UNTUK INDONESIA
Ronaldo Menuju 100 Gol untuk Portugal
Cristiano Ronaldo berpeluang mencetak gol ke-100 bagi Portugal sekaligus membawanya lolos ke EURO 2020 saat menghadapi Lithuania dan Luksemburg.
Prtugal akan menjamu Lithuania di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Do Algarve, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Kapten Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) juga berpeluang mencetak gol ke-100 bagi timnas di dua laga terakhir kualifikasi. (Foto: national.ae)

Jakarta - Portugal harus memenangkan dua laga terakhir kualifikasi Grup B untuk meraih tiket ke putaran final EURO 2020. Namun kapten Cristiano Ronaldo tak sekadar membawa Portugal lolos tetapi juga membuka peluang mencetak gol ke-100 bagi tim nasional. 

Ronaldo bakal mencatat rekor bila mampu mencapai 100 gol saat melakoni dua laga kualifikasi. Portugal akan menjamu Lithuania di Stadion Do Algarve, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Selanjutnya, di laga pamungkas Selecao akan tandang melawan tuan rumah Luksemburg, Minggu 17 November 2019. 

Di atas kertas, ini merupakan laga mudah bagi sang juara bertahan. Pada pertemuan pertama melawan Lithuania yang bertindak sebagai tuan rumah, Portugal menang telak 5-1. Dan, Ronaldo memborong empat gol kemenangan. 

Saya yakin kami akan bermain bagus di dua pertandingan ini dan memenangkannya. Saya sepenuhnya yakin kami akan lolos ke EURO 2020

Demikian pula saat Portugal menjamu Luksemburg di laga pertama. Ronaldo menyumbang satu gol saat mereka menang 3-0. 

Ini berarti lima gol di dua pertandingan kualifikasi EURO 2020. Saat ini, Ronaldo sudah mengoleksi 95 gol yang menjadikannya sebagai top scorer sepanjang sejarah timnas Portugal, jauh mengungguli Pauleta. 

Sedangkan sebagai pemain paling banyak memperkuat timnas, Ronaldo melampaui rekor legenda Luis Figo. Di usianya yang sudah 34 dan masih terus bermain, bintang Juventus ini bakal terus menorehkan rekor. 

Hanya, Ronaldo tak melupakan misi membawa Portugal lolos ke putaran final. Portugal yang menduduki peringkat dua dengan poin 11 bersaing ketat dengan Serbia yang berada di posisi tiga. Namun Serbia hanya terpaut satu poin dari Portugal. 

Bila Portugal menang atas Lithuania dan Serbia gagal mengatasi Luksemburg, maka tim asuhan Fernando Santos yang lolos. Pasalnya mereka unggul head-to-head dengan Serbia. 

"Saya yakin kami akan bermain bagus di dua pertandingan ini dan memenangkannya. Saya sepenuhnya yakin kami akan lolos ke EURO 2020," kata Santos seperti dikutip The National.

Hanya, Portugal tidak bisa menurunkan skuat terbaik. Gelandang William Carvalho dan bek tengah Pepe masih belum pulih dari cederanya. 

Selain itu, bek Nelson Semedo, pemain depan Joao Felix dan gelandang Joao Mario bakal absen. Ini menjadikan Santos hanya memiliki sedikit opsi pemain. 

Bahkan bila Ronaldo tak lolos tes medis, dia bisa absen. Apalagi, dia masih bermasalah dengan lututnya sehingga ditarik keluar di laga melawan AC Milan di Serie A Italia, akhir pekan lalu. Meski demikian, Santos tetap akan memaksakan Ronaldo tampil di laga tersebut. []

Berita terkait
Pelatih Portugal Meradang Disinggung Soal Ronaldo
Pelatih Portugal Fernando Santos meradang saat disinggung soal Cristiano Ronaldo menjelang laga kualifikasi EURO 2020 melawan Lithuania.
Menangkan Portugal, Ronaldo Buru Gol ke-700 dan 100
Cristiano Ronaldo tidak hanya membawa Portugal menang di pertandingan kualifikasi EURO 2020 tetapi juga mengukuhkan sebagai top scorer Eropa.
Menangkan Portugal, Ronaldo Ingin Terus Cetak Gol
Portugal masih bergantung kepada Cristiano Ronaldo yang memborong 4 gol saat menang 5-1 atas Lithuania di kualifikasi EURO 2020.
0
Nadiem Makarim Sebut Guru Honorer Kewenangan Pemda
Jujur saya terkejut bagaikan disambar petir, mendengar Mendikbud Nadiem Makarim bilang guru honorer kewenangan Pemda. Masalahnya bukan di situ.