Lokum, Permen Kenyal yang Muncul di Film Narnia

Lokum merupakan makanan penutup khas Turki yang sudah hadir sejak 1777 dan telah diperkenalkan ke kerajaan Ottoman oleh Muhittin Heci Bekir.
Lokum atau Turkish Delight. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pencinta kuliner khas Turki mungkin tidak asing lagi dengan kudapan bernama Lokum atau Turkish Delight. Panganan yang terbuat dari tepung jagung dan gula rafinasi ini dipotong membentuk dadu dengan luaran ditaburi gula halus agar tidak menempel. Memiliki cita rasa yang manis dan teksturnya yang kenyal.

Lokum merupakan makanan penutup khas Turki yang sudah hadir sejak 1777 dan telah diperkenalkan ke kerajaan Ottoman oleh Muhittin Heci Bekir. Dia juga memiliki toko di Eminonu, Turki yang bangunannya masih beroperasi hingga saat ini. Bahkan saat ini makanan di tokonya sudah bisa dipesan melalui online sehingga jangkauan untuk menikmati makanan tradisional Turki semakin luas.

Meskipun lokum adalah produk paling populer dari Haci Bekir, toko ini juga menjual permen keras, pasta kacang dan halva, serta biskuit, kue, dan kue kering.

Bisnis ini merupakan bisnis keluarga yang telah turun temurun dilakukan. Pada 2020, toko Heci Bekir sudah dipegang oleh keturunan generasi kelimanya bernama Leyla Celalyaan, perempuan berusia 30 tahun yang sejak kecil telah memimpikan dirinya terjun langsung dalam bisnis keluarga mereka.

“Ini adalah bisnis keluarga tertua di Turki, dan sifat bisnisnya adalah tentang kebahagiaan dan menyebarkan kebahagiaan,” kata Leyla dengan antusias.

Dilihat dari channel Youtube CNA, inilah beberapa fakta menarik tentang Lokum.


1. Di balik nama Lokum

Nama lokum berasal dari kata Arab luqma (tunggal) dan luqūm (jamak) yang berarti potongan dan suap. Sedangkan dalam bahasa Turki Ottoman yaitu rahat-ul hulküm yang berarti kenyamanan tenggorokan.

Penyebutan Lokum dapat berbeda di beberapa negara seperti di Inggris panganan ini disebut Lumps of Delight, di Yunani dikenal dengan Loukoumi, di Albania dan bekas Yugoslavia dikenal dengan rahat-lokum atau Ratluk.


2. Pernah muncul di film Narnia

Jika kalian menyadari dalam fim The Chronicles of Narnia terdapat adegan dimana Edmund Pevensie (Skandar Keynes) diberi Penyihir Putih sebuah permen kotak warna merah muda yang diselimuti gula halus. Permen itu tidak lain adalah Lokum.


3. Jenis-jenis Lokum

Potongan Lokum dapat dibumbui dengan air mawar atau lemon. Sementara, panganan tradisionalnya memakai air mawar, damar wangi, jeruk bergamot, dan lemon. Selain itu, Lokum kerap disajikan dengan isian berupa kurma, pistachio, hazelnut, atau kenari. Kalian juga dapat menemukan Lokum yang memiliki rasa mint dan kayu manis.

Leyla menyebutkan, Lokum yang enak tidak boleh terlalu manis hingga menyengat tenggorokan.


4.Masa simpan Lokum

Lokum dapat disimpan di wadah bertutup rapat dan bertahan hingga 1 bulan lamanya.


(Sekar Aqillah Indraswari)

Berita terkait
Cara Membuat Camilan Manis Turki yang Muncul di Film Narnia
Cemilan Turkish Delight merupakan salah satu cemilan yang muncul dalam film The Chronicles Of Narnia. Berikut resep dan cara membuatnya.
Pengaruh Konsumsi Makanan Manis Berlebihan
Dokter spesialis gizi klinik Marya Haryono mengatakan konsumsi makanan manis berlebihan bisa menimbulkan obesitas dan masalah pencernaan.
7 Manfaat Semangka yang Manis dan Penuh Nutrisi
Letakkan semangka di dalam suhu ruangan agar kandungan likopen dan beta karotennya meningkat.
0
Inilah 5 Keuntungan Ban Tanpa Udara yang Digarap Michelin
Perusahaan asal prancis ini, Michelin berupaya untuk menciptakan teknologi ban tanp udara yang bisa dimanfaatkan pengguna. Berikut keuntungannya.