UNTUK INDONESIA
Pulau Moyo NTB, Destinasi Wisata Pesohor Dunia
Pulau Moyo yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa NTB menjadi destinasi pesohor dunia karena memiliki banyak pesona wisata yang memanjakan mata.
Air Terjun Diwu Mbai, salah satu objek wisata Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa NTB. (Foto: Instagram/@ers_ega)

Mataram - Pulau Moyo yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses mencuri perhatian dunia. Tak sedikit wisatawan asing hingga pesohor dunia pernah mampir ke pulau eksotis ini, seperti mantan pesepak bola David Beckham, petenis Maria Sharapova, hingga pasangan selebriti Korea Selatan Rain dan Kim Tae Hee.

Namun, dari beberapa nama besar yang pernah berkunjung ke Pulau Moyo, anggota keluarga kerajaan Inggris Lady Diana, menjadi salah satu yang paling disorot. Suami pertama Pangeran Charles itu memilih Pulau Moyo sebagai lokasi menenangkan diri dari masalah rumah tangganya bersama sang suami pada 1993. Sejak saat itu, banyak orang yang penasaran dengan Pulau Moyo.

Pulau yang terletak sekitar 5 kilometer bagian utara Pulau Sumbawa ini menyimpan banyak titik wisata alam mulai dari laut, air terjun, hingga hutan tropis. Untuk sampai ke Pulau Moyo, pengunjung harus menyeberangi lautan dengan perahu carteran selama kurang lebih 1,5 jam. Perjalanan ditempuh melalui dermaga Pantai Jembatan Polak, Kabupaten Sumbawa Besar, menuju Labuan Aji, Pulau Moyo.

Sesampainya di Pulau Moyo, pengunjung bisa memilih tempat untuk bermalam. Pulau seluas 30.000 hektare ini menyediakan tempat menginap seperti hotel atau resort. Selain itu, ada juga penginapan milik warga seperti homestay, guest house, atau rumah keluarga dengan harga sewa yang lebih murah.

Selanjutnya, pengunjung bisa menyambangi salah satu air terjun unggulan Pulau Moyo, Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini bisa ditempuh dengan menggunakan ojek selama kurang lebih 15-30 menit dengan ongkos sebesar Rp 50.000-Rp 100.000.

Selain tempatnya yang cocok untuk berfoto, Air Terjun Mata Jitu juga bisa dijadikan tempat melepas lelah sembari berendam di airnya yang sejuk.

Air terjun yang dijuluki Queen Waterfall ini memiliki tujuh kolam yang saling berundak. Selain airnya yang berwarna hijau, di sekitar air terjun pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan serta stalaktit dan stalagmit yang telah berusia jutaan tahun.

Selain Air Terjun Mata Jitu, masih banyak lagi lokasi wisata alam Pulau Moyo yang siap menyambut pengunjung. Berikut ulasannya:

1. Pantai Raja Sua

Pantai Raja SuaPantai Raja Sua Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: azwisata.com)

Dengan garis pantai seluas 88 kilometer, Pulau Moyo di kelilingi banyak spot snorkeling, salah satunya Pantai Raja Sua. Area pantai yang didominasi oleh hutan ini punya air yang cukup jernih, memperlihatkan keindahan biota laut yang ada di dalamnya. 

Di Pantai yang dikelilingi oleh padang rumput dan pepohonan, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahaan bawah lautnya.

2. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung PasirPantai Tanjung Pasir, tempat wisata di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Foto: ayokesumbawa.files.wordpress.com)

Biru dan jernihnya air laut menjadikan Pantai Tanjung Pasir cocok dijadikan tempat bersantai sambil berenang dan bercengkerama bersama penghuni-penghuni bawah laut. Selain itu, wisata itu juga memiliki hamparan pasir putih terluas di antara pantai lainnya di Pulau Moyo.

3. Pantai Poto Jarum

Pantai Poto JarumPantai Poto Jarum, wisata Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: azwisata.com)

Pantai Poto Jarum menjadi salah satu kawasan yang terlindungi, sehingga pengunjung tidak akan menemukan bangunan apa pun di sekitarnya. Meski begitu, Pantai Poto Jarum justru semakin memancarkan keindahannya dengan ombaknya yang tenang dan air berwarna hijau toska. Pantai Poto Jarum cocok jadi tempat berenang yang nyaman. 

Selain itu, di Pantai Poto Jarum juga banyak berhamburan bebatuan besar yang serasi dengan warna laut, sehingga cocok dijadikan tempat berswafoto.

4. Pantai Takat Sagele

Pantai Takat SageleSalah satu Objek Wisata Pulau Moyo, yaitu Pantai Takat Sagele. (Foto: Instagram/@ijonk_re)

Jika berkunjung di musim kemarau, pengunjung bisa menyambangi Pantai Takat Sagele. Pulau mungil ini menyediakan gundukan karang dan pasir sebagai tempat untuk bersantai. Di sini, pengunjung bisa melihat langsung rombongan ikan  yang berenang di bawah laut.

5. Pantai Ai Manis

Pantai Ai ManisPantai Ai Manis, salah satu wisata Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: keluyuran.com)

Ombaknya yang tenang, airnya yang dangkal, serta hamparan bebatuan menjadikan Pantai Ai Manis cocok sebagai tempat berendam. Di pantai ini pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan hutan tropis yang cantik.

6. Air Terjun Sengalo

Air Terjun SengaloAir Terjun Sengalo, salah satu objek wisata di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa, NTB. (Foto:  indonesiakaya.com)

Untuk bisa menuju lokasi air terjun tersembunyi ini, pengunjung harus menyusuri Desa Sebotok untuk kemudian dilanjutkan dengan naik motor dan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. 

Di air terjun yang berada di jantung Pulau Moyo ini, pengunjung bisa berendam sembari menikmati pemandangan alam yang asri, lengkap dengan cuitan burung yang saling bersahutan.

7. Air Terjun Diwu Mbai 

Air Terjun Diwu MbaiAir Terjun Diwu Mbai, salah satu objek wisata Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa NTB. (Foto: Instagram/@ers_ega)

Meski undakannya tak sebanyak Air Terjun Mata Jitu, namun Air Terjun Diwu Mbai punya keistimewaan tersendiri. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon tua yang menjulang tinggi. Di tengah-tengah air terjun juga terdapat ayunan tali tambang yang diikat di salah satu pohon, cocok untuk pengunjung yang ingin memacu adrenalin. [] 

Baca juga: 

Berita terkait
Lima Wisata di Pulau Galang Tempat Isolasi Corona
Pulau Galang, Kepulauan Riau menjadi tempat isolasi virus Corona di Indonesia, menyimpan banyak wisata menarik.
Lima Destinasi Wisata Eropa yang Aman dari Corona
Wisata di Eropa selalu menjadi tujuan para traveler untuk berlibur. Sayangnya virus Corona mulai menyebar ke benua biru.
Lima Wisata Kota Kelahiran Caroline Flack di London
Kota kelahiran presenter Caroline Flack di London mempunyai wisata menarik dan memanjakan mata, berikut sejumlah wisatanya.
0
Kasus Positif Covid-19 di Sulbar Bertambah Dua
Jumlah kasus orang terpapar virus Covid-19 di Sulawesi Barat bertambah dua orang, kini menjadi 60 orang. Ini identitasnya.