Profil Ubedilah Badrun Dosen UNJ yang Laporkan Putra Jokowi ke KPK

Nama Ubedilah Badrun mendadak ramai diberitakan di media sosial setelah dirinya melaporkan dua putra Presiden Jokowi ke KPK. Ini profilnya.
Ubedilah Badrun. (Foto: Tagar/Instagram/@ ubedilahbadrun.official)

Jakarta - Nama Ubedilah Badrun mendadak ramai diberitakan di media sosial setelah dirinya melaporkan dua putra Presiden RI Joko Widodo, yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep soal dugaan KKN. Keduanya dikaitkan punya relasi bisnis dengan grup bisnis yang terlibat pembakaran hutan.


Profil Ubedilah Badrun

Ubedilah Badrun merupakan seorang dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ubedilah Badrun lahir di Desa Sendang, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada tanggal 15 Maret 1972.

Ubedilah pernah mengikuti kuliah di beberapa perguruan tinggi antara lain di Ma’had Alhikmah Jakarta (1994-1995) dan STF Driyarkara Jakarta mengambil program Extension Course (1995-1997). Ia menyelesaikan S1 di FPIPS IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta / UNJ) lulus tahun 1998.

Pada tahun 2003, Ubedilah Badrun menyelesaikan S2 di Program Pascasarjana Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI).

Di Jepang, Ubedilah Badrun cukup aktif mengikuti seminar Japan Education Forum (JEF II) tahun 2005 dan Japan Education Forum (JEF III) tahun 2006. 

Selain itu, dirinya juga pernah menjadi leader di kegiatan Yoron Adventure School yang diselenggarakan oleh International Youth Association of Japan pada tahun 2005 

Ia juga mengikuti kegiatan Indonesia and Togo Homestay of Friendship, yaitu Program of International Exchange 2006 yang diselenggarakan oleh Togo Town International Association Jepang pada tahun 2006.

Ubedilah Badrun adalah mantan aktivis reformasi 1998 yang memilih tidak aktif di partai politik. Ia juga tidak memiliki jabatan di DPR RI. Ubedilah Badrun berkontribusi pada negara dengan sering memberikan pandangan mengenai isu sosial dan politik di berbagai platform media.

Ubed, sapaannya, merupakan pengamat isu sosial dan politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hal ini sejalan dengan profesinya sebagai salah satu Dosen Sosiologi Politik UNJ.

Ubedilah Badrun adalah salah satu pendiri Komunitas Perhubungan Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ) pada 23 Maret 1996 yang kemudian menjadi motor penting dalam gerakan reformasi 1998. 

Namun, berbeda dari tokoh aktivis lain yang kini memiliki jabatan di Partai Politik maupun DPR RI, Ubedilah Badrun justru memilih menjadi guru dan penulis dengan tujuan membentuk karakter anak bangsa.

Jika melihat akun instagram miliknya, Ubedilah Badrun kerap memberikan pandangan kritis atas pemerintahan presiden Jokowi. Pada momen dua tahun Jokowi-Maruf pada Oktober 2021 lalu misalnya, Ubed memberikan rapor merah pada pemerintahan Jokowi-Maruf. []


Berita terkait
Begini Kata Tjahjo Kumolo Soal OTT KPK di Kota Bekasi
Berdasarkan hasil survei tersebut, potensi penyalahgunaan fasilitas kantor terjadi di 99% instansi.
Muannas KPMH: Bahar Ditahan Kasus Kabar Bohong Bukan Penghinaan Terhadap Jenderal Dudung
Direktur Eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Habib Muannas Alaidid memberikan komentar terkait ditahannya Bahar bin Smith.
KIPP dan JPPR Apresiasi Kerja Timsel KPU dan BAWASLU Transpran dan Terbuka
Tak hanya JPPR, apresiasi kepada dua lembaga tersebut juga datang dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP Indonesia).
0
Profil Ubedilah Badrun Dosen UNJ yang Laporkan Putra Jokowi ke KPK
Nama Ubedilah Badrun mendadak ramai diberitakan di media sosial setelah dirinya melaporkan dua putra Presiden Jokowi ke KPK. Ini profilnya.