UNTUK INDONESIA
Mengenal Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty
Menurut pengertiannya, penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang, justru menyerang tubuh sendiri.
Pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty usai melakukan medical check up kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. (Foto: Instagram/Ashanty_Ash)

Jakarta - Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan kabar artis Ahanty yang mendapat vonis dokter terkena penyakit Autoimun. Hal itu diungkap sendiri oleh istri dari Anang Hermansyah melalui akun Instagramnya pada 8 Oktober 2019 lalu.

Mulanya, Ashanty hanya bermaksud mengantar Anang melakukan proses medical check up kesehatan bersama Dokter Terawan di rumah sakit RSPAD.

Namun belakangan, pelantun lagu Bukan Untuk Sembarang Hati itu juga memutuskan untuk ikut melakukan pemeriksaan. Hasilnya, dia divonis dokter menderita penyakit autoimun.

Diagnosa kaget banget, aku kena "auto immune"," tulis Ashanty di laman Instagram pribadinya, pada Selasa, 8 Oktober 2019.

Menurut pengertiannya, penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang, justru menyerang tubuh sendiri.

Sistem kekebalan tubuh atau imun, normalnya bertugas menjaga tubuh dari serangan bakteri atau virus yang dianggap sebagai organisme asing.

Namun, pada penderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya memandang sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing.

Baca juga: Delapan Gejala Awal Kanker Paru

Imun kemudian justru akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat tersebut.

Pada penderitanya, penyakit autoimun bakal ditandai dengan beberapa gejala, seperti mudah lelah, rasa pegal pada otot, demam ringan, ruam-ruam pada kulit, kesulitan berkonsentrasi, rasa kesemutan pada bagian tangan dan kaki, hingga mengalami kerontokan rambut.

Para ahli dari dunia kedokteran hingga sat ini belum mengetahui pasti mengenai penyebab pasti penyakit ini. Namun beberapa kondisi disebut menjadi faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit anutoimun.

Faktor-faktor tersebut yaitu, genetika, gender, riwayat keluarga dan lingkungan.

Berita terkait
Empat Fakta Penyakit Meningitis
Berdasarkan data yang dirilis Pusat Informasi Bioteknikal Nasional Amerika Serikat, ada sekitar 8,7 juta orang mengidap meningitis pada 2015.
Empat Penyakit Paling Langka di Dunia
Ada beberapa penyakit yang sangat jarang diidap orang di dunia ini sehingga mendapat predikat penyakit paling langka.
Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-paru masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini, dengan cara sehat alami seperti jahe dapat mencegah risiko penyakit ini.
0
Karnaval Busana Serba Hitam Bulukumba Raih MURI
Karnaval ribuan orang memakai pakian serba hitam di Kabupaten Bulukumba meraih rekor MURI.