UNTUK INDONESIA
Siswa Polri SPN Polda Jabar Pelatihan di Majalengka
Pelatihan TPTKP terhadap para calon anggota Polri ini untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan mereka.
Siswa Latja Diktuk Ba Polri SPN Polda Jabar sedang mengikuti pelatihan TPKTP di Polres Majalengka. (Foto: Tagar/Humas Polres Majalengka).

Majalengka - Puluhan Siswa Latihan Kerja Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri (Latja Diktuk Ba Polri) Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jabar, mengikuti pelatihan penanganan pertama tempat kejadian perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas di halaman Mapolres Majalengka, Jawa Barat, Senin, 17 Februari 2020.

Pelatihan TPTKP bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para 25 siswa Latja Diktuk Ba Polri tentang bagaimana cara penanganan awal apabila mendapati kecelakaan lalu lintas, memberikan pertolongan kepada korban serta menjaga TKP tetap dalam status quo.

Wakapolres Majalengka, Kompol Hidayatullah, yang memberikan materi pelatihan menyampaikan, pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan para siswa sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan apabila menangani peristiwa kecelakaan lalu lintas.

"Materi TPTKP kecelakaan lalu lintas kita berikan kepada siswa Latja Diktuk Ba Polri untuk menambah pengetahuan dan kemampuan mereka. Sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan apabila menjumpai kejadian kecelakaan lalu lintas,” kata Hidayatullah, di Majalengka, Senin, 17 Februari 2020.

Tidak hanya materi tertulis yang disampaikan, namun pelatihan dilanjutkan dengan praktik secara langsung. Dengan simulasi kejadian kecelakaan. Hidayatullah menjelaskan satu persatu langkah yang harus dilakukan. Selanjutnya siswa Latja Diktuk Ba Polri secara bergantian mencoba melaksanakan TPTKP kecelakaan lalu lintas.

"Kita juga berikan materi Krida Lalu Lintas, kita juga sampaikan pelatihan TPTKP kecelakaan lalu lintas kepada siswa Latja Diktuk Ba Polri, kita jelaskan apa saja tindakan yang harus dilakukan saat menjumpai adanya kecelakaan lalu lintas," tambah Hidayatullah.

Dengan materi yang sudah diberikan diharapkan para siswa Diktuk Ba Polri bisa melakukan tindakan awal di tempat kejadian apabila menjumpai adanya kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian siswa Latja harus mampu saat menangani perkara tersebut saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Harapannya dengan latihan ini jika bertiga nanti mereka mampu menangani dan paham langkah apa yang harus dilakukan saat terjadi kecelakaan lalu lintas," tutup Hidayatullah. []

Berita terkait
Polres Majalengka Rutin Latihan Menembak
Latihan menembak untuk meningkatkan kemampuan karena tingkat ancaman semakin ke depan semakin berat.
Kapolres Majalengka Minta Tahanan Tingkatkan Ibadah
Kapolres Majalengka AKBP Mariyono lakukan sidak ke ruang tahanan, Kapolres Majalengka itu meminta para tahanan untuk meningkatkan ibadah
0
Bocornya Data Tokopedia dan Jaminan Perlindungannya
Bocornya data Tokopedia menjadi peringatan DPR dan Pemerintah untuk segeta mewujudkan UU Perlindungan Data Pribadi. Opini Lestantya R. Baskoro