UNTUK INDONESIA

Puluhan Rumah di Simalungun Rusak, Pohon Besar Bertumbangan

Hingga saat ini, 51 rumah atau kepala keluarga di Huta I dan 19 rumah rusak akibat angin kencang di Nagori Teluk Lapian Kabupaten Simalungun.
Warga dan petugas mengevakuasi pohon tumbang akibat angin kencang menimpa rumah di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, 15 November 2020. (Foto: Tagar/Polres Simalungun)

Simalungun - Hujan deras disertai angin kencang merusak puluhan rumah di dua huta (desa) yang ada di Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, 15 November 2020. Peristiwa itu terjadi terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Camat Ujung Padang Fikri Damanik, mengatakan hampir keseluruhan rumah masyarakat setempat rusak parah. Dua huta itu, sebutnya, Huta I Sidosemi dan Huta II Kampung Melayu, Nagori Teluk Lapian. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Sampai saat ini laporan yang masuk, 51 rumah atau kepala keluarga di Huta I dan 19 rumah rusak akibat angin di Nagori Teluk Lapian," ucapnya saat dihubungi, Senin, 16 November 2020.

Puluhan rumah, kata dia, ditimpa pohon-pohon besar. Tak hanya rumah warga, bangunan pemerintah seperti rumah dinas camat dan puskesmas juga mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut.

Sampai saat ini laporan yang masuk, 51 rumah atau kepala keluarga di Huta I dan 19 rumah rusak akibat angin di Nagori Teluk Lapian.

"Petir juga menyambar dengan keras. Kejadiannya itu singkat, kurang lebih durasinya itu ngga sampai 15 menit," terangnya.

Saat ini, Fikri menambahkan, masih terus mendata di lokasi kejadian sembari bergotong mengevakuasi pepohonan yang menimpa bangunan dan menyelamatkan barang-barang warga.

Baca juga: 

"Hampir merata yang rusak dengan kondisi seng copot beserta rangka-rangka rumah. Pohon-pohon di pinggir jalan juga bertumbangan. Sudah kita sampaikan data sementara ini ke Dinas Sosial Simalungun," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hubungan Masayarakat Polres Simalungun Ajun Komisaris Polisi Lukman Hakim Sembiring menuturkan pihaknya tengah mengevakuasi puing-puing bangunan yang rusak di TKP. []

Berita terkait
Kecelakaan di Simalungun Renggut Nyawa, 2 TNI Masih Kritis
Kecelakaan lalu lintas di Nagori Purba, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. Dua TNI mengalami luka kritis.
Terlibat Narkoba, 2 Anggota Polres Simalungun Segera Dipecat
Kapolres Simalungun akan mengajukan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dua anak buahnya keterlibatan narkoba pada 2020.
Dugaan Dukung Paslon, Sekda Simalungun Dilaporkan ke Bawaslu
Sekda Pemkab Simalungun dilaporkan ke Bawaslu setempat karena diduga terlibat mendukung salah satu paslon bupati dan wakil bupati.
0
Puluhan Rumah di Simalungun Rusak, Pohon Besar Bertumbangan
Hingga saat ini, 51 rumah atau kepala keluarga di Huta I dan 19 rumah rusak akibat angin kencang di Nagori Teluk Lapian Kabupaten Simalungun.