UNTUK INDONESIA
Prancis dan Turki Lolos ke Putaran Final EURO 2020
Prancis lolos ke putaran final EURO 2020 setelah mengalahkan Moldova 2-1 di laga Grup H. Di grup sama, Turki juga lolos ke putaran final.
Prancis lolos ke putaran final EURO 2020 setelah mengalahkan Moldova 2-1 di laga Grup H di Stade de France, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Tampak pemain Prancis merayakan gol di laga itu. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Prancis memastikan lolos ke putaran final EURO 2020 setelah mengalahkan Moldova 2-1 di kualifikasi Grup H di  Stade de France, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Dari grup itu, Prancis dan Turki yang merebut tiket ke Piala Eropa.  

Kemenangan atas Moldova menjadikan Prancis kembali merebut posisi puncak klasemen dengan poin 22. Unggul dua poin dari Turki yang satu jam sebelumnya bermain imbang 0-0 melawan Islandia. 

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Islandia yang menduduki peringkat tiga sudah tidak bisa mengejar perolehan poin Turki. Pasalnya, mereka hanya mengantongi poin 16. 

Saya harus sedikit keras kepada pemain karena dengan kualitas yang dimiliki, mereka sesungguhnya punya kemampuan untuk memenangkan laga

Namun peluang Islandia berlaga di EURO 2020 belum tertutup. Mereka harus menjalani babak play-off untuk mendapatkan salah satu dari empat tiket yang disediakan. 

Prancis yang tampil di hadapan pendukung sendiri mengalami kesulitan menghadapi Moldova yang memilih bertahan. Pelatih Prancis Didier Deschamps mengakui compact defense yang dibangun Moldova sempat menyulitkan timnya. 

"Problem kami adalah menghadapi tim Moldova yang kompak dalam bertahan. Sebaliknya, pemain depan kami cenderung statis dan kurang variatif dalam menyerang," kata Deschamps seperti dikutip uefa.com

Bahkan Prancis tertinggal lebih dahulu lewat gol cepat Vadim Rata. Pertandingan baru berjalan sembilan menit, Rata sudah membobol gawang Prancis setelah memaksimalkan sapuan tak sempurna Clement Lenglet.

Tertinggal 0-1 membuat Prancis lebih aktif melakukan tekanan. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil saat sundulan Raphael Varane membobol gawang tim tamu di menit 35.

Gol itu berawal dari tendangan bebas pemain depan Barcelona Antoinne Griezmann. Kiper Alexei Koselev gagal melakukan penyelamatan secara sempurna. Bola yang terlepas kemudian disundul Varane. 

Kemenangan Les Bleus ditentukan oleh striker Olivier Giroud dari titik penalti menit 79. Penalti diberikan setelah bek Moldova Veaceslav Posmac melakukan pelanggaran terhadap Lucas Digne di kotak terlarang. Giroud yang bertindak sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Hingga laga usai skor tetap 2-1 untuk kemenangan Prancis. 

Menurut Deschamps tim baru bisa memperbaiki penampilan di babak kedua. Hanya, mereka gagal memanfaatkan peluang meski akhirnya mencetak gol dari titik penalti. 

"Saya harus sedikit keras kepada pemain karena dengan kualitas yang dimiliki, mereka sesungguhnya punya kemampuan untuk memenangkan laga. Kami memang berada di bawah performa dari apa yang seharusnya mampu dilakukan," kata Deschamps. 

"Penampilan tim memang lebih baik di babak kedua meski kami tak mampu mengonversi peluang menjadi gol," jawabnya.

Turki Mengamankan Tiket

Di laga sebelumnya, Turki mengamankan tiket setelah bermain imbang 0-0 melawan Islandia di Stadion Turk Telekom, Istanbul. Raihan satu poin di kandang, cukup membuat Turki lolos ke putaran final Piala Eropa. 

Di laga itu, Turki lebih mendominasi permainan dengan penguasaan bola hingga 64 persen berbanding 36 persen. Namun Turki tak mampu memanfaatkan peluang yang diperolehnya. 

Sepanjang pertandingan, Turki melepaskan 12 kali percobaan tendangan namun hanya tiga yang menemui sasaran dan tak membuahkan gol. Sampai laga berakhir, skor tetap 0-0. []

Berita terkait
Kalahkan Islandia, Prancis Target Turki ke EURO 2020
Kemenangan 1-0 atas Islandia menjadi modal berharga Prancis untuk menghadapi Turki di laga berikutnya di kualifikasi EURO 2020.
Lampard Kritik Deschamps Gara-gara Kante Cedera Lagi
Manajer Chelsea Frank Lampard mengritik pelatih Prancis Didier Deschamps yang tidak mengkomunikasikan cedera gelandang NGolo Kante.
Kalah Dari Turki, Prancis Bidik Tim Lemah Andorra
Prancis harus mengakui keunggulan Turki dan kalah 0-2 di pertandingan kualifikasi EURO 2020, Minggu 9 Juni 2019 dini hari WIB.
0
Nadiem Makarim Sebut Guru Honorer Kewenangan Pemda
Jujur saya terkejut bagaikan disambar petir, mendengar Mendikbud Nadiem Makarim bilang guru honorer kewenangan Pemda. Masalahnya bukan di situ.