Presiden Jokowi Salat Jumat di Masjid Babul Jannah Lembata

Setelah meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang di Lembata, NTT, 9 April 2021, Presiden Jokowi salat Jumat bersama rombongan dan warga
Presiden Jokowi usai menunaikan Salat Jumat di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Lembata, NTT, Jumat, 9 April 2021 (Foto: setkab.go.id - BPMI Setpres/Laily Rachev)

Lembata, NTT – Setelah melakukan peninjauan ke lokasi terdampak bencana banjir bandang di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat, 9 April 2021, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menunaikan salat Jumat bersama rombongan dan warga sekitar. Kali ini Presiden salat Jumat di Masjid Babul Jannah yang berlokasi di desa yang sama.

Setibanya di Masjid Babul Jannah, Presiden langsung mengambil wudu dari tempat penampungan air. Setelah itu, Presiden tampak menjalankan salat sunnah terlebih dahulu sebelum mengikuti salat Jumat. Usai salat Jumat, Presiden kemudian menjadi imam salat jamak Asar.

jokowi jumatan lembata2Presiden Joko Widodo menunaikan ibadah salat Jumat bersama warga di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat, 9 April 2021 (Foto: presidenri.go.id - BPMI Setpres/Laily Rachev)

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke NTT adalah untuk meninjau lokasi terdampak dan penanganan bencana di wilayah tersebut. Seperti diketahui daerah tersebut mengalami banjir bandang karena cuaca ekstrem yang terjadi akibat Siklon Tropis Seroja yang juga terjadi di sebagian wilayah NTB. Cuaca ekstrem tersebut memicu terjadinya bencana banjir bandang dan longsor di kedua wilayah tersebut pada tanggal 4 April 2021 pukul 01.00 Wita. Selain menelan puluhan korban jiwa banjir bandang juga menerjang perumahan warga dan fasilitas umum lain.

Tampak turut menjadi jemaah dalam salat tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, dan Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Henri Alfiandi. (BPMI SETPRES/UN)/setkab.go.id. []

Berita terkait
Arahan Jokowi untuk Atasi Bencana Banjir di NTT dan NTB
Dalam mengatasi dampak bencana banjir bandang di NTT dan NTB, berikut arahan dari Presiden Joko Widodo.
Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Bencana Banjir Bandang di NTT & NTB
Presiden sampaikan bela sungkawa atas musibah banjir bandang di NTT dan NTB juga memerintahkan jajarannya untuk menangani bencana dengan cepat.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan