Profil Dalton Ichiro Tanonaka, Presenter Asing Ditangkap Kejagung

Presenter Dalton Ichiro Tanonaka, mendadak menyedot perhatian publik usai ditangkap Kejagung atas kasus penipuan. Lantas, siapakah dia?
Dalton Ichiro Tanonaka. (Foto: Instagram/daltonit)

Jakarta - Presenter berkewarganegaraan asing, Dalton Ichiro Tanonaka, mendadak menyedot perhatian publik usai ditangkap Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung) dari salah satu apartemen di Jakarta Selatan pada Rabu, 7 oktober 2020 karena terlibat kasus penipuan. Lantas, siapakah dia?

Dalton Tanonaka dikenal publik Indonesia saat masih aktif menjadi pembawa acara di stasiun televisi Tanah Air. Pria kelahiran Kohala, Hawai pada 13 Juni 1954 silam itu sangat populer tahun 2016 lalu saat membawakan program acara Internasional di Metro TV.

Lahir dengan nama Dalton Ichiro Tanonaka, ia dibesarkan di Honolulu, Hawai. Di sana ia menghabiskan waktu bersekolah di Kalani high School.

Saat beranjak dewasa, Dalton sempat bekerja sebagai pemandu wisata untuk mencukupi biaya hidup serta kuliahnya. Berkat usahanya itu ia berhasil menyandang gelar sarjana Associzte of Arts dari Mesca College pada tahun 1976.

Setahun berselang, Dalton dinyatakan lulus dari Northern Illinois University di Dekalb, Illinois dengan gelar sarjana di bidang Jurnalisme.

Setelah lulus ia kemudian mengembangkan sayap kariernya di bidang jurnalisme. Dengan waktu yang cukup panjang, Dalton mulai memiliki cerita hidup tersendiri.

Dalton IchiroDalton Ichiro Tanonaka ditangkap Kejaksaan Agung RI dalam kasus penipuan. (foto: kabarriau.com).

Sebelum berkarir di Indonesia, Dalton mengawali pekerjaan di bidang broadcasting di media Internasional. Ia sempat bekerja untuk stasiun televisi ABC dan NBC di Honolulu dan mulai mengumpulkan pengalaman.

Dalton kemudian memutuskan untuk hijrah ke Jepang pada tahun 1990. Kala itu, ia dipercaya untuk membawakan acara di stasiun TV NHK.

Malang melintang di dunia jurnalisme, Dalton Tanonaka pun mendirikan koran harian dan sejumlah program feature berbasis di Hongkong. Tahun 2006, ia akhirnya berhijrah lagi ke Indonesia dan bergabung dengan Metro TV.

Saat bekerja untuk media berita pertama di Indonesia ini, Tanonaka kerap membawakan acara Indonesia Now. Program tersebut juga tayang pada jaringan televisi internasional seperti NHK Jepang serta di saluran live streaming Metro TV.

Tahun 2010, Tanonaka bersama Sara Saraswati mengisi program dialog mingguan yang berjudul TalkIndonesia. Selanjutnya, tahun 2011 ia membuat program bulanan ASEAN Today yang bekerja sama dengan sekretariat ASEAN.

Selain tampil di layar kaca, Tanonaka juga aktif menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan ke dalam beberapa buku. Ia sempat bekerja sebagai penulis tetap di The Jakarta Post sejak 2007 dan pindah ke Jakarta Globe tahun 2010.

Memiliki modal pengalaman dari berbagai macam media, tahun 2014 Dalton Tanonaka juga menjabat sebagai CEO The Indonesia Channel, saluran berbahasa Inggris pertama di indonesia. []

Berita terkait
Profil Najwa Shihab, Diperkarakan Karena Kursi Kosong Terawan
Najwa Shihab mengawali kariernya sebagai jurnalis serta pembawa acara televisi yang paling berbobot di Indonesia saat ini.
Profil Rihanna, Penyanyi Dunia yang Dianggap Hina Islam
Penyanyi Rihanna memiliki karier panjang di kancah permusikan. Namun belakangan, ia disorot lantaran dianggap menghina agama Islam.
Profil Yesi-Adly Fayruz, Cabup dan Cawabup Karawang
Profil pasangan Cabup dan Cawabub Kabupaten Karawang, Yesi Karya Lianti dan Adly Fayruz
0
PPKM Mikro Seluruh Provinsi di RI Resmi Berlaku Hari Ini
Pemerintah resmi memberlakukan PPKM di seluruh Provinsi Indonesia per 1 Juni hingga 14 Juni 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.