Pemerintah Kota Makassar

Profil Alec Baldwin Aktor yang Tak Sengaja Tembak 2 Kru Film

Halyna Hutchins, 42, ditembak saat bekerja di lokasi syuting sebagai direktur fotografi. Tembakan itu dilakukan secara tak sengaja.
Alec Baldwin (Foto:Tagar/Instagram @alecbaldwinsta)

Jakarta - Seorang wanita tewas dan seorang pria terluka setelah aktor Alec Baldwin menembakkan senjata penyangga ke lokasi syuting film New Mexico untuk Rust barat abad ke-19.

Halyna Hutchins, 42, ditembak saat bekerja di lokasi syuting sebagai direktur fotografi. Dia diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter tetapi meninggal karena luka-lukanya. Pria itu, sutradara 48 tahun Joel Souza, dibawa dari tempat kejadian di Bonanza Creek Ranch dengan ambulans.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki dan tidak ada tuduhan yang diajukan. Seorang juru bicara Mr Baldwin, yang terkenal karena perannya sebagai Jack Donaghy di sitkom NBC 30 Rock dan untuk perannya sebagai Donald Trump di acara sketsa Saturday Night Live, mengatakan insiden itu melibatkan salah tembak senjata prop dengan blanko.

Dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita AFP, juru bicara sheriff Santa Fe mengatakan Baldwin telah berbicara dengan para detektif."Dia datang secara sukarela dan dia meninggalkan gedung setelah dia menyelesaikan wawancaranya," kata juru bicara itu.

Polisi sedang mencoba untuk menentukan jenis proyektil apa yang meninggalkan pistol penyangga dan bagaimana caranya. Baldwin terlihat di luar kantor sheriff sambil menangis, media lokal melaporkan.

Alec Baldwin atau dengan nama asli Alexander Rae Baldwin III lahir pada 3 April 1958, di Amityville, New York, sebagai anak kedua dari enam bersaudara. Dia dibesarkan di Massapequa, pinggiran di Long Island, New York. 

Ia merupakan aktor, penulis, produser, komedian Amerika, dan aktivis politik. Dari anggota Baldwin family, dia yang tertua dari empat saudara-saudaranya, Daniel, William, dan Stephen. Semua Baldwin brother adalah seorang aktor. Baldwin pertama kali mendapat pengakuan muncul di musim enam dan tujuh CBSdrama televisi Knots Landing.

Baldwin kuliah di Universitas George Washington jurusan ilmu politik. Namun, kecintaannya akan akting pada masa kecil muncul kembali saat itu, hingga akhirnya memutuskan pindah ke Manhattan untuk mendaftar di departemen drama Universitas New York, dimana dia belajar di Lee Strasberg Institute. Salah satu pekerjaan awal Baldwin yaitu bekerja sebagai anak bus di klub malam legendaris Studio 54 di New York City.

Baldwin menikah dengan aktris Kim Basinger pada 1993 dan melahirkan seorang anak perempuan bernama Irlandia Eliesse. Namun, selang tujuh tahun pernikahan, pada Januari 2001, Basinger mengajukan gugatan cerai.

Baldwin kuliah di Universitas George Washington jurusan ilmu politik. Namun, kecintaannya akan akting pada masa kecil muncul kembali saat itu, hingga akhirnya memutuskan pindah ke Manhattan untuk mendaftar di departemen drama Universitas New York, dimana dia belajar di Lee Strasberg Institute.

Salah satu pekerjaan awal Baldwin yaitu bekerja sebagai anak bus di klub malam legendaris Studio 54 di New York City.

Baldwin menikah dengan aktris Kim Basinger pada 1993 dan melahirkan seorang anak perempuan bernama Irlandia Eliesse. Namun, selang tujuh tahun pernikahan, pada Januari 2001, Basinger mengajukan gugatan cerai.

Setelah perpisahan pasangan tersebut sempat menghadirkan beberapa tuduhan pelecehan dan alkoholisme, hingga perebutan hak asuh yang kejam atas putri pasangan itu. Dalam sidang perceraian pasangan tersebut pada 2004, Baldwin memperoleh hak asuh bersama atas putrinya yang dicabut kemudian oleh pengadilan pada Mei 2007.

Baldwin merupakan aktor dan co-produser film serta memainkan senama, seorang penjahat yang cucunya 13 tahun dihukum karena pembunuhan. Sulung dari empat bersaudara, semua aktor, Mr Baldwin telah membintangi banyak peran TV dan film sejak tahun 1980-an.

