PON Resmi Ditutup, 2024 Aceh & Sumut Akan Jadi Tuan Rumah

PON XX Papua 2021 telah resmi berakhir usai acara seremonial di Closing Ceremony yang dilaksanakan secara langsung di Stadion Lukas Enembe.
Penyerahan bendera PON dari Ketua KONI Pusat (Marciano Norman) kepada Gubernur Sumatra Utara (Eddy Rahmayadi) selaku tuan rumah PON XXI 2024 bersama Provinsi Aceh di penutupan PON XX Papua. (Foto: Tagar/PB PON XX Papua)

Jakarta – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah resmi berakhir usai acara seremonial di Closing Ceremony yang dilaksanakan secara langsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Dengan berakhirnya penyelenggaraan PON XX Papua 2021, acara seremonial ini dilakukan sebagai bentuk peresmian untuk tuan rumah PON berikutnya. Prosesi penyerahan bendera PON dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman didampingi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.


Kita akan berpisah dengan negeri matahari terbit tanah Papua dan berjumpa lagi di negeri matahari terbenam yaitu Aceh dan Sumut (Sumatra Utara) di PON ke-21 mendatang.


Bendera tersebut selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Aceh, H. Taqwallah dan Gubernur Sumatra Utara, Eddy Rahmayadi. Penyerahan bendera ini menjadi simbolis dari penyelenggaraan PON berikutnya.

“Kita akan berpisah dengan negeri matahari terbit, tanah Papua, dan berjumpa lagi di negeri matahari terbenam, yaitu Aceh dan Sumut (Sumatra Utara) di PON ke-21 mendatang,” kata Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum PB PON XX, Lukas Enembe dalam sambutannya.

Usai penyerahan bendera dilakukan, maka secara resmi Aceh dan Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah PON XXI yang akan kembali digelar pada tahun 2024 mendatang, yang akan menjadi tuan rumah untuk PON selanjutnya.

Perhelatan PON berikutnya diketahui akan dilaksanakan pada 5-19 September 2024. Persiapan tengah dilakukan saat ini oleh pemerintah Aceh dan Sumatra Utara. 

Diketahui bahwa Pemprov Sumut sudah menyiapkan lahan seluas 300 hektar di Deli Serdang serta 100 hektar di Kualanamu untuk mendukung pergelaran PON 2024.

Sementara itu, Pemprov Aceh sudah menyiapkan lahan seluas 240 hektar untuk pergelaran PON 2024. Penyelenggaraan PON 2024 ini akan menjadi ajang multicabang nasional pertama yang akan digelar pada dua provinsi.

PON XXI akan menggelar 64 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga yang akan digelar di Sumatra Utara dan 32 cabang lainnya yang akan digelar di Aceh. Untuk pembukaan acara akan diselenggarakan di Aceh sementara penutupan akan diselenggarakan di Sumatra Utara.

(Rana Maheswari Ummairah)



Berita terkait
PON XX Papua 2021 Resmi Ditutup Ma'ruf Amin
PON XX Papua 2021 resmi ditutup pada Jumat, 15 Oktober 2021 oleh Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe Papua.
Sukseskan Penutupan PON, PLN Pastikan Keandalan Kelistrikan
Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru pun mengapresiasi PLN untuk dukungannya dalam menyukseskan PON XX Papua 2021 sebab keandalan listrik.
Dheya Nazhira, Peraih Medali Emas PON Pulang dengan Angkutan Umum
Nama atlet muda Dheya Nazhira Nuramalina yang berasal dari Ciamis peraih medali emas di ajang PON XX Papua ini pulang dengan angkutan umum.
0
PON Resmi Ditutup, 2024 Aceh & Sumut Akan Jadi Tuan Rumah
PON XX Papua 2021 telah resmi berakhir usai acara seremonial di Closing Ceremony yang dilaksanakan secara langsung di Stadion Lukas Enembe.