UNTUK INDONESIA
Puluhan Ribu Wisatawan Sudah Kunjungi Yogyakarta
Dalam sebulan sudah puluhan ribu wisatawan mengunjungi 32 destinasi wisata yang sudah dibuka di Yogyakarta.
Tugu Pal Putih Yogyakarta (Foto: Dinas Kominfo DIY)

Yogyakarta - Dinas Pariwisata (Dinpar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan jumlah wisatawan yang datang ke DIY 51 persen berasal dari luar daerah. Kunjungan itu terhitung sejak awal Juli 2020 sampai 2 Agustus 2020.

Kepala Dinpar DIY, Singgih Raharjo mengatakan, saat ini wisatawan yang datang ke Yogyakarta berasal dari luar daerah. "Yang datang 51 persen dari luar DIY. 49 persen sisanya masih didominasi wisatawan lokal," jelasnya saat dihubungi wartawan, Selasa, 4 Agustus 2020.

Jajarannya mencatat kunjungan wisatawan terbanyak pada 2 Agustus 2020 kemarin. Kurang lebih 27.100 wisatawan berlibur ke Yogyakarta. "Jumlah itu berdasarkan data di laman visitingjogja.com," katanya.

Menurutnya, wisatawan dari Jawa Tengah yang paling banyak berwisata ke Yogyakarta. Untuk wisatawan dari provinsi lain, katanya, jumlahnya masih terbilang kecil. "Kebanyakan wisatawan dari kabupaten sekitar DIY," katanya.

Yang datang 51 persen dari luar DIY. 49 persen sisanya masih didominasi wisatawan lokal.

Meski sudah dikunjungi puluhan ribu wisatawan, Dinpar DIY belum akan membuka semua obyek wisata (obwis) dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini masih dalam tahap uji coba adaptasi kebiasaan baru di obwis. Jumlah obwis yang dalam tahap uji coba ada 32 lokasi.

Baca Juga:

Selain itu, wisatawan rombongan dari luar DIY untuk sementara belum diizinkan masuk. Dinpar DIY memprioritaskan wisatawan berbasis keluarga. "Karena selain untuk mencegah penularan Covid-19, hal itu (menolak rombongan wisatawan) sebagai respons perpanjangan tanggap darurat," ungkap dia.

Singgih menambahkan, selama masa uji coba pembukaan obwis, belum ditemukan pelanggaran yang signifikan. "Paling wisatawan lupa pakai maskernya lagi setelah berfoto atau makan. Tapi pengelola obwis pasti mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. []

Berita terkait
Pariwisata Bali Dongkrak Penjualan Tiket AirAsia
Pembukaan kembali sektor pariwisata di Bali turut menopang penjualan tiket AirAsia Indonesia
Wisata Bira Bulukumba Kenakan Retribusi Non Tunai
Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba mulai menerapkan penarikan retribusi masuk ke Kawasan Wisata Tanjung Bira secara non tunai.
Menikmati Wisata Sobo Alas di Gondoriyo Semarang
Wisata baru dengan nuansa hutan jati hadir di Gondoriyo, Kecamatan, Ngaliyan, Kota Semarang. Namanya Wisata Sobo Alas.
0
Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Jumat 23 Oktober 2020
Program Belajar dari Rumah di TVRI siap menemani siswa pada Jumat 23 Oktober 2020.