UNTUK INDONESIA

Pengalaman Pribadi Reza Rahadian dari Kristen ke Islam

Reza Rahadian lahir sebagai kristiani, dalam perjalanan menjadi muslim. Ibunya bilang itu hak Reza. Mereka tetap bisa menghias pohon Natal bersama.
Reza Rahadian. (Foto: Tagar/Instagram @officialpilarez)

Jakarta - Reza Rahadian lahir sebagai kristiani karena orang tua beragama Kristen. Dalam perjalanannya kemudian Reza memutuskan masuk Islam, hingga ia disebut mualaf. Keputusannya itu tidak ditentang orang tua, ibunya setuju saja. Bahkan ibunya dengan gagah mengatakan itu hak Reza, pesannya adalah yakini itu dan jalani itu dengan baik. 

Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik.


Reza menceritakan pengalaman pribadinya itu di kanal YouTube Daniel Mananta, Jumat 9 April 2021. 

Ia mengatakan pindah agama adalah hasil dialog dengan Tuhan. "Transisi gue bukan karena alasan apa pun selain keyakinan yang gue rasa itu dialog gue dengan Tuhan. Dibesarkan sebagai nasrani, gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu."

Tidak ada siapa pun mempengaruhi keputusannya itu, kata Reza, bukan karena pekerjaan, bukan tuntutan pasangan, atau paksaan dari orang entah siapa. "Enggak sama sekali. Itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gue. Karena itu gue komunikasikan ke nyokap."


Reza RahadianReza Rahadian dalam film Abracadabra. (Foto: Tagar/Fourcoulours Films)


Reza menceritakan niatnya menjadi mualaf kepada Pratiwi Widantini Matulessy, ibundanya yang ia sebut nyokap.

Ibunya menjawab, "Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik."

"That's it, sudah, enggak ada perdebatan, enggak ada pertengkaran," kata Reza.

Setelah resmi menjadi muslim, hubungan Reza dengan keluarga tetap baik, seperti tidak terjadi apa-apa. Reza tetap menghias pohon Natal bersama keluarga ketika Natal tiba. "Hubungan sama nyokap baik-baik saja. Adik gue tetep seorang nasrani dan kita bisa hidup bahagia bersama dalam arti menjalankan agama masing-masing." 

Berita-berita tentang Reza Rahadian baca di SINI




Berita terkait
Reza Rahadian Telanjang, Prilly Latuconsina Takut Khilaf
Aktris Prilly Latuconsina menceritakan pengalamannya sewaktu tampil berakting dalam serial My Lecturer, My Husband bersama Reza Rahadian.
Momen Reza Rahadian Cium Kening Prilly Latuconsina
Akting Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian dalam serial My Lecturer, My Husband berhasil menghipnotis para penontonnya.
Punya Akun Media Sosial Sendiri, Reza Rahadian Jadi Sorotan
Artis peran Reza Rahadian mendadak jadi perbincangan publik di dunia maya menyusul akun media sosial yang dimilikinya.
0
Opini Akademisi UGM: Munas Kadin Juni 2021 Pemulihan Ekonomi
Saya harap Munas Kadin Juni 2021 mengusung tema pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi. Dan saya mendukung Arsjad Rasjid Ketua Kadin Indonesia.