UNTUK INDONESIA
Mengenal Hipnoterapi yang Sembuhkan Marshanda
Aktris muda Marshanda pernah menjalankan pengobatan hipnoterapi ketika mengalami depresi yang begitu hebat.
Marshanda. (Foto: Instagram/@marshanda99)

Jakarta - Aktris multitalenta Marshanda pernah menjalankan pengobatan hipnoterapi ketika mengalami depresi yang begitu hebat. Di mana ketika itu perempuan kelahiran Jakarta tersebut kehilangan hak asuh anaknya, Sienna Ameerah Kasyafani. 

"Satu hal yang paling menyakiti perasaanku adalah saat aku kehilangan hak asuh Sienna. Merasa dengan kehilangan hak asuh anak sebagai perempuan aku tidak berhak pada dia," kata Marshanda di Mall Kelapa Gading, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Marshanda saat itu mengaku dirinya sampai menjalankan hipnoterapi untuk memulihkan kondisi kejiwaan dan mengatasi depresi yang dialaminya itu. Namun yang menjadi pertanyaan apakah terapi tersebut bisa membantu orang yang mengalami depresi?

Satu hal yang paling menyakiti perasaanku adalah saat aku kehilangan hak asuh Sienna.

Melansir dari situs Therapy Tribe, hipnoterapi adalah jenis terapi yang melibatkan alam bawah sadar seseorang. Pengobatan ini dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan mental dengan metode hipnosis dan dipimpin oleh seorang terapis.

Kata hypnosis sendiri berasal dari istilah bahasa Yunani hypnos yang artinya tidur. Jadi, proses terapi tersebut dilakukan dengan membawa atau membimbing pasien masuk ke alam bawah sadar dengan menggunakan metode relaksasi dan konsentrasi tinggi.   

Dari metode hipnosis inilah, pasien akan dibawa ke dalam keadaan pikiran yang sangat rileks dan terfokus. Dengan keadaan santai tersebut, seseorang bisa melepaskan pikiran kritis dan sadar. 

Para terapis yang menangani penderita depresi itu, akan mengarahkan mereka untuk mengubah pola pikir sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang diinginkan. 

Hipnosis ini memang termasuk meditasi yang tujuannya untuk membantu mereka menenangkan pikiran dan tubuh. Namun, khusus penderita depresi, hipnoterapi akan memberikan manfaat yang lebih besar. 

Hipnoterapi memang sudah diakui mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan mental. Selain memulihkan depresi, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pengobatan yang satu ini, yaitu membantu pemulihan trauma, fobia, menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan secara fisik, seperti ketergantungan pada alkohol, merokok, hingga insomnia.

Bukan hanya itu, terapi ini juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kemampuan mengatasi dan membantu Anda mengingat kembali ingatan positif di masa lalu. []

Baca juga:

Berita terkait
Gangguan Kesehatan Tak Hanya Dialami Pilot Batik Air
Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai pendaratan pesawat Batik Air di Kupang oleh Kopilot tidak dapat dikatakan sebagai kesalahan.
Sensasi Terapi Kesehatan di Pantai Cepi Watu NTT
Pantai Cepi Watu merupakan obyek wisata tersohor yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini bahkan bisa juga untuk terapi stroke.
Tiga Terapi untuk Anak Autisme
Apabila anak terdiagnosa autisme segera lakukan penanganan dengan memberikan terapi yang mencakup tiga hal yakni perilaku, bicara dan okupasi.
0
Kapan Penetapan Rudiantara Jadi Dirut PLN?
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menuturkan penetapan Rudiantara sebagai Dirut PLN akan diputuskan melalui RUPS.