Portugal vs Belanda, Susunan Pemain dan Prediksi
Portugal diunggulkan saat lawan Belanda di final UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Senin 10 Juni 2019 dini hari WIB.
Belanda menghadapi tuan rumah Portugal yang lebih diunggulkan di laga final UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Senin 10 Juni 2019 dini hari WIB. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Portugal diunggulkan memenangkan final UEFA Nations League melawan Belanda di Stadion do Dragao, Senin 10 Juni 2019 dini hari WIB. Selain dukungan dari suporter karena bertindak sebagai tuan rumah, Portugal memiliki kapten Cristiano Ronaldo yang menjadi kunci permainan tim. Namun Belanda tak bisa dianggap enteng dan harus diwaspadai tuan rumah. 

Portugal memiliki motivasi kuat meraih trofi kedua dari tiga final yang sudah dijalani. Setelah gagal di final EURO 2004, Ronaldo dkk menjadi juara di EURO 2016. Kini, Selecao das Quinas ingin merengkuh trofi kedua di Nations League. 

Ronaldo menjadi tumpuan Portugal seperti saat menyingkirkan Swiss di semifinal. Mereka menang 3-1 dan tiga gol tersebut dihasilkan bintang Juventus itu. 

Hanya tim yang bertumpu kepada satu atau dua pemain bisa menjadi persoalan bagi Portugal. Apalagi, Ronaldo pernah mengalami kesulitan saat Juve bertemu Ajax Amsterdam yang sebagian besar pemainnya menjadi tulang punggung Belanda

Ronaldo sendirian gagal membantu I Bianconeri mengatasi Ajax di perempat final Liga Champions. Bahkan di kandang sendiri di perempat final kedua, Juve dikalahkan Ajax 1-2. 

Motivasi Belanda untuk menjadi juara pun tidak kalah kuat. Terutama setelah de Oranje gagal lolos ke EURO 2016 dan Piala Dunia 2018. Kegagalan itu menjadikan Belanda melakukan revolusi dengan menyingkirkan para pemain lama. 

Kini muncul generasi anyar yang dimotori Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong. Mereka berpadu dengan pemain yang tengah mencapai puncak seperti Virgil van Dijk dan Daley Blind. Sedangkan para veteran yang masih dipertahankan di antaranya kiper Jasper Cillessen dan striker Ryan Babel. 

Duet Ronaldo-Felix

Di laga final, pelatih Portugal Fernando Santos mempertahankan skema 4-3-1-2 yang menduetkan Ronaldo dengan bintang muda Joao Felix. Saat melawan Swiss yang menjadi debut di timnas senior, Felix gagal tampil maksimal. Namun Santos tetap menjadikannya sebagai starter

PortugalKapten Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) menjadi tumpuan di laga final UEFA Nations League melawan Belanda, Senin 10 Juni 2019 dini hari WIB. (Foto: dailymail.co.uk)

Mereka akan ditopang gelandang serang Bernardo Silva. Pemain Manchester City ini bisa menambah daya gedor Portugal untuk menghadapi kekukuhan pertahanan Belanda yang digalang Van Dijk dan De Ligt. 

Di tengah, Santos kembali mengandalkan William Carvalho, Ruben Neves dan Bruno Fernandes. Ini berarti Goncalo Guedes dan Joao Moutinho kembali duduk di bench

Sedangkan di belakang ada duet bek tengah Pepe dan Ruben Dias yang tengah diincar Manchester United. Bek kanan Real Madrid Nelson Semedo tetap menjadi pilihan pertama. Sedangkan Raphael Guerreiro menempati posisi bek kiri. 

Kebugaran Pemain

Belanda dihadapkan dengan kebugaran pemain karena mereka dipaksa menyelesaikan pertandingan semifinal melawan Inggris lewat perpanjangan waktu sebelum menang 3-1. Durasi waktu untuk recovery pemain juga lebih pendek ketimbang Portugal yang mendapat tambahan 24 jam karena mereka bertanding lebih dulu. 

Pelatih Ronald Koeman tampaknya akan melakukan perubahan, terutama di lini depan. Menggelar formasi 4-3-3, pemain depan Memphis Depay menjadi starter bersama Steven Bergwijn dan Quincy Promes yang lebih menjanjikan ketimbang Babel. 

Gelandang Georginio Wijnaldum kembali menjadi pilihan pertama bersama De Jong dan Marten de Roon. Namun tidak menutup kemungkinan gelandang Donny van de Beek menjadi starter dan De Roon duduk di bench

Portugal tampaknya perlu mewaspadai De Jong karena perannya sebagai konduktor irama permainan Belanda. Tak heran bila eks pemain Ajax yang pindah ke Barcelona ini menjadi man of the match di laga semifinal. 

Sektor belakang Belanda sudah sangat solid dengan keberadaan bek tengah De Ligt dan Van Dijk. Blind yang menempati bek kiri juga tak digeser. Sedangkan posisi bek kanan tetap menjadi milik Denzel Dumfries. 

Laga final menjadikan sulit ditebak karena kedua tim memiliki motivasi menjadi juara. Portugal mendapat dukungan dari suporter, namun tim masih bergantung kepada sosok Ronaldo. 

Sebaliknya Belanda tetap mengandalkan kolektivitas permainan tim karena roh total football terletak pada kerjasama pemain. Hanya, Portugal memang sedikit diunggulkan. Skor ketat mungkin terjadi karena Belanda di-voor seperempat (1/4). Portugal diprediksi menang tipis atau Belanda kemungkinan bisa memaksakan imbang di waktu normal. 

Tim yang unggul lebih dulu pun belum tentu mengakhirinya dengan kemenangan. Kekuatan berimbang dari kedua tim membuat gol tak mudah tercipta. 

Prakiraan Susunan Pemain

Portugal (4-3-1-2): Patricio-Semedo, Dias, Pepe, Guerreiro; Carvalho, Neves, Fernandes; B Silva; Ronaldo, Felix

Belanda (4-3-3): Cillessen-Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; F de Jong, Van de Beek, Wijnaldum; Promes, Memphis, Bergwijn

Bursa

Portugal vs Belanda 0:1/4 (tips Belanda) []

Berita terkait final UEFA Nations League:

Berita terkait
0
Mencium Aroma Lemon Tubuh Lebih Langsing
Sebuah penelitian memperlihatkan mencium aroma lemon ternyata bisa membuat seseorang merasa lebih langsing.