UNTUK INDONESIA
Puluhan Pohon Tumbang di Padang, 10 Rumah Tertimpa
Sejumlah rumah warga tertimpa pohon tumbang di Kota Padang, Sumatera Barat.
Pohon tumbang di Kota Padang menimpa rumah warga. (Foto: Tagar/dok. BPBD Kota Padang)

Padang - Puluhan pohon dilaporkan tumbang di sejumlah ruas jalan dan pemukiman masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Kondisi ini berlangsung sejak Selasa 28 Januari 2020 malam hingga Rabu 29 Januari 2020 sore.

Kami prioritaskan pembersihan di jalur kendaraan dan rumah warga.

Pohon tumbang yang dipicu angin kencang dan hujan deras ini tersebar di beberapa kecamatan. Namun mayoritas terjadi di kawasan Kecamatan Padang Barat. Bahkan selain menghambat akses lalu lintas, pohon tumbang juga menimpa sejumlah atap rumah warga.

Hal ini dibenarkan Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra. Pihaknya mengaku telah membersihkan sebanyak 45 batang pohon tumbang dari jalanan dan pemukiman masyarakat.

"Kami prioritaskan pembersihan di jalur kendaraan dan rumah warga. Di sekitar Pantai Air Manis, Pasar Ambacang, Tarandam dan Indarung juga segera kami bersihkan," katanya, Rabu 29 Januari 2020 malam.

Dari catatan BPBD Padang, pohon tumbang setidaknya menimpa 10 unit atap rumah warga. Namun pihaknya belum bisa menaksir berapa jumlah kerugian yang dialami masyarakat. Untungnya, bencana alam tersebut tidak menelan korban jiwa.

Menurut Sutan, keterbatasan tenaga turut memperlambat proses pembersihan material pohon tumbang. Namun pihaknya optimis bisa membereskan evakuasi pohon hingga malam ini.

"Kami upayakan bisa menyelesaikannya secepat mungkin. Kalau terjadi lagi, kami akan tetap siaga untuk ke lapangan," tuturnya. []

Berita terkait
Dua Tahanan di Padang Pariaman Kabur, 1 Diringkus
Dua tahanan kabur dari tahanan Polsek Batang Anai, Polres Padang Pariaman, Sumatera Barat. Satu di antaranya sudah diringkus.
Wagub Sumbar Tegas Segera Pulangkan Wisatawan China
Saat ini biro perjalanan sedang mengurus kepulangan ratusan wisatawan asal China yang mengunjungi Padang, Sumatera Barat.
Perempuan Hanyut di Sungai Padang Panjang Meninggal
Korban hanyut bernama Murni ditemukan oleh Basarnas Padang dalam kondisi meninggal dunia sekitar lima kilometer dari lokasi awal hilangnya korban.
0
Siswa SMPN1 Turi Susur Sungai dengan Pakaian Sekolah
Bencana yang menimpa siswa-siswi SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta, pada outbound Pramuka terjadi karena susur sungai yang tidak standar