Punya Halaman Kosong? Ini 5 Pohon yang Cocok untuk Pekarangan

Menanam pohon di halaman rumah akan memberikan kesan rumah yang asri dan sejuk. Dengan pohon juga rumah kalian akan terasa lebih segar.
Ilustrasi - Pekarangan rumah. (Foto: Tagar/Unsplash/@notsazuki)

Jakarta – Pohon kerap digunakan sebagai peneduh dan hiasan pada bagian halam rumah di Indonesia. Namun, tahukah kalian jika tidak semua pohon baik ditanam pada halaman rumah loh karena dapat merusak sekitarnya.

Menanam pohon di halaman rumah akan memberikan kesan rumah yang asri dan sejuk. Dengan pohon juga rumah kalian akan terasa lebih segar karena oksigen akan tetap terjaga dengan baik.

Meskipun baik untuk kesehatan dan estetika rumah, tidak semua pohon disarankan ditanam pada halaman rumah loh. Beberapa pohon memiliki pertumbuhan akar yang besar dan kuat sehingga akan merusak bangunan-bangunan di sekelilingnya.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi pohon jika kalian ingin menanam pohon di pekarangan rumah.


1. Pohon mangga

Jenis pohon yang satu ini merupakan salah satu pohon yang banyak direkomendasikan jika kalian ingin menanam pohon di halaman rumah. Karakteristik pohon ini tidak terlalu tinggi namun berdaun lebar dan menyebar sehingga membuat rumah menjadi rindang.

Meskipun banyak disarankan kalian sebaiknya memperhatikan perawatan pohon yang satu ini karena dikenal mudah diserang hama. Meskipun pohon ini memiliki ketahanan yang baik, hama bisa mengganggu pertumbuhan pohon mangga.


2. Pohon pucuk merah

Rekomendasi pohon selanjutnya adalah pohon pucuk merah yang dikenal sebagai pohon hias yang memiliki estetika dan fungsionalitas. Alasan pohon ini diberi nama pohon pucuk merah adalah daun pada pucuk pohon ini akan berwarna merah ketika musim kemarau.

Perawatan pohon ini terbilang cukup mudah karena pada dasarnya pohon ini memiliki daya tahan yang baik. Jika menanam pohon ini di rumah, halaman rumah kalian akan terasa lebih berwarna namun tidak menghilangkan fungsi awal pohon sebagai peneduh.


3. Pohon angsana

Selanjutnya adalah pohon angsana, pohon ini terkenal memiliki bentuk yang bagus dan juga rumbum. Tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter dan memiliki karakteristik daun yang padat serta pertumbuhan yang melebar.

Pohon angsana memiliki bunga kecil berwarna kuning, bunga ini menjadi salah satu nilai tambah untuk estetika pohon angsana. Namun kalian perlu berhati-hati dengan sampah daun dan bunga dari pohon yang satu ini.


4. Pohon tabebuya

Bagi sebagian orang pasti cukup asing mendengar nama pohon tabebuya, pohon ini merupakan pohon bunga yang bisa tumbuh besar di pekarangan. Bunga yang dihasilkan pohon ini bercorak seperti pohon sakura dan memiliki warna beragam.

Pohon tabebuya akan mekar pada musim kemarau dan memunculkan bunga yang indah berwarna cerah. Dengan menanam pohon ini rumah kalian akan lebih berwarna dan halaman terasa lebih menarik dan segar.


5. Pohon ketapang kencana

Pernahkah kalian mendengar nama pohon ketapang kencana? Pohon yang satu ini umumnya kalian temui pada parkiran mall atau perkantoran. Pohon ini memiliki karakteristik batang yang kecil namun pertumbuhan daun yang sangat melebar.

Meskipun berbatang kecil, pohon yang satu ini dapat tumbuh hingga 20 meter loh. Perawatan pohon ketapang kencana terbilang sangat mudah karena pohon ini hanya menghasilkan sedikit sampah dedaunan yang berukuran kecil.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Kehabisan Bibit? Simak Cara Pembibitan Tanaman dari Benih
Beberapa tanaman memerlukan perlakuan lebih terlebih pada masa pembibitannya karena rentan diserang hama. Inilah cara mudahnya.
7 Tata Cara Menyiram Tanaman yang Menyehatkan
Dalam menyiram pun kamu tidak bisa hanya sekedar mengisi wadah dengan air lalu menumpahkannya atau menyemprotkan air pakai selang ke arah tanaman.
Cara Merawat Janda Bolong Si Tanaman Hias yang Populer
Tanaman janda bolong masih satu keluarga dengan mostera dan biasa digunakan sebagai dekorasi rumah.
0
Punya Halaman Kosong? Ini 5 Pohon yang Cocok untuk Pekarangan
Menanam pohon di halaman rumah akan memberikan kesan rumah yang asri dan sejuk. Dengan pohon juga rumah kalian akan terasa lebih segar.