UNTUK INDONESIA
Polres Humbahas Terima Dana Pengamanan Pilkada Rp 2,6 Miliar
Polres Humbahas terima dana pengamanan Pilkada 2020 sebesar Rp 2,6 miliar dari pemerintah setempat.
Kapolres Humbang Hasundutan Ajun Komisaris Besar Polisi Rudi Hartono SIK silaturahmi dengan rekan pers di Aula Mapolres Humbahas pada Selasa 20 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Dolok Sanggul - Pemerintah Kabupten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, menghibahkan dana pengamanan Pilkada 2020 sebesar Rp 2,6 miliar kepada kepolisian resor setempat.

Kepala Polres Humbahas Ajun Komisaris Besar Polisi Rudi Hartono, mengatakan dari besaran dana hibah itu, diprediksi sebagian bisa dikembalikan ke kas negara dengan syarat kondisi kamtibmas bisa dirawat seperti saat ini.

"Dari pengajuan Rp 4 miliar disetujui Pemda Rp 2,6 miliar. Saya nyatakan ke rekan-rekan pemda jika ini aman-aman saja Rp 1 miliar tidak habis. Kami akan kembalikan ke pemerintah untuk digunakan ke rakyat," ungkap Rudi kepada sejumlah pekerja media di aula Polres Humbahas, Selasa, 20 Oktober 2020.

Karena keberadaan marga Batak itu membuat saya optimis bahwa potensi konflik kerusuhan itu tidak ada

Rudi optimistis gelaran pilkada yang hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Dosmar Banjarnahor - Oloan Nababan akan berlangsung aman karena pertimbangan hubungan emosional marga Batak di daerah itu.

"Sejak saya masuk di sini ternyata persoalan masalah di Tanah Batak ini gampang diselesaikan karena ada dalihan natolu. Kepada pemda, KPU dan Bawaslu saya bilang saya optimis," katanya.

Rudi mengatakan, pengalaman bertugas selama dua tahun di Sumatera Utara memiliki makna kebinekaan di tengah-tengah perbedaan marga.

"Baru kali inilah saya dinas di Tanah Batak kurang lebih dua tahun ini. Karena keberadaan marga Batak itu membuat saya optimis bahwa potensi konflik kerusuhan itu tidak ada," pungkas Rudi yang bakal mutasi di Polda Kalimantan Selatan.

Duduki Jabatan Baru

Sebelumnya dihimpun Tagar, sesuai surat telegram nomor: ST/2933/X/KEP/2020 yang diterbitkan pada Selasa, 13 Oktober 2020, ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hartono diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakil Direktur Binmas Polda Kalimantan Selatan.

Jabatan Kapolres Humbahas selanjutnya akan dipegang Ajun Komisaris Besar Polisi Ronny Nicolas Sidabutar, yang sebelumnya menjabat Kasat Narkoba Polrestabes Medan. []

Berita terkait
Naik Sampan di Danau Toba, Warga Humbahas Pulang Tak Bernyawa
Pria usia 21 tahun, warga Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, tenggelam di Danau Toba.
Dosmar Tidak Khawatir dengan Gerakan Kotak Kosong Humbahas
Dosmar Banjarnahor, calon bupati tunggal dalam Pilkada Humbahas menegaskan tidak khawatir dengan gerakan memilih kotak kosong.
Aksi Koko Humbahas, Yanto: Calon Tunggal Cederai Demokrasi
Dukungan untuk memilih kolom kosong di Pilkada Humbang Hasundutan digaungkan sejumlah perantau melalui sebuah forum.
0
Antusiasme Jokowi Resmikan Jembatan Ikonik Teluk Kendari
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang pengerjaannya sejak 2015 lalu. Ini menjadi ikonik sekaligus bermanfaat.