Italia Juara Euro 2020 Lewat Adu Penalti

Inggris gugur di final di Stadion Wembley di laga final Euro 2020 pada Minggu, 11 Juli 2021, malam melalui adu pinalti setelah imbang 1 - 1
Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, menahan bola yang ditendang pemain Inggris, Bukayo Saka, dalam adu penalti final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, 11 Juli 2021 (Foto: marca.com/AP)

Oleh: Euan McTear

Italia mengejutkan Inggris di stadion kandang mereka sendiri, denganmemenangkan Euro 2020 melalui adu penalti di laga final di Stadion Wembley, London, Igngris, pada Minggu, 11 Juli 2021, malam. Setelah imbang 1-1 dan perpanjangan waktu dilanjutkan dengan adu pinalti dengan kemenagan 3-2 untuk Italia.

Ini adalah kejuaraan Eropa dengan perpanjangan waktu dan adu penalti dan final tidak berbeda, dengan gol Leonardo Bonucci di menit ke-66 yang membuat kedudukan menjadi 1-1 di waktu normal setelah Luke Shaw memberi Inggris gol di awal pada menit ke-2 yang diimpikan suporter Inggris.

Dari lima tendangan pinalti Inggris hanya berhasil dua yaitu Kane dan Maguire, sedangkan Italia mencetak tiga gol yaitu Berardi, Bonucci dan Bernardeschi.

Hanya dua menit ketika Shaw mencetak gol pembuka untuk membuat para penggemar di tribun liar dengan gembira, tendangan voli melewati Gianluigi Donnarumma dari umpan silang bek sayap Kieran Trippier.

Tidak ada banyak peluang lagi di setengah jam pertama, tetapi Italia tumbuh ke dalam permainan menjelang akhir babak pertama. Peluang terbaik mereka adalah upaya Ciro Immobile yang diblok oleh John Stones.

Raheem Sterling meminta penalti di awal babak kedua, tetapi kali ini tidak diberikan dan lebih buruk datang untuk Inggris, saat Azzurri menyamakan kedudukan pada menit ke-66 dari sepak pojok. Jordan Pickford membelokkan upaya Marco Verratti dari tiang gawang, tetapi Bonucci ada di sana untuk memanfaatkan rebound.

Inggris memperkenalkan Bukayo Saka dan dia menyebabkan segala macam masalah bagi Giorgio Chiellini, tetapi kapten Italia-lah yang akan tertawa terakhir.

pemain italia rayakan kemenangan euro 2020Para pemain Italia melakukan selebrasi usai memenangkan final Euro 2020 melawan Inggris melalui adu penalti, di Stadion Wembley, London, Inggris, 11 Juli 2021 (Foto: .business-standard.com)

Saat pertandingan memasuki perpanjangan waktu, Chiellini membuat beberapa intervensi yang menentukan di kotaknya sendiri, sementara Italia yang paling dekat datang di ujung yang lain adalah ketika Federico Bernardeschi tidak bisa mendapatkan umpan silang indah dari Emerson.

Dengan tidak ada yang mampu memecahkan kebuntuan, pertandingan berlanjut ke adu penalti dan dari titik itulah Italia akan menang.

Meskipun Andrea Belotti melihat penalti kedua Italia diselamatkan oleh Pickford, Marcus Rashford dan kemudian Jadon Sancho keduanya gagal untuk Inggris - meskipun mereka dimasukkan di akhir waktu tambahan khusus untuk mengambil tendangan penalti.

Jorginho tidak bisa mengonversi tendangan yang akan membawa Italia meraih kemenangan, tetapi Donnarumma kemudian menyelamatkan dari Saka untuk menobatkan Italia sebagai juara Eropa untuk pertama kalinya sejak 1968 (marca.com). []

Berita terkait
Ratu Elizabeth II Kirim Pesan ke Tim Inggris Jelang Final Euro 2020
Sebuah pernyataan resmi dari Ratu Elizabeth II yang mengucapkan semoga tim ini lebih baik menjelang pertandingan final Euro 2020
Kane Bertarung Lawan Musuh Bebuyutannya Chiellini di Final Euro 2020
Pertarungan menentukan di final Euro 2020 akan terjadi antara kapten Inggris, Harry Kane, dan kapten Italia, Giorgio Chiellini
Pers Italia Khawatir Ada Konspirasi UEFA di Euro 2020
Pers Italia khawatir ada konspirasi UEFA agar Inggris memenangkan Euro 2020 sebagai hadiah untuk mengakhiri konflik Liga Super
0
Novak Djokovic Juara Tunggal Putra Tenis Wimbledon 2021
Novak Djokovic mengalahkan Matteo Berrettini di final Wimbledon 2021 untuk gelar grand slam ke-20 sehingga menyamai rekor Federer dan Nadal