Karir Alec Baldwin dimulai pada 1980 ketika dia berperan dalam sinetron siang hari The Doctors. Setelah itu, Baldwin mendapat peran dalam film primetime Knot's Landing yang tayang pada 1984 hingga 1985. 

Pada 1986, Baldwin membuat debut Broadway di Joe Orton's Loot, yang berlanjut setahun kemudian debut film pertamanya di Forever Lulu. Selama bertahun-tahun, Baldwin telah menunjukkan kepandaiannya sebagai aktor dalam dunia film.

Atas perjalanan karirnya, Baldwin berhasil menerima dua Emmy Awards dan tiga Golden Globe untuk perannya sebagai eksekutif TV Jack Donaghy dalam sitkom 30 Rock dan memegang rekor sebagai pembawa acara Saturday Night Live paling sering. 

Selain di dunia film, pada 2008, Baldwin menerbitkan buku A Promise to Ourselves, yang mendokumentasikan perjuangannya untuk mempertahankan hak asuh dan kunjungan untuk putrinya.

Mengenai tragedi yang menimpanya, Hutchins merupakan salah satu korbannya. Ia berasal dari Ukraina dan dibesarkan di pangkalan militer Soviet di Lingkaran Arktik, menurut situs pribadinya. 

Dia belajar jurnalisme di Kyiv, dan film di Los Angeles, dan dinobatkan sebagai "bintang baru" oleh majalah American Cinematographer pada 2019. Dia adalah direktur fotografi untuk film aksi 2020 Archenemy, disutradarai oleh Adam Egypt Mortimer.

"Saya sangat sedih kehilangan Halyna. Dan sangat marah karena ini bisa terjadi di lokasi syuting," kata Mortimer dalam tweet.

Dalam sebuah pernyataan, International Cinematographer's Guild mengatakan kematian Hutchins adalah "berita yang menghancurkan" dan "kehilangan yang mengerikan".

"Rinciannya tidak jelas saat ini, tetapi kami sedang bekerja untuk mempelajari lebih lanjut, dan kami mendukung penyelidikan penuh atas peristiwa tragis ini," kata presiden serikat John Lindley dan direktur eksekutif Rebecca Rhine.

Polisi mengatakan deputi sheriff dikirim ke Bonanza Creek Ranch, lokasi syuting populer, sekitar pukul 13:50 waktu setempat (19:50 GMT) setelah menerima panggilan darurat tentang penembakan di lokasi syuting Rust.

Insiden seperti penembakan fatal pada hari Kamis di lokasi syuting film Rust sangat jarang, tetapi bukannya tidak pernah terdengar. Senjata api asli sering digunakan dalam pembuatan film, dan diisi dengan peluru kosong - peluru yang menghasilkan kilatan dan ledakan tanpa mengeluarkan proyektil.

Pada tahun 1993, Brandon Lee - putra berusia 28 tahun dari mendiang bintang seni bela diri Bruce Lee - meninggal di lokasi syuting setelah secara tidak sengaja tertembak dengan pistol penyangga saat syuting adegan kematian untuk film The Crow. Pistol itu secara keliru memiliki peluru tiruan yang dimuat di dalamnya.

Menanggapi berita hari Kamis, saudara perempuan Brandon Lee, Shannon, mentweet: "Hati kami tertuju pada keluarga Halyna Hutchins dan Joel Souza dan semua yang terlibat dalam insiden di 'Rust'. Tidak seorang pun boleh dibunuh dengan senjata di film. set. Titik."[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Semua Tentang Film Batman yang Baru
Semua yang kita ketahui sejauh ini tentang film baru Batman, mulai dari trailer, tanggal rilis dan aktor yang jadi pemeran
Festival Film Korea London ke-16 Digelar November
Penyelenggara festival akan menayangkan 35 film Korea dari beragam genre termasuk film independen, film klasik, animasi, dan film pendek.
Sinema India Mendunia Dikenal Sebagai Film Bollywood
Mendengar kata “Bollywood” muncul gambaran film tampilkan lagu dan tarian yang dikoreografikan dengan rumit, ini sejarah perfilman India
0
Profil Alec Baldwin Aktor yang Tak Sengaja Tembak 2 Kru Film
Halyna Hutchins, 42, ditembak saat bekerja di lokasi syuting sebagai direktur fotografi. Tembakan itu dilakukan secara tak sengaja.