saat, kata Vennya, ada sebuah kejadian yang membuatnya melakukan percobaan bunuh diri. Peristiwa ini kemudian mengantarkan sang konten kreator ke rumah sakit jiwa untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisinya.

"Sampai akhirnya pada 2013, gue enggak nerima sesuatu yang gue terima, dan gue mencoba bunuh diri dengan minum sesuatu. Biar gue mati aja. Tapi habis itu aku telepon mama aku, aku minta maaf segala macam, dan aku dibawa ke rumah sakit jiwa. Pas dibawa ke rumah sakit jiwa aku didiagnosis bipolar disorder," ujar perempuan 25 tahun itu.

Rachel mengatakan, ketidaktahuan keluarganya mengenai penyakit bipolar, membuat mereka memberikan perlakuan yang berbeda kepadanya saat mengalami gangguan emosi. Bahkan saat itu, keluarganya sempat mengira ia kemasukan setan.

"Keluarga aku ngiranya aku kesetanan sampai diazanin 5 kali. Jadi setiap ada azan aku diazanin," kata dia.

Baca juga: Mengenal Hipnoterapi yang Sembuhkan Marshanda

Ibu dua anak itu kemudian mengaku bersyukur bertemu dan berjodoh dengan Niko Al Hakim. Pasalnya, ia merasa bisa saling mengerti dan mendukung dengan suaminya itu, perihal masalah dan gangguan yang sama-sama mereka alami. Bahkan, mereka juga kerap berkonsultasi ke tenaga profesional kejiwaan bersama-sama.

"Akhirnya gue ketemu Niko, gue bilang, gue punya bipolar. Niko dari dulu pasif, tapi guenya agresif, tapi itu yang bikin kita sejalan. Pas Niko GAD, gue berusaha memperbaiki diri. Kita berdua sama-sama berobat ke psikiater dan psikiaternya kaget pasangan ini," kata dia. []

Berita terkait
Mengenal Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty
Menurut pengertiannya, penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang, justru menyerang tubuh sendiri.
Justin Bieber Umumkan Idap Penyakit Lyme Disease
Penyanyi Justin Bieber membuat pengumuman mengejutkan yang mengungkapkan fakta bahwa ia mengidap penyakit Lyme Disease alias penyakit Lyme.
Deretan Artis Dunia Mengidap Penyakit Bipolar
Menurut pengakuan Medina Zein obat tersebut dikonsumi atas anjuran dokter untuk penyakit bipolar yang dideritanya sejak 2016.
0
Bara JP: Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dalam situasi darurat Covid-19, pemerintah secara efektif bisa menggandeng barisan relawan. Bara JP.