Profil RHB Sekuritas, yang Kerap Jadi Pilihan Investor

RHB Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang berpusat di Jakarta, Indonesia dan berdiri pada tahun 1990. Sejak didirikan tahun 1990.
Logo RHB Sekuritas Indonesia. (Foto: Tagar/LinkedIn)

Jakarta – RHB Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang berpusat di Jakarta, Indonesia dan berdiri pada tahun 1990. Sejak didirikan pada tahun 1990, PT RHB Sekuritas Indonesia (yang sebelumnya dikenal dengan nama PT OSK Nusadana Securities Indonesia) telah berkembang menjadi salah satu sekuritas yang paling kokoh di Indonesia.

RHB Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas asing yang kerap menjadi pilihan para investor Indonesia. Di Tahun 2019, sekuritas berkode DR ini sukses mencatatkan 420 ribu transaksi jual maupun beli di pasar reguler maupun non reguler dengan nilai volume sebesar 13.503 lot dengan nilai Rp7,45 triliun.

Pada tahun 2008, perusahaan ini diakuisisi oleh OSK Investment Bank (OSKIB), yang kemudian diakuisisi oleh RHB Capital Berhad pada November 2012 dan kemudian bergabung dengan RHB Investment Bank (RHBIB) pada April 2013.

Sebagai informasi, PT RHB Sekuritas Indonesia merupakan kepanjangan tangan dari RHB Banking Group yang berbasis di Negeri Jiran Malaysia. RHB Banking Group (RHB Capital Berhad) sendiri adalah perusahaan perbankan terbesar ketiga di negara tersebut.

RHB Banking Group sendiri terbentuk lewat merger antara Kwong Yik Bank dan DCB Bank, lalu ada pula Sime Bank dan Bank Utama. Oleh karena itu, RHB bank kerap kali disebut dengan nama Sime Darby Bank.

RHB Investment Bank adalah bagian dari RHB Banking Group, penyedia jasa keuangan terkemuka yang berpusat di Malaysia dan mulai betransformasi untuk menjadi salah satu pemimpin pasar di wilayah ASEAN.

Entitas hasil merger antara OSKIB dan RHBIB akan menjadi perusahaan investment banking terbesar di Malaysia dan salah satu yang terbesar di ASEAN, dengan staff berjumlah lebih dari 4500 orang, dana pihak ketiga lebih dari 1,7 Miliar Ringgit Malaysia dan memiliki jaringan komprehensif melalui hampir 100 kantor yang tersebar di ASEAN dan Hong Kong.

Salah satu bukti kredibilitas dan komitmen PT RHB Sekuritas Indonesia adalah dengan tercatatnya perusahaan sebagai salah satu perusahaan efek / sekuritas yang memiliki nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang menempati kelompok atas dibandingkan perusahaan efek / sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia lainnya.

PT RHB Sekuritas Indonesia memiliki izin Perantara Pedagang Efek melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. KEP-18/PM/1992 dan izin Penjamin Emisi Efek No. KEP-08/PM/PEE/1997. PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
Cara Membuka Rekening Saham Panin Sekuritas
Jika kamu belum begitu melek soal investasi saham, kamu bisa menggunakan jasa perusahaan sekuritas.
Cara Buka Rekening Saham Online Mandiri Sekuritas
Sebelum bertransaksi saham, kamu harus punya rekening saham terlebih dahulu. Prosesnya mudah!
Cara Buka Rekening Saham Online BNI Sekuritas
Berapapun uang yang kamu sisihkan untuk investasi tidak akan pernah mubazir, karena investasi dapat menjadi penyelamat keuanganmu di masa depan.
0
Profil RHB Sekuritas, yang Kerap Jadi Pilihan Investor
RHB Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang berpusat di Jakarta, Indonesia dan berdiri pada tahun 1990. Sejak didirikan tahun 1990.