UNTUK INDONESIA
Menangkan Portugal, Ronaldo Buru Gol ke-700 dan 100
Cristiano Ronaldo tidak hanya membawa Portugal menang di pertandingan kualifikasi EURO 2020 tetapi juga mengukuhkan sebagai top scorer Eropa.
Cristiano Ronaldo tidak hanya membawa Portugal menang 3-0 atas Luksemburg di kualifikasi EURO 2020 tetapi juga mengukuhkan sebagai top scorer Eropa. Portugal memenangkan laga itu di Stadion Jose Alvalade, Sabtu 12 Oktober 2019 dini hari WIB. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Bintang tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, belum berhenti mencetak rekor. Dirinya kian mengukuhkan sebagai top scorer Eropa saat membawa Portugal menang 3-0 atas Luksemburg 3-0 di pertandingan Grup B kualifikasi EURO 2020 di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Sabtu 12 Oktober 2019 dini hari WIB. 

Ronaldo menyumbang satu gol yang memperbesar keunggulan Portugal di laga tersebut. Sebelumnya, pemain sayap Manchester City Bernardo Silva membuka kemenangan tim di menit 16. 

Setelah gol itu, Portugal sesungguhnya menciptakan banyak peluang. Namun penampilan gemilang kiper Luksemburg Anthony Moris membuat tuan rumah gagal mencetak gol.

Portugal akhirnya baru menambah gol saat Ronaldo mencetak gol menit 65. Selanjutnya, Goncalo Guedes memantapkan keunggulan Portugal di menit terakhir. 

Gol Ronaldo kian mengukuhkan posisinya sebagai top scorer Eropa dengan 94 gol. Dirinya sudah melampaui rekor Ferenc Puskas, striker legendaris yang pernah memperkuat dua negara, Hongaria dan Spanyol. Puskas mencetak 84 gol selama 89 kali membela dua timnas tersebut. 

Ronaldo pertama kali melewati rekor Puskas saat mencetak gol di pertandingan melawan Maroko di Piala Dunia 2018. Selanjutnya, pemain yang delapan kali membuat hat-trick ini menambah tiga gol lagi di semifinal Nations League melawan Swiss. 

Namun bintang Juventus ini tak berhenti menambah gol saat menghadapi Serbia dan Lithuania di kualifikasi EURO 2020. Terakhir, dia mencetak gol ke gawang Luksemburg. 

Kini, eks pemain Real Madrid ini hanya butuh enam gol lagi untuk mencapai milestones 100 gol yang ditorehkannya dalam kariernya di timnas. 

Sedangkan rekor top scorer dunia masih dipegang striker legendaris Iran, Ali Daei. Pemain yang pernah satu musim bermain di Bayern Munich ini sudah mencetak 109 gol dalam kariernya. 

Peluang Ronaldo menyamai rekor Daei masih terbuka. Hanya di usianya yang 34, mantan bintang Manchester United ini harus bekerja keras untuk menambah 15 gol bila ingin menyamai rekor pahlawan sepak bola Iran itu. 

Namun Ronaldo berpeluang mencapai rekor lain, yaitu 700 gol yang ditorehkannya di timnas dan klub. Saat ini, dirinya sudah 698 kali membobol gawang lawan. Jadi peluang untuk meraih rekor itu lebih terbuka karena dia hanya butuh dua gol lagi. 

Mengukuhkan Posisi

Portugal sendiri mengukuhkan posisinya di peringkat dua klasemen sementara Grup B. Kini, Portugal yang sudah menyelesaikan lima pertandingan memiliki poin 11. Sedangkan Luksemburg berada di peringkat empat atau kedua dari bawah dengan poin empat.

Posisi puncak dikuasai Ukraina yang mengantongi poin 16. Hanya, Ukraina yang ditangani legenda AC Milan, Andriy Shevchenko ini sudah menyelesaikan enam pertandingan. 

Mereka akan menghadapi Portugal dalam big match di grup itu, Selasa 15 Oktober 2019 dini hari WIB. Bila Ukraina menang, mereka lolos ke putaran final EURO 2020. []

Berita terkait
Menangkan Portugal, Ronaldo Ingin Terus Cetak Gol
Portugal masih bergantung kepada Cristiano Ronaldo yang memborong 4 gol saat menang 5-1 atas Lithuania di kualifikasi EURO 2020.
Nations League, Kado Portugal di Hari Nasional
Tim nasional Portugal meraih trofi juara UEFA Nations League yang menjadi kado bagi negara yang merayakan Hari Nasional Portugal.
Ronaldo, Portugal Akan Raih Lebih Banyak Trofi
Kapten Cristiano Ronaldo meyakini Portugal bakal meraih lebih banyak trofi setelah menjadi juara UEFA Nations League.
0
6 Aplikasi Pemantau Gempa Bumi
Wilayah Indonesia kerap kali dilanda gempa dalam beberapa daerah. Berikut 6 aplikasi yang dirancang untuk memantau gempa bumi.