UNTUK INDONESIA
Profil dan Visi Trinda - M Kasni di Pilkada Agam
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria - M Kasni komitmen melanjutkan program Agam Nagari Madani.
Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria - M Kasni. (Foto: Tagar/Istimewa)

Agam - Gebrakan kontestasi politik muncul saat Partai PKS dan Nasdem berkoalisi mengusung Trinda Farhan Satria - M Kasni sebagai bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Agam di Pilkada 2020. Bermodal 9 kursi di DPRD Agam, kandidat ini telah mendaftar ke KPU Agam, Minggu, 6 September 2020.

Tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUP M Djamil Padang digelar hingga 11 September 2020.

Ketua KPU Agam Riko Antoni menyebutkan berkas pencalonan seluruh kandidat telah dinyatakan lengkap untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. "Pengumuman hasil verifikasi administrasi dijadwalkan 13 September 2020. Tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUP M Djamil Padang digelar hingga 11 September 2020," katanya.

Bapaslon Trinda Farhan Satria - M Kasni memiliki visi melanjutkan upaya mewujudkan Agam Nagari Madani. Berdasarkan formulir model BB.2 KWK berikut profil Trinda Farhan Satria dan M Kasni yang dirangkum Tagar, Rabu, 9 September 2020.

Dialah Wakil Bupati Agam aktif yang muncul sebagai kandidat petahana. Dulunya, seorang Trinda Farhan Satria merupakan politisi PKS yang sudah dua periode menduduki DPRD Sumbar. Yaitu periode 2009-2014, lalu kembali terpilih di Pileg 2014. Hanya setahun menjalani periode keduanya di kursi dewan itu, Trinda dipinang Indra Catri untuk Pilkada Agam 2015.

Sosok kelahiran Sungai Batang, 28 September 1969 ini memperistri Candra Gumilarti dan dikaruniai enam orang anak. Trinda menghabiskan masa kecilnya hingga remaja di Kota Bukittinggi untuk menempuh pendidikan dasar hingga menengah. Dia tercatat bersekolah di SDN 25 Bukittinggi, SMPN 1 Bukittinggi dan SMAN 2 Bukittinggi.

Selepas itu, Trinda melanjutkan pendidikan tinggi ke Teknik Industri ITB tahun 1989 dan tamat di tahun 1995. Rentang tahun 1998-2000, Trinda menyelesaikan studi pascasarjana di kampus yang sama pada program magister Teknik Manajemen Industri.

Trinda Farhan pernah sangat eksis di berbagai organisasi. Di antaranya, Ketua Persatuan Pelajar Mahasiswa Minang Bandung sejak tahun 1993-1994, Kepala Bidang Diklat Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) PW Sumbar tahun 2004-2007 dan Sekretaris Umum Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI) Sumbar tahun 2004-2006.

Di bidang politik, Trinda Farhan Satria merupakan Ketua Umum DPW Partai PKS Sumbar sejak tahun 2006 hingga 2015. Selama 10 tahun, Trinda juga tercatat berprofesi dosen di Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand), yaitu kisaran tahun 1996-2006. Di Universitas Bung Hatta, dia menjadi dosen luar biasa sejak 1995-2007.

Menariknya, koalisi PKS-Nasdem melirik calon wakil bupati dari unsur purnawirawan militer. Dialah M Kasni yang lahir di Bukittinggi 13 Mei 1969, memperistri Verra Roza dan dikaruniai dua anak. M Kasni menjadi satu-satunya kandidat di Pilkada Agam 2020 yang berdarah asli Tilatang Kamang. Ia bersekolah di SDN Kamang dan SMPN Kamang. Saat beranjak remaja, M Kasni menempuh pendidikan menengah di SMKN 1 Padang tamat tahun 1990.

Ia kemudian kuliah di Universitas Negeri Padang hingga lulus tahun 1997. Setelah tamat kuliah, M Kasni mencoba peruntungan dengan mengikuti seleksi sekolah perwira TNI dari kategori sarjana. Diapun diterima berseragam angkatan darat dan langsung mengikuti Pendidikan Perwira Prajurit Karir (PAPK) atau sekolah perwira (Spa) 1998.

Setahun kemudian, tahun 1999, M Kasni mengikuti pendidikan kecabangan Infanteri. Tahun 2017, M Kasni menjalani Pendidikan Komandan Rayon Militer. Jabatan prestisius yang pernah diembannya antara lain sebagai Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0306/50 Kota. Ia pun mengakhiri tugasnya sebagai Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Lubukbasung lalu mengajukan pensiun dini dengan pangkat Mayor Infanteri.

Surat pengunduran diri M Kasni dari TNI dikabulkan dengan keluarnya surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 88/II/2020 tentang Pemberian MPP dan Pemberhentian Dengan Hormat dari Dinas Keprajuritan Angkatan Darat.

M Kasni juga aktif dalam sejumlah organisasi seperti Ikatan Keluarga Kamang Mudiak (IKKM) dan Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA). Kini ia juga aktif menjadi pengurus masjid di kampung halaman, Kamangmudiak, Kecamatan Kamang Magek. [PEN]


Berita terkait
Profil dan Visi Hariadi - Novi Endri di Pilkada Agam
Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Agam Hariadi - Novi Endri mengusung jargon kampanye Agam Hebat Lagi.
Profil dan Visi Taslim - Syafrizal di Pilkada Agam
Taslim dan Syafrizal yang diusung Partai Gerindra mengusung visi mewujudkan Agam Madani dan Sejahtera.
Diduga Korsleting, Rumah Bagonjong di Agam Terbakar
Rumah kayu desain Bagonjong, di Kabupaten Agam terbakar. Rumah milik guru PAUD itu terbakar diduga akibat korsleting listrik.
0
Profil dan Visi Trinda - M Kasni di Pilkada Agam
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria - M Kasni komitmen melanjutkan program Agam Nagari Madani.