Presiden Jokowi ke Humbang Hasundutan, Pengamanan Disiapkan

Presiden Jokowi ke Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, direncanakan Selasa, 27 Oktober 2020. TNI-Polri menggelar persiapan pengamanan.
Komandan Resor Militer 023 Kawal Samudera Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang bertindak sebagai komandan upacara Dansatgas Pam VVIP di lapangan terminal A, Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, Tapanuli Utara pada Senin, 26 Oktober 2020. (Foto: Tagar/ Istimewa)

Siborongborong - Dalam rangka kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yang direncanakan Selasa, 27 Oktober 2020, jajaran TNI-Polri menggelar persiapan pengamanan di lapangan Terminal A Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, Tapanuli Utara pada Senin, 26 Oktober 2020.

Presiden Joko Widodo dijadwal melakukan kunjungan dalam rangka meninjau lokasi lahan food estate di Kecamatan Pollung. 

Presiden Joko Widodo juga akan menyerahkan sertifikat tanah kepada 87 kelompok tani di daerah itu.

Gelar Apel Pengamanan

Terkait kunjungan kerja Presiden Jokowi, Panglima Komando Daerah Militer I / Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Irwansyah melakukan apel gelar pasukan dalam rangka persiapan untuk melakukan pengamanan.

Komandan Resor Militer 023 Kawal Samudera Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang bertindak sebagai komandan upacara Dansatgas Pam VVIP.

Pangdam I/BB menyampaikan, pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI selalu dilaksanakan bersama dengan kekuatan dari unsur TNI-Polri, pemerintah daerah, dan komponen masyarakat lainnya.

“Segala sesuatu yang terkait pelaksanaan pengamanan VVIP ini harus selalu kami laksanakan dengan sungguh-sungguh, tidak ada istilah ini merupakan kegiatan rutinitas,” papar Irwansyah.

Semua penekanan yang saya sampaikan ini agar dipahami, dipedomani, dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh personel Satgas Pam VVIP

Pangdam mengingatkan, seluruh personel peka dan tidak lengah, serta selalu membangun koordinasi aktif dalam satu komando.

“Tingkatkan koordinasi secara optimal, secara cermat dan ikuti perkembangan situasi secara terus-menerus serta laporkan sesuai dengan rantai komando,” kata Pangdam.

“Semua penekanan yang saya sampaikan ini agar dipahami, dipedomani, dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh personel Satgas Pam VVIP, sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” tegas Pangdam.

Pangdam menekankan seluruh personel yang terlibat Pam VVIP agar selalu mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah dengan cara mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Dalam apel gelar pasukan turut dihadiri Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin, Karo Ops Poldasu, Asintel kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB, Kapendam I/BB, PJU Poldasu, Para Dandim Rem 023/KS, Dansubsatgas dan para Kasi Rem 023/KS.

Informasi diperoleh, kunjungan RI-1 ke Humbang Hasundutan, akan mengunjungi Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, untuk meninjau lokasi food estate yang dikoordinir oleh Kementerian Pertanian, dan sejumlah agenda kerja lainnya.

30 Ribu Hektar

Sebelumnya Menteri Pertanian RI Syahrul Limpo telah mengunjungi kawasan lahan food estate di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara.

"Kami akan kembangkan lahan food estate di lokasi seluas 30.000 hektare. Tapi untuk uji coba di 2020 ini ada kurang lebih 1.000 hektare. Tentunya keterlibatan petani setempat harus ada," kata Syahrul dilansir dari Antara pada 20 September 2020.

Syahrul menjelaskan proyek lumbung pangan hortikultura seluas 30.000 hektare lahan ini dikelola hingga tiga tahun ke depan. 

Namun, sebagai permulaan, pengerjaan dimulai dari klaster terpadu seluas 1.000 hektare sebagai percontohan nasional.

Ia mengatakan pengembangan kawasan pangan hortikultura menjadi salah satu program super prioritas Kementan dengan komoditas utama yang dikembangkan meliputi kentang sebagai bahan baku industri, bawang merah, dan bawang putih.

Menurut dia, proyek food estate ini bertujuan mengoptimalkan lahan-lahan potensial sehingga dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian yang diharapkan harga jualnya bisa lebih tinggi. [] PEN

Berita terkait
Polres Humbahas Terima Dana Pengamanan Pilkada Rp 2,6 Miliar
Polres Humbahas terima dana pengamanan Pilkada 2020 sebesar Rp 2,6 miliar dari pemerintah setempat.
Daftar Nama Dubes RI untuk Negara Sahabat yang Dilantik Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (Dubes LBBP) RI. Berikut daftar nama lengkap dan tugasnya.
Potensi Konflik Agraria dalam Program Food Estate Humbahas
Kementerian Pertanian akan menjalankan program food estate di Kabupaten Humbahas, Sumut. Seluas 30 ribu hektare disiapkan lahan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.