LIPI: Karakter Politik Sandiaga Berdasarkan Tanggal Lahir

Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo jati menjelaskan karakter politik yang dimiliki Sandiaga Uno berdasarkan tangal lahir jika maju Pilpres 2024.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat kunjungan ke Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Dok Kemenparekraf)

Jakarta – Pakar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) Wasisto Raharjo jati menjelaskan karakter politik Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno, berdasarkan tanggal kelahirannya, yaitu 28 Juni 1969, menurut Wasisto bahwa Sandi memiliki karakter yang penuh perhitungan.

“Dilihat sebelumnya bahwa Sandi merupakan seorang pengusaha, maka saat ia mau melangkah atau menyusun kebijakan maka ia harus memperhitungkan segalanya," ujar Wasisto di kanal YouTube Tagar TV, Rabu, 9 Juni 2021, yang dilihat Senin, 14 Juni 2021.

Kinerja sandi yang sukses menggerakkan kembali industri ekonomi kreatif di Indonesia, banyak menarik simpati masyarakat, serta pribadinya yang banyak disukai masyarakat, tidak mengherankan jika banyak publik yang menginginkan Sandiaga Uno untuk maju pada Pilpres 2024.

Menurut Wasisto, Sandiaga Uno memiliki karakter yang unik, yaitu suka membuat orang lain senang, karena walaupun secara finansial dan materi sudah berkecukupan.

Wasisto mengatakan sosok Sandiaga memiliki sisi kepedulian yang bisa membuat publik senang di dekatnya. Kinerjanya yang sukses ditengah pandemi saat menjabat sebagai Menparekraf, dalam menggerakkan UMKM di Indonesia dapat menjadi acuan bagi publik jika ia maju menjadi Pilpres 2024.

lebih lanjut Wasisto menyampaikan terkait peluang Sandiaga untuk maju pada Pilpres 2024, dapat dilihat dari kekuatan materi dan finansialnya yang cukup untuk sebagai seorang kandidat. 

“Jika saja ada calon independen, mungkin saja beliau bisa maju sendiri tanpa partai, ucapnya.

Namun, kata Wasisto, sistem pemilihan di Indonesia harus terikat dengan salah satu partai kartel. Hal tersebut yang menjadi tantangan bagi Sandiaga Uno untuk dapat meyakinkan partai-partai lain untuk mendukung dirinya pada Pilpres 2024.

Meskipun, sebelumnya ada kandidat yang menang melalui jalur independen, yaitu Irwan Yusuf pada Pemilihan Gubernur Aceh. 

“Sebelumnya Pak Yusuf sendiri merupakan tokoh GAM yang pasti memiliki basis akar rumput yang luar biasa disana, sehingga saat maju pada Pilkada Aceh beliau bisa menang," katanya.

Jika ingin mengikuti jejak Irwan Yusuf, kawa Wasisto, Sandiaga harus melewati jalur independen, apakah ia memiliki basis-basis dan relasi yang mendukungnya untuk menjadi nominasi pada Pilpres 2024. []

(Selfiana)

Berita terkait
Sandiaga Uno: Daya Tarik Wisata Bima Bernilai Sejarah
Sandiaga Salahuddin Uno melihat destinasi wisata Bima memiliki nilai sejarah yang langka oleh karena itu ia optimis pariwisatanya bisa bersaing.
Sandiaga Uno Upayakan Kuta Kembali Dikunjungi Wisatawan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan Kuta kembali dikunjungi wisatawan mancanegara agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.
Sejumlah Upaya Sandiaga Uno Pulihkan Pariwisata Bali
Menparekraf Sandiaga Uno membahas langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Bali.
0
Partai PSI Buka Suara Soal Figur yang Cocok Jadi Capres 2024
Kader PSI Faldo Maldini menyampaikan pendapatnya terkait figur yang cocok untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024 dengan beberapa kriteria.