PPKM Berakhir Hari Ini, Perlukah Diperpanjang lagi?

India yang pertambahan kasus harian di saat second wave mencapai 450.000 kasus perhari, prosentase kematian akumulatif hanya di angka 1.7 %.
Ilustrasi Covid-19 (Foto: Pixabay)

Bagi saya, data hingga kemarin sudah cukup menyakinkan, bahwa trend-nya memang menurun, dimana angka pertambahan harian di angka 26.415 pasien positif perhari dan angka kesembuhan 48.508 pasien perhari. 

Mengapa masih berfluktuatif walau trend-nya sudah menurun? Karena angka kematian yang masih tinggi yaitu di angka 1.498 pasien perhari. Akibat badai second wave, prosentase kematian akumulatif di Indonesia naik dari 2,60% ke angka 2.92 %, dimana lebih tinggi dari rata-rata dunia yaitu di angka 2.11 %. 

India yang pertambahan kasus harian di saat second wave mencapai 450.000 kasus perhari, prosentase kematian akumulatif hanya di angka 1.7 %.


Kalau saya ditanya, perlukan PPKM diperpanjang lagi? Jawab saya perlu, selama satu minggu, dan pemerintah fokus bekerja menurunkan angka kematian.


Ada hal-hal crucial yang harus dibenahi untuk menurunkan angka kematian di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

1. Pasien isoman mandiri harus mendapatkan penanganan lebih dari nakes dan pemberian obat-obatan yang memadahi.

2. Fasilitas penunjang operasional Faskes harus dibenahi menyeluruh baik dari sisi supply maupun kualitas. Angka kematian pasien di Faskes masih tinggi.

Kalau saya ditanya, perlukan PPKM diperpanjang lagi? Jawab saya perlu, selama satu minggu, dan pemerintah fokus bekerja menurunkan angka kematian.

Itu pendapat pribadi saya atas dasar data statistik yang ada hingga kemarin. Trend memang menurun, namun fenomena Arhenius saya belum melihatnya. Mohon maaf kalau keliru. Terimakasih. []


Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Ketua Dewan Pakar Seknas Jokowi*

Baca Juga: Bukti PPKM Efektif, BOR RS Covid-19 di Jakarta Turun

Berita terkait
Sandiaga Prediksi Akan Ada Lonjakan Wisata Usai PPKM
Memparekraf Sandiaga Uno memprediksi akan ada lonjakan wisata yang luar biasa dari masyarakat pasca PPKM lantaran masyarakat ingin suasana baru.
Pengusaha Mal Harap PPKM Kali Ini Menjadi yang Terakhir
APPBI berharap Mal dan pusat perbelanjaan diharapa juga dapat beroperasi normal kembali.
Bagaimana Dengan Nasib Pengangguran Akibat Penerapan PPKM
Potensi kenaikan pengangguran akibat penerapan PPKM terutama jika pandemi Covid-19 tetap tidak dapat dikendalikan
0
Anggota DPRD Minta Maaf Usai Pernikahannya Dibubarkan Pol PP
Keduanya kedapatan menggelar resepsi pernikahan di Solo dan mengundang pejabat termasuk menteri di tengah PPKM Level 4.