UNTUK INDONESIA
Prank Bagi Sembako Isi Sampah, Ferdian Paleka Dikecam
Video prank bagi-bagi sembako berisi sampah milik YouTuber Ferdian Paleka menuai kecaman dari warganet.
Video prank bagi-bagi sembako berisi sampah milik Ferdian Paleka menuai kecaman dari warganet. (Foto: Instagram/ferdianpalekaa)

Jakarta - Seorang konten kreator bernama Ferdian Paleka, menuai kecaman dari warganet lantaran membikin video prank seolah-olah memberikan bantuan sembako dalam sebuah kardus kepada sekelompok waria yang kerap mangkal di pinggir jalan kota Bandung. Padahal, bungkusan tersebut hanya berisi sampah dan batu bata.

"Jadi gini, kita mau men-survei dulu bencong yang di pinggir jalan, apakah bulan puasa ini mereka juga ada atau enggak gitu," kata Ferdian Paleka dan rekan-rekannya dalam video yang saat ini telah dihapus paksa oleh pihak YouTube itu.

"Jadi yang belum tahu (bungkusan) ini isinya apa? Batu-batu, nanti dilihat saja videonya pas kita masuk-masukin batu dan sampah-sampah," kata dia lagi.

Benar saja, Ferdian dan teman-temannya itu mulai berkeliling kota untuk mencari para waria dan mulai membagikan bungkusan berisi sampah dan batu bata tersebut kepada beberapa waria yang mereka temui.

Dalam keterangannya, ia mengatakan bahwa apa yang ia lakukan semata-mata hanya agar kelompok transpuan itu berhenti mangkal dan menghormati bulan Ramadan.

"Pasti ada yang ngomong, bang elu enggak kasian sama banci-banci itu. Ya mau gimana lagi. Kan ini bulan suci Ramadan," ujar Ferdian dalam video itu.

Prank Sembako SampahVideo prank bagi-bagi sembako berisi sampah milik Ferdian Paleka menuai kecaman dari warganet. (Foto: Twitter/Lini_ZQ)

Tak disangka, video yang diunggah Ferdian ke laman YouTube miliknya, menuai kecaman dari warganet lantaran dinilai telah melecehkan dan mempermalukan orang lain. Terlebih, potongan video milik Ferdian viral di berbagai media sosial setelah diunggah ulang oleh sejumlah netizen.

Seorang pengguna Twitter dengan akun @Lini_ZQ misalnya, ia begitu geram dengan tindakan yang dilakukan Ferdian dan kawan-kawannya. Selain mengecam keras, ia juga meminta kepada warganet lain untuk melayangkan laporan atau report terhadap video tercela itu.

"CALL OUT YOUTUBER BEDEBAH, Yutuber FERDIAN PALEKA bikin konten yutub yg saya yakin demi kepentingan ketenaran & perut dg merendahkan sesama manusia! Sengaja mengisi box mi instan berisi BATU BATA & SAMPAH dibagikan kpd teman2 TRANSPUAN/waria. Terkutuk kalian. Catat namanya," tulis dia di Twitter, dikutip Tagar pada Minggu malam, 3 Mei 2020.

"Bantu report videonya, ogah menyematkan tautan link-nya di sini. Bila ada yg mengenal/ tahu mereka, sampaikan saya mau bicara. Mari bicara secara terbuka di publik secara virtual agar semua orang tahu di mana otak dan hati kalian letakkan! Jahannam!!!," tulis dia lagi.

Cuitan berisi ajakan untuk melaporkan video tersebut juga dilakukan oleh sejumlah warganet lain. Alhasill, video prank tersebut dihapus paksa oleh pihak YouTube setelah di-report oleh para pengguna internet lain.

Belakangan, sejumlah warga dan polisi bahkan mendatangi kediaman Ferdian Paleka untuk meminta klarifikasi atas perbuatannya. Meski tidak berhasil menemui pemuda itu, aparat kepolisian dari Satuan Reserse Polertabes Bandung dan sejumlah perwakilan masyarakat melakukan mediasi dengan keluarga Ferdian.

"Kediaman nya Ferdian Paleka malam ini digruduk warga dan beberapa orang yang sengaja datang ke Kavling Bojong Koneng Indah, Kec. Baleendah. Petugas kepolisian sudah berada di TKP. Kabarnya doi ga ada di rumah alias kabur. Tunggu update selanjutnya," cuit akun @twitkabarjabar.

Baca juga: Rumah Ferdian Paleka Digeruduk Warga dan Polisi

"Info update 23.46 dari kang @rizkyagustianf melalui DM, yang sedang berada di lokasi saat ini mediasi antara @XTCKotaBandung @RESTABES_BDG dan Keluarga dari Ferdian Paleka..," cuit akun @ClickBandung. []

Berita terkait
Gara-Gara Han So Hee, Kata Pelakor Go International
Kata Pelakor tembus ke dunia internasional setelah komentar bernada negatif dari netizen Indonesia kepada aktris drama Korea Selatan Han So Hee.
Yulhee dan Chen Exo Dianggap Beri Pengaruh Buruk
Chen Exo dan Yulhee dianggap memberi pengaruh buruk lantaran menikah karena peristiwa hamil di luar nikah.
Chris Evans Buat Akun Instagram Demi Donasi Covid-19
Chris Evans membuat akun Instagram demi mengikuti tantangan donasi membantu korban terdampak Covid-19, bertajuk All In Challenge.
0
Corona dan Kartu Prakerja Pelaku Wisata Gunungkidul
Sektor wisata Gunungkidul terpuruk akibat pandemi Covid-19. PAD dipastikan tidak tercapai. Pelaku wisata kini diarahkan dapat Kartu Prakerja.