Julia Roberts di Panggung Film dan Kehidupan

Julia Roberts, aktris pemenang Academy Award, yang membintangi film-film top Hollywood seperti Pretty Woman, dan Steel Magnolias
Julia Roberts di Pretty Woman (Foto: Silver Screen Partner)

Jakarta – Julia Fiona Roberts atau biasa dikenal dengan nama Julia Roberts, tampil sebagai aktris pertama kali di serial televisi akhir 1980-an, yaitu “Crime Story”. Selanjutnya pada tahun 1989, ia berperan di “Steel Magnolias” yang membawa Julia mendapatkan nominasi Academy Award pertama pada tahun 1989.

Aktris berkebangsaan Amerika ini lahir pada tanggal 28 Oktober 1967 di Kota Smyrna, Georgia, AS. Julia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara dan dikelilingi oleh keluarga yang unggul dalam bidang seni. Kedua orang tuanya adalah aktor yang juga menjalankan lokakarya untuk calon penulis dan artis.

Orang tua Julia cerai pada tahun 1971 dan menutup bisnis lokakarya tersebut. Kemudian ayah Julia meninggal dunia saat dia berusia 10 tahun karena penyakit kanker.

Awalnya, Julia ingin menjadi dokter hewan, tetapi ia merelakan mimpi tersebut ketika ia menyadari bahwa tidak memiliki kemampuan di bidang sains. Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 1985, Julia pindah ke New York City untuk tinggal bersama saudara perempuannya yang bernama Lisa dan mengejar karier di bidang akting bersama dengan saudara laki-lakinya.

poster film pretty womenPoster “Pretty Woman” (1990) (Foto : Pretty Woman)

Selain itu, di New York Julia juga bergabung dalam bisnis keluarga. Lalu pada tahun 1987, ia tampil sebagai tamu di serial televisi Amerika ‘Crime Story’. Dengan penampilannya pada saat itu, ia benar-benar menarik perhatian publik.

Julia melanjutkan karier aktingnya di ‘Mystic Pizza’ pada tahun 1988 sebagai tokoh Daisy, seorang yang mempunyai karakter liar namun rentan. Pada tahun berikutnya, Julia naik daun setelah membintangi film ‘Steel Magnolias’ (1989) dan mendapatkan nominasi Academy Awards di kategori Best Supporting Actress.

Setelah itu, karier Julia di bidang akting melejit. Pada tahun 1990, ia membintangi film komedi-romantis ‘Pretty Woman’, Roberts berperan sebagai Vivian, seorang pekerja seks komersial (PSK) yang jatuh cinta dengan Edward (Richard Gere).

Dengan chemistry yang sangat kuat antara Julia Roberts dan Richard Gere di sepanjang film, berhasil membawa kesuksesan Pretty Woman. Ekspresi emosi Julia yang sangat baik pada film ini membuat namanya terangkat jadi bintang besar di Hollywood dan memenangkan penghargaan Academy Awards di kategori Best Actress.

Tidak selalu berjalan dengan mulus, beberapa film yang dibintangi Julia setelah Pretty Woman mengecewakan publik maupun kritikus, seperti ‘Dying Young’ menerima tinjauan yang beragam, dan ‘Hook’ (1991) yang menceritakan kembali kisah Peter Pan.

Julia di waktu yang sama pada tahun 1991, membatalkan pernikahannya dengan aktor Kiefer Sutherland hanya beberapa hari sebelum acara pernikahannya berlangsung. Kabarnya, Kiefer ketahuan selingkuh dengan seorang penari striptis.

Mereka sempat menjadi rekan kerja saat membintangi film ‘Flatliners’ (1990), lalu Kiefer melamar Julia di tahun yang sama setelah menceraikan istrinya, yaitu Camelia Kath.

Setelah itu Julia memutuskan untuk rehat dalam dunia film dan kembali membintangi film hit yaitu ‘The Pelican Brief’ (1993), dan dibintangi bersama Denzel Washington.

Setelah itu, Julia memerankan seorang pembantu yang bekerja untuk dokter pada film ‘Mary Reilly’ pada tahun 1996, namun penonton kurang antusias terhadap film tersebut. Kemudian, Roberts kembali mendominasi box office di film komedi-romantis seperti ‘My Best Friend’s Wedding’ (1997), dan ‘Notting Hill’ (1999).

Julia kembali menarik penonton saat memerankan tokoh di film Runaway Bride (1999), di mana Julia kembali bergabung dengan lawan mainnya di Pretty Woman (Richard Gere).

Berkat Julia memerankan karakter utama dalam film Erin Brockovich pada tahun 2000 yang di mana didasarkan oleh kisah nyata, Julia memenangkan beberapa penghargaan untuk penamilannya, termasuk penghargaan Oscar pertama baginya.

Tahun berikutnya, Julia membintangi film The Mexican bersama Brad Pitt dan James Gandolfini. Saat membuat film, ia bertemu Danny Moder seorang juru kamera pembuatan film tersebut dan menjadi teman baik. Pada saat itu, Moder masih berstatus menikah, lalu Roberts sedang menjalani hubungan dengan aktor Benjamin Bratt.

Setelah mereka memutuskan hubungan dengan pasangan masing-masing, Julia dan Moder kemudian memulai hubungan romantis.

Setelah sukses di Erin Brockovich, Roberts mengambil peran ringan seperti muncul di film ‘Ocean’s Eleven’ (2001) dan ‘Ocean’s Twelve’ (2004) bersama bintang-bintang besar lainnya seperti Brad Pitt, George Clooney, Matt Damon, dan Andy Garcia.

Kemudian Julia mengambil peran yang menantang secara emosional di film “Closer” (2004) dengan Clive Owen, Natalie Portman, dan Jude Law. Roberts kemudian membuat debut Broadway pada tahun 2006.

Julia tampil di drama “Three Days of Rain” bersama Bradley Cooper dan Paul Rudd. Roberts kemudian membintangi film “Charile Wilson’s War” pada tahun 2007 dengan Tom Hanks dan Philip Seymour Hoffman.

Julia menerima nominasi Golden Globe Awards di kategori Best Supporting Actress untuk perannya sebagai sosialita Texas anti-komunis yang mendorong anggota Kongres Charlie Wilson untuk mendukung pejuang kemerdekaan di Afghanistan pada saat konflik mereka melawan pasukan Soviet.

Selain akting, Julia juga bekerja di belakang layar. Dia menjabat sebagai produser eksekutif di serial televisi “Queen Supreme” pada tahun 2003, serial tersebut diadaptasi dari film “American Girl” (2002).

eat pray and love
Poster “Eat Pray Love” (2010) (Foto : Eat Pray Love)

Pada tahun 2010 Julia pergi ke Bali, Indonesia, untuk syuting drama “Eat Pray Love”. Film ini diadaptasi dari kisah inspiratif buku terlaris karya Elizabeth Gilbert dengan judul yang sama.

Kisah tersebut menceritakan tentang Elizabeth Gilbert (Julia Roberts) yang sedang kehilangan arah setelah terpaksa bercerai dari suaminya, lalu ia memutuskan untuk pergi ke beberapa negara, yaitu Italia, India, dan Indonesia. Dari perjalanannya tersebut, akhirnya ia menemukan kedamaian dan makna hidup saat di Bali.

Pada tahun 2012, Julia beralih ke dunia fantasi sebagai ratu jahat di film “Mirror Mirror” yang mengisahkan kembali dongeng klasik Putri Salju. Lalu pada tahun berikutnya, ia muncul dalam drama “August: Osage County”, di mana Roberts dinominasikan untuk Academy Awards keempatnya.

Julia tampil dalam drama “The Normal Heart” pada tahun 2014 bersama dengan Mark Ruffalo, Matt Bomer, dan Jim Parsons. Drama yang diproduksi oleh Larry Kramer ini mengeksplorasi kehidupan sekelompok pria yang menyukai sesama jenis selama tahun-tahun awal krisis AIDS.

Dari kinerja tersebut Julia menerima penghargaan Emmy Awards untuk peran pendukungnya sebagai dokter yang merawat pasien AIDS.

julia berperan sbg dokterPenampilan Julia Roberts saat memerankan dokter di film The Normal Heart (2014) (Foto : HBO)

Pada tahun 2015, Julia beradu peran dengan aktris Nicole Kidman dan Chiwetel Ejiofor dalam film thriller “Secret in Their Eyes”. Di tahun berikutnya, ia berperan di film komedi-romantis “Mother’s Day”.

Julia berperan sebagai ibu dari seorang anak laki-laki yang mempunyai kelainan bentuk wajah di “Wonder” pada tahun 2017, lalu berperan kembali menjadi ibu untuk drama kecanduan narkoba pada tahun 2018 di “Ben Is Back”.

Di tahun yang sama, ia memperani tokoh utama di layar kecil pertama dalam karirnya yaitu di “Amazon’s Homecoming” yang membuatnya mendapatkan nominasi Golden Globe untuk Best Performance by an Actress in a Television Series.

Pada akhir tahun 2021, Julia bersama George Clooney akan melakukan proses syuting di Bali, Indonesia untuk film komedi-romantis “Ticket To Paradise” yang disutradai oleh Ol Parker.

Selama kariernya, Julia telah memenangi 21 penghargaan, dan menerima sebanyak 20 nominasi. Kemampuan aktingnya sudah tidak diragukan lagi, ia sudah lebih dari 30 tahun berada di dunia perfilman.

Julia sempat berkencan dengan pria terkemuka seperti Sutherland, Dylan McDermott, Jason Patric, Liam Neeson dan Matthew Perry. Kemudian ia menikah dengan penyanyi dan penulis lagu country, Lyle Lovett, pada 25 Juni 1993 di Marion, Indiana, AS.

Tidak bertahan lama, Julia dan Dylan McDermott mengakhiri hubungannya pada Maret 1995. Tiga tahun kemudiain, Julia mulai berkencan dengan Bratt dan menjalani hubungan hingga tahun 2001.

Hingga akhirnya, Julia menikah dengan Danny Moder di peternakannya yang berlokasi di Taos, New Mexico, AS, pada 4 Juli 2002. Pasangan tersebut dikaruniai anak kembar yang diberi nama Phinnaeus Walter dan Hazel Patricia pada November 2004. Lalu anak ketiga mereka yang diberi nama Henry Daniel lahir pada Juni 2007.

Berikut adalah daftar film terbaik yang dibintangi oleh Julia Roberts:

•Ben is Back (2018)

•Wonder (2017)

•Smurfs : The Lost Village (2017)

•Money Monster (2016)

•Mother’s Day (2016)

•Mirror Mirror (2012)

•Eat Pray Love (2010)

•Notting Hill (1999)

•Stepmom (1998)

•Pretty Woman (1990)

- Alifia Adra

7 Selebritis Terkenal dengan Pendapatan Bombastis Sepanjang 2018

5 Film Hollywood yang Paling Dinanti Penggemar

Hollywood Bergeliat Lagi, Film Diizinkan Syuting

Sinopsis Film Cruella, Transformasi Gadis Ambisius Menjadi Jahat

Berita terkait
PSK Jalanan Bisa Jadi Pretty Woman di Semarang
Siapa bilang PSK jalanan tak bisa naik kelas. Bermodal wajah manis dan pelayanan, Asih jadi Pretty Woman untuk tamu hotel berbintang di Semarang.
0
Julia Roberts di Panggung Film dan Kehidupan
Julia Roberts, aktris pemenang Academy Award, yang membintangi film-film top Hollywood seperti Pretty Woman, dan Steel Magnolias