UNTUK INDONESIA
Profil Felix Siauw, Aktivis HTI
Felix Yanwar Siauw merupakan seorang mualaf beretnis Tionghoa-Indonesia. Sebelum memeluk Islam, agama sebelumnya adalah Katolik.
Felix Siauw. (Foto: Instagram/@felixisauw)

Jakarta - Felix Yanwar Siauw merupakan seorang mualaf beretnis Tionghoa-Indonesia. Sebelum memeluk Islam, agama sebelumnya adalah Katolik.

Felix merasa gelisah pada agamanya, dari mana asal kehidupan ini, untuk apa adanya kehidupan ini, dan akan seperti apa akhir dari pada kehidupan ini. 

Atas pengalaman spritualnya itu, Felix pun populer sebagai motivator agama Islam dan menulis buku tentang perjalanan hidupnya. Setelah mualaf dia bergabung menjadi salah satu organisasi yang sudah dibubarkan pemerintah, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Dia lahir dan dibesarkan di Palembang, tepatnya pada 31 Januari 1984. Pergumulannya dengan Islam saat dia menempeuh pendidikannya di Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Felix bersekolah di SMA Katolik Xaverius 1 di Palembang. Dia mulai memeluk agama Islam pada 2002, saat usianya 18 tahun, meski mempunyai orang tua yang bukan beragama Islam, tapi kedua orang tuanya tak mempermasalahkan keputusannya.

Pergolakan batinnya dimulai ketika kelas 3 SMP. Menurutnya, banyak hal yang tidak sesuai dengan akalnya. Felix sempat mengalami dia tidak percaya dengan adanya Tuhan. 

Saat mempelajari reproduksi, dia merasa, manusia tercipta dari sperma yang tidak mempunyai akal, pasti ada yang menciptakannya, dan juga bahwa Tuhan itu ada. Pencariannya hingga menjelajahi agama Kristen Protestan, Budha, Hindu, dan lainnya, tapi masih memuaskan hatinya.

Setelah bersentuhan dengan Islam, Felix mengaku Islam adalah agama yang tidak bertentangan dengan akal manusia. Felix merasa dengan menganut agama Islam, dia merasakan kesejukan hati yang luar biasa.

Dia menikahi Lin pada tahun 2006, dari pernikahannya itu Felix dikaruniai empat buah hati yang bernama Shifr Muhammad Al-Fatih 1453, Ghozi Muhammad Al-Fatih 1453, Alila Shaffiya asy-Syarifah, dan Aia Shaffiya asy-Syarifah.

Setelah menikah, Felix mengaku diberikan cobaan. Tidak mempunyai kerjaan dan sulit mencari kerjaan yang akhirnya membuat dia berprofesi sebagai penjual emas. Mas kawin istrinya pun tak luput dijualnya.

Felix menulis sejumlah buku, dari buku-bukunya, Felix diundang mengisi motivasi keagamaan di berbagai daerah. Bahkan ke luar negeri. Perlahan, Felix menjadi pembicara soal bukunya.

Pendidikan

SMA Xavier 1 Palembang

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Keluarga

Istri: Lin

Anak :

Shifr Muhammad Al-Fatih 1453

Ghozi Muhammad Al-Fatih 1453

Alila Shaffiya asy-Syarifah

Aia Shaffiya asy-Syarifah

Karier

Penjual Emas

Pendakwah

Penulis Buku

Presenter Acara


Berita terkait
Goenawan Mohammad: Saya Gak Niat Menampar Felix Siauw
Sastrawan Goenawan Mohamad menolak hadir sebagai pembicara di ajang IIBF 2019 lantaran adanya Felix Siauw diundang dalam acara tersebut.
Ketika Goenawan Mohammad Menampar Felix Siauw
Goenawan Mohammad tak mau berbicara di International Book Fair 2019 karena ada Felix Siauw di sana. Tulisan opini Denny Siregar.
Sarwendah Undang Ustad ke Rumah, Warganet Ajak Mualaf
Sarwendah undang ustad ke rumah, warganet ajak mualaf.
0
Tersangka Korupsi di Solok Dijebloskan ke Penjara
Tersangka dugaan korupsi penyalahgunaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di Solok, Sumbar, resmi ditahan.