UNTUK INDONESIA
Praperadilan Penyebar Aliran Sesat di Gowa Ditolak
Gugatan praperadilan tersangka Terdakwa aliran sesat, Puang Lalang ditolak secara keseluruhan oleh Hakim Tunggal di Kabupaten Gowa.
Pimpinan Aliran Thariqat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf, PL, 74 saat di interogasi Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga beberapa waktu lalu. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Gugatan praperadilan tersangka Terdakwa aliran sesat, Puang La'lang ditolak secara keseluruhan hakim tunggal, Wahyudi Said didampingi panitera pengganti Sudarmono. Praperadilan yang diajukan tim kuasa hukum Puang La'lang terhadap penyidikan yang dilakukan Satuan Reskrim Polres Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa 14 Januari 2020.

Sebanyak delapan orang kuasa hukum Puang La'lang hadir dalam praperadilan tersebut, serta sekitar 100an jemaah dan pihak keluarga terdakwa ikut menyaksikan.

Prosedur penyidikan terhadap PL yang dilakukan Satuan Reskrim Polres Gowa telah sesuai SOP.

Praperadilan ini berlangsung sejak tanggal 6 hingga 14 Januari 2020. Sebanyak 150 personil kepolisian dikerahkan mengamankan selama proses praperadilan berlangsung.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan mengatakan, kegiatan pengamanan proses praperadilan yang berlangsung seminggu tersebut dipimpin langsung Kabag Ops Polres Gowa, Kompol Tamba Hamid dan berlangsung aman dan kondusif.

"Prosedur penyidikan terhadap PL yang dilakukan Satuan Reskrim Polres Gowa telah sesuai SOP," kata Mangatas.

Tampak terlihat anggota Polwan Polres Gowa ikut serta dalam pengamanan dengan melakukan penjagaan dan pengawasan pada pintu masuk dan ruang sidang.

Mangatas melanjutkan, Polres Gowa menghormati gugatan praperadilan Puang La'lang. Menurutnya hal itu adalah bentuk pengawasan terhadap kinerja Polisi.

"Praperadilan yang diajukan pihak Puang La'lang tetap kita hormati sebagai bentuk pengawasan horizontal atas tindakan upaya paksa yang dikenakan terhadap tersangka selama ia berada dalam pemeriksaan penyidikan atau penuntutan, dan agar benar- benar tindakan itu tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan Undang- Undang," tandas Mangatas. []

Berita terkait
Pimpinan Aliran Sesat di Gowa Terancam 15 Tahun Bui
Pimpinan Aliran Thariqat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf, PL, 74 tahun di Gowa Sulsel, terancam hukuman 15 tahun penjara.
Pimpinan Aliran Sesat di Gowa Ditetapkan Tersangka
Polres Gowa akhirnya menetapkan PL pimpinan aliran sesat di Gowa sebagai tersangka penistaan agama.
Polisi Geledah Kediaman Pimpinan Aliran Sesat di Gowa
Kediaman Pimpinan aliran Tajul Khalawatiyah Syech Yusuf Gowa, digeledah Polres Gowa.
0
Polres Malang Jaga Ketat Laga Arema Vs Persib
Polres Malang mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan laga Arema FC Vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang.