UNTUK INDONESIA
Wagub Sumbar Tegas Segera Pulangkan Wisatawan China
Saat ini biro perjalanan sedang mengurus kepulangan ratusan wisatawan asal China yang mengunjungi Padang, Sumatera Barat.
Wagub Sumbar Nasrul Abit. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan keberadaan wisatawan asal China di Sumbar. Alasannya, secara kesehatan wisatawan China tidak ada indikasi terpapar virus corona.

Meski demikian, Nasrul Abit menegaskan, saat ini biro perjalanan sedang mengurus kepulangan para wisatawa tersebut secepatnya.

"Saat ini biro perjalanan turis asal Kota Kunming, Provinsi Yunan, China tersebut sedang mencarikan pesawat pemulangan. Kami berharap masyarakat tetap bersikap sewajarnya dan tidak khawatir berlebihan," kata Nasrul Abit, Selasa 28 Januari 2020.

Ratusan wisatawan asal China ini berkunjung ke Sumbar menggunakan pesawat carteran dan saat ini biro perjalan para wisatawan sedang berusaha mencarikan pesawat agar bisa segera dipulangkan. Dengan jumlah wisatawan yang banyak, membutuhkan waktu untuk mencarikan pesawat kepulangannya.

Saat ini biro perjalanan turis asal Kota Kunming, Provinsi Yunan, China tersebut sedang mencarikan pesawat pemulangan.

"Saya sudah minta Dinas Pariwisata untuk segera dipulangkan. Kami juga sudah sampaikan kepada biro perjalanan kondisi saat ini di Sumbar terkait kedatangan turis ini," ujarnya.

Terkait kedatangan turis selanjutnya (tahap dua) Nasrul Abit mengatakan, untuk sementara dibatalkan karena kondisi sedang tidak kondusif, meskipun tidak ada indikasi terpaparnya para wisatawan.

"Sekarang sudah banyak penolakan karena kekhawatiran masyarakat kita," sebut Nasrul Abit.

Nasrul menegaskan, kedatangan tamu dari China itu murni dari biro perjalanan dan pemerintah daerah tidak banyak terlibat. []

Berita terkait
Viral Dugaan Penculikan Anak di Padang
Kasus dugaan penculikan anak di Kota Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial. Polisi belum memastikan apakah itu benar kasus penculikan.
Perempuan Hilang di Sungai Padang Panjang
Seorang perempuan dilaporan hilang usai terpeleset saat menyebarang sungai di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.
Wisatawan China di Padang Dicurigai Terpapar Corona
Wisatawan asal Kunming, China, yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat, patut dicurigai kena virus corona
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.