UNTUK INDONESIA
Portugal Vs Lithuania, Trigol Ronaldo Menangkan Tim
Cristiano Ronaldo menjadi bintang Portugal dengan mencetak hat-trick yang membawa tim menang 6-0 atas Lithuania di kualifikasi EURO 2020.
Cristiano Ronaldo menjadi bintang Portugal dengan mencetak hat-trick yang membawa tim menang 6-0 atas Lithuania di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Do Algarve, Portugal, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Cristiano Ronaldo kembali menjadi bintang kemenangan Portugal. Dirinya mencetak trigol yang mengantarkan Portugal menang besar 6-0 atas Lithuania di kualifikasi Grup B EURO 2020 di Stadion Do Algarve, Portugal, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Hanya Portugal belum bisa memastikan lolos ke putaran final. 

Ronaldo menunjukkan performa terbaik. Meski sempat dikhawatirkan oleh klubnya, Juventus, karena lutut pemain berusia 34 ini masih bermasalah, namun dia tetap bisa tampil maksimal. 

Pelatih Fernando Santos memang tidak menurunkannya secara penuh. Namun Ronaldo baru ditarik keluar saat pertandingan sudah hampir selesai atau di menit 83. 

Kami tahu akan menghadapi lawan yang berbeda di pertandingan Minggu. Kami hanya punya waktu kurang dari 72 jam untuk recovery

Hanya kemenangan itu belum meloloskan Portugal ke putaran final. Di klasemen sementara, Portugal tetap menduduki peringkat dua dengan poin 14. Unggul satu poin dengan Serbia yang mengalahkan Luksemburg 3-2. 

Lolos tidaknya Portugal ditentukan di laga terakhir kedua tim. Portugal melakoni laga tandang melawan Luksemburg, Minggu 17 November 2019. Sedangkan di hari yang sama, Serbia menjamu Ukraina yang sudah menjadi juara grup dan sudah memastikan tiket ke EURO 2020.

"Kami tahu akan menghadapi lawan yang berbeda di pertandingan Minggu. Kami hanya punya waktu kurang dari 72 jam untuk recovery. Namun, kami sudah harus fokus di pertandingan melawan Luksemburg," kata Santos.

Menunjukkan Dominasi

Di pertandingan itu, Portugal menunjukkan dominasinya. Mereka tak memberi kesempatan lawan mengembangkan permainan. 

Hasilnya, pertandingan baru berjalan enam menit, Ronaldo sudah mencetak gol pertama bagi Portugal dari titik penalti. Wasit menghadiahkan penalti setelah dirinya dijatuhkan di kotak terlarang. 

Selanjutnya, Ronaldo memperbesar keunggulan tim di menit 22. Mantan bintang Manchester United ini mencetak gol indah. Skor 2-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Portugal mulai berpesta gol di babak kedua. Diawali oleh Pizzi yang membobol gawang tim tamu menit 52. Hanya berselang empat menit, Portugal sudah kembali mengubah skor. Kali ini, Goncalo Paciencia yang mencetak gol. 

Tuan rumah kian tak terbendung. Gelandang Manchester City, Bernardo Silva turut menyumbang gol. Dirinya mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 5-0 di menit 63. 

Ronaldo yang membuka sekaligus mengakhiri pesta Selecao. Dirinya mencetak hat-trick di menit 65. Ini merupakan trigol ke-55 Ronaldo di sepanjang kariernya. Sedangkan di timnas tercatat yang ke sembilan kalinya. Skor 6-0 bertahan sampai akhir laga 

Menanggapi penampilan timnya, Santos menuturkan bila dia memang meminta pemain untuk menjaga kecepatan agar bisa mencetak lebih banyak gol. Menurutnya 

"Kami bermain bagus di babak pertama. Dan seharusnya kami mencetak lebih banyak gol. Saat jeda saya meminta pemain untuk menjaga kecepatan. Hasilnya, kami menyelesaikan pertandingan dengan baik sehingga kami bisa fokus di laga terakhir," kata Santos. []

Berita terkait
Ronaldo Menuju 100 Gol untuk Portugal
Cristiano Ronaldo berpeluang mencetak gol ke-100 bagi Portugal sekaligus membawanya lolos ke EURO 2020 saat menghadapi Lithuania dan Luksemburg.
Pelatih Portugal Meradang Disinggung Soal Ronaldo
Pelatih Portugal Fernando Santos meradang saat disinggung soal Cristiano Ronaldo menjelang laga kualifikasi EURO 2020 melawan Lithuania.
Menangkan Portugal, Ronaldo Buru Gol ke-700 dan 100
Cristiano Ronaldo tidak hanya membawa Portugal menang di pertandingan kualifikasi EURO 2020 tetapi juga mengukuhkan sebagai top scorer Eropa.
0
Israel Gembira Boris Johnson Menang Pemilu Inggris
Kemenangan Boris Johnson di Pemilu Inggris disambut baik oleh Israel. Israel klaim keberhasilan ini bukti melawan pembenci Yahudi.