UNTUK INDONESIA
Puluhan Hektare Sawah di Majalengka Terendam Banjir
Seluas 58 hektar sawah dan350 rumah penduduk di Desa Kasturi Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka terendam banjir.
Banjir di Cikijing, Majalengka, Jawa Barat, tidak juga menggenangi jalan raya. (Foto: Tagar/Charles).

Majalengka - Tanggul Sungai Cilutung di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, jebol pada Rabu sore, 19 Februari 2020. Akibatnya, 58 hektar tanaman api yang baru berusia 1 bulan rusak dan terbawa arus air dan terancam gagal panen. Tanggul jebol ini berada di Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing. Intensitas hujan yang tinggi ditengarai menjadi penyebab jebolnya tanggul tersebut.

Sementara itu Kasi Ekbang Pemdes Desa Kasturi, Cece Sodikin mengatakan, kerusakan sawah paling banyak terjadi di Blok Mekarsari 40 hektar dan di Blok Sintung Sari 18 hektar. "Kalau yang terbanyak (sawah yang terendam banjir) itu di blok Mekarsari tetapi tetangga bloknya juga kena yaitu blok Sintung Sari juga kena imbasnya," kata Cece di Majalengka, Kamis, 20 Februari 2020.

Tak hanya lahan pertanian, air luapan dari Sungai Cilutung ini masuk ke pemukiman warga. Sebanyak 430 rumah warga terendam banjir. "Kalau di Blok Mekarsari sebanyak 350 rumah (terendam banjir) kalau di blok Sintung Sari 80 rumah,"lanjut Cece.

Di Blok Mekarsari, ketinggian air yang masuk ke rumah penduduk mencapai 1,5 meter, sedangkan di Blok Sintung Sari air yang masuk ke rumah warga setinggi 80 cm.

Pemdes Kasturi telah melaporkan peristiwa tanggul jebol dan banjir ini ke BPBD dan Pemkab Majalengka. " Pak Kuwu (kepala desa) sudah laporan ke BPBD, ke Dinsos, sudah laporan," kata Cece.

Sementara ini, baru pihak kecamatan yang datang untuk melihat kondisi di Desa Kasturi. "Pak Camat tadi malam datang patroli dan melihat kondisi warga di sini," ungkap Cece.

Sementara itu, menurut salah seorang tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Jajang, kerugian yang dialami para petani ditaksir mencapai miliaran rupiah. "Asumsi 1 hektar Rp 35 juta maka kerugian akibat banjir ini mencapai miliaran rupiah," kata Jajang. []

Berita terkait
Siswa Polri SPN Polda Jabar Pelatihan di Majalengka
Pelatihan TPTKP terhadap para calon anggota Polri ini untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan mereka.
0
Simpan Nomor WhatsApp Ini Agar Tahu Update Corona
Bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui perihal perkembangan kasus virus corona bisa melalui nomor WhatsApp yang disediakan Unicef.