Profil Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK

Bupati Bogor Ade Yasin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Berikut profil Bupati Bogor Ade Yasin yang jadi trending topik di media sosial.
Bupati Bogor Ade Yasin. (Foto: Tagar/Dok Istimewa)

TAGAR.id, Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK, ia ditangkap bersama dengan beberapa pihak dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar.

KPK pun pernah melakukan kegiatan serupa terhadap pemimpin tertinggi di Kabupaten Bogor beberapa tahun lalu. Sang korban adalah Rachmat Yasin yang juga merupakan kakak kandung Ade Yasin. Keduanya sama-sama merupakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Profil Bupati Bogor Ade Yasin

Dilihat dari situs resmi Pemkab Bogor, Rabu, 27 April 2022, Ade Yasin lahir di Bogor pada 29 Mei 1968. Dia menempuh pendidikan dari Sekolah Dasar (SD) hingga S2 di Bogor.

Kariernya dimulai sebagai advokat pada tahun 2000 hingga 2009. Selanjutnya, Ade Yasin menjadi Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor pada tahun 2010-2015.

Dia kemudian menjadi Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bogor tahun 2014-2019. Ade Yasin kemudian menjadi Ketua DPW PPP Jawa Barat pada tahun 2015-2020.

Ade Yasin menjadi Bupati Bogor pada periode 2018-2023. Ade Yasin menggandeng Iwan Setiawan sebagai Wakil Bupati pada Pilkada 2018. Kini, Ade Yasin kena OTT KPK. Dia ditangkap terkait dugaan suap.

"Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dimintai konfirmasi, Rabu, 27 April 2022.

Ade Yasin dan pihak lain yang kena OTT KPK masih berstatus terperiksa. KPK masih punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang kena OTT tersebut. []

Berita terkait
Breaking News: Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK
Bupati Bogor Ade Yasin dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dibenarkan Ali Fikri.
Imbas Megamendung, Polisi Akan Panggil Ridwan Kamil dan Ade Yasin
Polisi akan memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bogor Ade Yasin untuk dimintai keterangan kegiatan Rizieq di Megamendung.
Pengamat Yakini KPK Terus Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Formula E
Menurutnya, KPK dipimpin Firly Bahuri itu akan memberikan surprise setelah melakukan pendalaman dan memintai keterangan para saksi.
0
Profil Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK
Bupati Bogor Ade Yasin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Berikut profil Bupati Bogor Ade Yasin yang jadi trending topik di media sosial.