Puluhan Ribu Warga Unjuk Rasa Dukung Hak-hak Aborsi di AS

Puluhan ribu perempuan turun ke jalan-jalan di seluruh AS untuk melawan gerakan konservatif yang membatasi akses aborsi
Para pengunjuk rasa ambil bagian dalam Pawai Perempuan dan Reli untuk Keadilan Aborsi di Washington, DC, AS, pada 2 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Jakarta – Puluhan ribu perempuan turun ke jalan-jalan di seluruh Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 2 Oktober 2021, untuk melawan gerakan konservatif yang membatasi akses aborsi.

Di Washington, sekitar 10.000 orang berunjuk rasa di sebuah lapangan dekat Gedung Putih sebelum berpawai ke Mahkamah Agung AS, yang akan memutuskan isu yang sangat diperdebatkan itu.

Para demonstran memegang poster-poster bertuliskan "Urusi rahimmu sendiri" dan "Legalkan aborsi." Sejumlah perempuan -dan laki-laki- berdandan seperti mendiang hakim MA Ruth Bader Ginsburg, ikon pejuang hak-hak perempuan AS, yang wafat tahun lalu.

bela hak aborsiPara aktivis pendukung hak-hak aborsi berdemo di luar gedung Mahkamah Agung AS di Washington DC, 21 Mei 2019 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Perdebatan mengenai prosedur di AS itu semakin intensif sejak sebuah UU Texas yang melarang hampir semua aborsi, diberlakukan mulai 1 September 2021. Perkembangan itu memicu perlawanan yang sengit di pengadilan dan Kongres, dan kini unjuk rasa.

Dua hari sebelum MA dijadwalkan bersidang, berbagai demonstrasi terjadi di lebih dari 600 kota, menurut penyelenggara. Mereka mengatakan ratusan ribu orang berkumpul di ke-50 negara bagian.

Di MA, para peserta aksi bertemu dengan para demonstran tandingan. Namun polisi anti huru-hara memisahkan kedua kelompok itu (vm/ft)/AFP/voaindonesia.com. []

Mahkamah Agung Meksiko Dekriminalisasi Aborsi

Undang-Undang Aborsi Argentina Legalkan Hak Aborsi

Presiden Biden Kecam UU Texas yang Larang Aborsi

Warga Australia Dilarang Mendemo Klinik Aborsi

Berita terkait
Departemen Kehakiman AS Akan Lindungi yang Ingin Aborsi di Texas
Departemen Kehakiman AS umumkan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir aksi kekerasan terhadap siapa pun yang mencoba melakukan aborsi di Texas
0
Puluhan Ribu Warga Unjuk Rasa Dukung Hak-hak Aborsi di AS
Puluhan ribu perempuan turun ke jalan-jalan di seluruh AS untuk melawan gerakan konservatif yang membatasi akses aborsi