Profil Reza Rahadian, Aktor Berjulukan Seribu Wajah

Selain membintangi film pendek, Reza Rahadian turut andil dalam membintangi berbagai film layar lebar.
Reza Rahadian (Foto: Tagar/Instagram @officialpilarez)

Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Reza Rahadian? Tentunya bagi para penggemar film, nama Reza Rahadian sudah tidak asing lagi. Aktor yang mempunyai julukan “Seribu Wajah” ini sangat bergemilang di bidang perfilman

Selain membintangi film pendek, Reza Rahadian turut andil dalam membintangi berbagai film layar lebar. Bahkan ia juga kerap disandingkan dengan selebriti tanah air lainnya yang lebih senior darinya.

Pria yang lahir pada 5 Maret 1987 ini merupakan anak dari pasangan Rahim dan Pratiwi Widantini Matulessy. Nama Rahadian sendiri merupakan gabungan dari nama orang tuanya yang berarti anak buah hati dari Rahim dan Pratiwi. Sedangkan Matulessy adalah nama keluarga dari ibu kandungnya.

Kariernya bermula saat dia memasuki dunia hiburan dengan menjadi seorang model. Saat itu ia berhasil menyabet juara Favorite Top Guest untuk majalah Aneka Yess pada tahun 2004. Berkat kepiawaiannya tersebut ia pun mulai merambah debutnya di dunia sinetron pada tahun 2005 yang diproduksi Rapi Films.

Reza Rahadian sukses membintangi sinetron yang bertajuk Culunnya Pacarku, Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG, dan Aku Hamil. Setelah itu ia melanjutkan debut perfilmannya dengan membintangi film bergenre horror-komedi pada tahun 2007. 

Setelah itu, namanya melambung tinggi setelah membintangi film “Perempuan Berkalung Sorban” sekaligus membawa namanya menyabet penghargaan Pemeran Pendukung Pria Tebaik di Festival Film Indonesia (FFI) pada 2009.

Setelahnya, ia turut berakting pada film Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta, dan Alangkah Lucunya (Negeri Ini). Melalui beberapa film tersebut, Reza pun sukses menyabet 3 penghargaan sekaligus. 

Di antaranya Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2010, Pemeran Utama Pria Terbaik Indonesia Movie Awards 2011, dan Pemeran Utama Pria Terpuji Fesival Film Bandung 2011.

Pria dengan nama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini akhirnya mendapatkan kesempatan memerankan Presiden ke-3 Indonesia, yakni B.J. Habibie dalam film “Habibies & Ainun”. yang menceritakan kisah hidup sang presiden tersebut pada 2012.

Selain itu, ia juga bermain dalam film 'My Stupid Boss' pada 2016 dan kembali memerankan tokoh B.J. Habibie muda dalam film prekuel berjudul “Rudy Habibie”. Ditahun yang sama pada bulan Agustus, Reza juga sukses mementaskan sebuah karya teater dengan judul “Bunga Penutup Abad”. 

Teater tersebut merupakan adaptasi dari naskah novel “Bumi Manusia” dan “Anak Semua Bangsa” yang merupakan karya dari sastrawan Pramoedya Ananta Toer.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Momen Reza Rahadian Cium Kening Prilly Latuconsina
Akting Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian dalam serial My Lecturer, My Husband berhasil menghipnotis para penontonnya.
Reza Rahadian Telanjang, Prilly Latuconsina Takut Khilaf
Aktris Prilly Latuconsina menceritakan pengalamannya sewaktu tampil berakting dalam serial My Lecturer, My Husband bersama Reza Rahadian.
My Lecturer My Husband, Cinta Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian
Serial My Lecturer, My Husband tayang perdana pada Jumat, 11 Desember 2020 dengan merilis episode pertama melalui layanan streaming WeTV.
0
Profil Reza Rahadian, Aktor Berjulukan Seribu Wajah
Selain membintangi film pendek, Reza Rahadian turut andil dalam membintangi berbagai film layar lebar.