Undang-Undang Aborsi Argentina Legalkan Hak Aborsi

Undang-Undang Aborsi Argentina merupakan sebuah legislasi yang menjamin prosedur aborsi bagi kehamilan usia 14 minggu ke bawah
Pengunjuk rasa pro-aborsi mengenaka kain hijau merayakan pengesahan undang-undang yang melegalkan aborsi di luar Kongres Argentina, di Buenos Aires, 30 Desember 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Buenos Aires - Undang-Undang (UU) aborsi yang bersejarah resmi diberlakukan di Argentina pada Minggu, 24 Januari 2021. Kelompok-kelompok perempuan dan para pejabat pemerintah berharap UU itu bisa diimplementasikan sepenuhnya sebagai legalisasi hak aborsi. Pengesahan UU Aborsi sendiri mendapat tentangan dari beberapa kelompok konservatif dan kelompok gereja.

Argentina menjadi negara terbesar di Amerika Latin yang melegalkan hak aborsi. Perkembangan itu terjadi setelah Senat pada 30 Desember 2020 mengesahkan sebuah legislasi yang menjamin prosedur itu bagi kehamilan usia 14 minggu ke bawah, serta bagi kehamilan akibat perkosaan atau apabila kesehatan ibu terancam.

mara gomezMara Gomez, pesepak bola transpuan (waria) profesional pertama di Argentina, saat wawancara dengan Reuters di Buenos Aires, Argentina, 3 Februari 2020. (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Keputusan itu dianggap sebagai kemenangan bagi gerakan feminis di negara Amerika Selatan itu, yang bisa membuka jalan bagi langkah serupa di kawasan yang konservatif dan mayoritas memeluk Katolik Roma yang taat.

Paus Fransiskus sempat menyampaikan keberatannya sebelum pemungutan suara dan para pemimpin gereja telah mengkritisi keputusan itu.

Para pendukung UU itu mengatakan mereka memperkirakan akan ada sejumlah gugatan hukum dari kelompok-kelompok anti-aborsi di beberapa provinsi konservatif dan sejumlah klinik kesehatan swasta mungkin akan menolak melakukan prosedur itu (vm/pp)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Vaksin Virus Corona Sel Janin Aborsi Secara Moral Diterima
Vatikan sebut vaksin virus corona (Covid-19) secara moral dapat diterima, meski dibuat dari jaringan sel janin hasil aborsi
0
Surat Terbuka Fahri Hamzah untuk Pegawai KPK
Politikus Fahri Hamzah melayangkan surat terbuka kepada pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sembari ucapkan selamat menempuh hidup baru.