Cara Merawat Tanaman Pisang Kipas Agar Tumbuh Subur

Salah satu jenis tamanan yang menjadi incaran penyuka tamanan adalah pisang kipas yang merupakan tanaman yang mudah dirawat. Berikut caranya.
Tanaman Pisang Kipas. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Sejak pandemi melanda banyak orang yang merawat tanaman dan mulai menanam tamanan di halaman rumah masing-masing, tak sedikit pula model jenis tanaman yang di jual hingga ratusan juta rupiah.

Salah satu jenis tamanan yang menjadi incaran penyuka tamanan adalah Strelitzia Nicolai  atau pohon burung cendrawasih putih raksasa atau pisang kipas merupakan tanaman yang mudah dirawat.

Nah, pasalnya untuk tanaman jenis ini, Anda harus memberi ruang yang besar dan terang. Maka, dia akan menghadiahi Anda daun besar yang menakjubkan dari bulan ke bulan.

Tanaman ini banyak dijual sebagai tanaman indoor, namun jarang menghasilkan bunga di dalam ruangan. Biasanya ditanam di luar ruangan di daerah dengan iklim yang lebih hangat. Berikut cara merawatnya. 


1. Tingkat kelembapan yang tinggi

Tanaman ini menyukai tingkat kelembapan yang tinggi. Lantas, bagaimana bila kelembapan menjadi sangat rendah, pada musim panas, misalnya? Triknya, seimbangkan tingkat kelembapan yang lebih rendah dengan penyiraman yang lebih sering.


2. Cahaya ideal

Tanaman pisang kipas ini bekerja relatif baik di area dengan kondisi cahaya sedang hingga terang. Tapi benar-benar tumbuh subur dalam kondisi cahaya terang. Kamar atau jendela yang menghadap selatan sangat cocok untuk tanaman ini.

Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari langsung pun, bisa menghanguskan dan merusak dedaunan tanaman. Pastikan di mana pun Anda menempatkannya, tidak ada ventilasi, atau angin. Tanaman ini sama sekali tidak menoleransi suhu dingin dan angin, apa pun.


3. Kapan harus disiram?

Tidak ada jadwal yang kaku untuk menyiram tanaman pisang kipas. Tanaman ini menyukai tanahnya yang lembap, bukan basah kuyup. Gunakan jari kamu untuk menentukan apakah si pisang kipas ini perlu disiram.

Jika Anda memasukkan jari ke dalam pot dan merasa bahwa tanah bagian atas masih cukup lembap, artinya tanaman tidak perlu disiram. Praktisnya, membiarkan 50 persen tanah teratas mengering di antara penyiraman.


4. Memberikan pupuk 

Pisang liar ini akan tumbuh besar dan cepat. Juga, lapar akan makanan. Namun begitu, terlalu banyak pupuk benar-benar dapat membakar akarnya. Pupuk bisa diberikan setiap kali menyiram tanamanmu.


5. Menanam ulang

Ketika Pisang Kipas tumbuh dengan cepat, kamu bisa memperkirakan untuk menanam ulang tanamanmu, setidaknya setahun sekali.

Menanam kembali tanaman bukan hanya tentang memperbesar ukuran pot mereka, tetapi juga memeriksa kesehatan akar dengan mencucinya dengan baik, dan mengganti tanah yang kekurangan nutrisi.

Campuran tanah yang mengalir dengan baik sangat ideal untuk tanaman. Anda bisa membeli campuran pot generik dan menambahkan perlit dalam jumlah yang cukup untuk meningkatkan drainase. Belilah pot yang ukurannya tidak lebih dari dua inchi lebih besar dari yang sekarang, meskipun tanaman ini tumbuh cepat.

Pot yang lebih besar berarti lebih banyak tanah, artinya, lebih banyak retensi kelembapan yang menyebabkan banyak kemungkinan busuk akar. 

Pastikan Anda membeli pot dengan lubang pembuangan, dan idealnya pot terakota. Porositasnya sangat ideal untuk aerasi tanah tanaman hias dalam ruangan. []

Berita terkait
Ridwan Kamil Luncurkan Program Petani Milenial Tanaman Hias
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan program Petani Milenial Tanaman Hias (PMTH) di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai.
Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan
Selain menurunkan stres, tanaman hias yang dipelihara dengan baik dapat menjernihkan lingkungan udara.
5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi
Sebagian orang banyak melakukan hobi untuk mengkoleksi sejumlah tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. Berikut tanaman hias berdaun hitam.
0
Cara Merawat Tanaman Pisang Kipas Agar Tumbuh Subur
Salah satu jenis tamanan yang menjadi incaran penyuka tamanan adalah pisang kipas yang merupakan tanaman yang mudah dirawat. Berikut caranya.