UNTUK INDONESIA
Putra Siregar Terciduk, Influencer Endorse Siap-siap
Putra Siregar diciduk oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Jakarta. Para influencer yang pernah diendorse PS Store bersiap-siap diperiksa.
Putra Siregar. (Foto: Instagram/putrasiregarr17)

Jakarta - Pengusaha handphone asal Batam, Putra Siregar diciduk oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Jakarta karena diduga kedapatan menjual barang-barang ilegal. Mengenai kasus ini, para influencer pun diperingatkan untuk bersiap-siap diperiksa karena pernah mengendorse prodak PS Store.

Peringatan itu beredar di linimasa Instagram, ketika salah satu akun gosip @congorumpi membagikan foto yang berisi komentar pedas dari seorang netter pada Selasa, 28 Juli 2020.

Siap-siap dipanggil juga ya para influencer

Adapun dalam postingan tersebut tampak netter membeberkan ihwal tertangkapnya Putra Siregar yang terbukti menjual barang ilegal. Oleh karena itu barang berharga milik pria berdarah Batak tersebut disita oleh otoritas bea cukai.

"PS Store kena ciduk karena barang dagangannya ilegal. Ikut kena sita juga tuh sebagai jaminan, kerugian negara uang 550 juta rupiah dan rumah 1,5 miliar rupiah," ujar pemilik akun mazzini_gsp.

Baca juga: Bos PS Store Putra Siregar Terciduk Bea Cukai Trending di Twitter

Putra SiregarPutra Siregar diciduk pihak bea cukai, para influencer diingatkan agar bersiap-siap. (Foto" Instagram/congorumpi)

Sementara, di akhir komentar, netter tersebut secara terang-terangan mengingatkan para influencer yang terlibat mengendorse PS Store agar bersiap-siap.

"Siap-siap aja nih influencers yang endorse bakal ribet kena panggil juga, minimal jadi saksilah," tulis akun tersebut.

Unggahan itu pun ditimpali pelbagai komentar netizen yang memuntahkan unek-uneknya terkait PS Store, yang terkenal laris manis menjual handphone dengan harga murah.

"Artis banyak banget tuh yang diendors ps store....lagian harga handpone nya murah dan gak masuk akal," tulis akun @rofayusuf.

"Temen saya beli hp dari situ, 2 minggu rusak," timpal akun @nengminang1407.

"Mampuuuusssss... akhirrr nya.. msh kebayang gmna songongnya pegawai nya pas mau bli hp dsna," kata akun @arfianififin.

"Makanya jgn belagu," tulis akun @gandha12.

"klo emg ilegal, kok baru sekarang diperkarain? Knpa ga dari dulu2 waktu ga seramai sekarang?" kata akun @muiz_al_hasyim.

Adapun artis ataupun selebgram yang pernah terlibat mengendorse PS Store adalah Atta Halilintar, selebgram Keanu, YouTuber Mael Lee dan masih banyak lagi.

"@maell_lee wkwkwkwkwk siap-siap dipanggil juga ya para influencer," tulis akun @sigit_ariyatwikol.

"Atta Halilintar aja pernah tuh ngeborong hp PS Store wkwkwkwk," ujar akun @adetutisapitrii.

"@keanuagl," komentar akun @anniissaa_rachmawati27 menandai Keanu.

Sebelumnya, pria asal Batam itu ditangkap oleh pihak bea cukai lantaran diduga melakukan tindak pidana peredaran barang-barang ilegal.

"Tersangka berinisial PS telah diserahkan beserta barang bukti antara lain 190 Handphone bekas berbagai merk dan uang tunai hasil penjualan sejumlah Rp 61.300.000," tulis KanWil Bea Cukai Jakarta dalam akun Instagram resminya, @bckanwiljakarta, sebagaimana dikutip Tagar, Selasa, 28 Juli 2020.

Putra Siregar ditangkap atas pelanggaran pasal 103 huruf d Undang-undang No. 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan dengan ancaman pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 8 (delapan) tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

Pada Kamis, 23 Juli 2020, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta telah melakukan Tahap II, berupa penyerahan barang bukti beserta tersangka ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Kemudian, harta kekayaan Putra Siregar juga disita sebagai jaminan pembayaran pidana denda.

"Harta kekayaan atau penghasilan tersangka (Putra Siregar) akan diperhitungkan sebagai jaminan pembayaran pidana denda dalam rangka pemulihan keuangan negara (Dhanapala Recovery) yang terdiri dari uang tunai senilai Rp 500.000.000, rumah senilai Rp 1,15 miliar, dan rekening bank senilai Rp 50.000.000," kata Kanwil Bea Cukai Jakarta. []

Berita terkait
Tagih Utang, Nikita Mirzani Amuk Billy Syahputra
Nikita Mirzani mengamuk di Instagram ke Billy Syahputra untuk menagih utang yang belum sempat terbayarkan senilai Rp 12 juta.
Ayu Ting Ting Ngamuk di Instagram Atta Halilintar
Ayu Ting Ting mengamuk di kolom Instagram Atta Halilintar. Komentar warganet turut menambah keruh suasana.
Ahok - Puput Asyik dengan Yosafat, Vero Ingin Berubah
Ahok dan Puput Nastiti Devi tengah disibukkan mengurus putranya, Yosafat. Di samping itu, Veronica Tan malah curhat ingin berubah di depan cermin.
0
Jerinx Demo Tolak Rapid Test, DPR Minta Pemerintah Tegas
Anggota Komisi IX DPR Nabil Haroen meminta pemerintah tegas terhadap demo tolak rapid test dan swab test Covid-19 yang dimotori Jerinx cs di Bali.