UNTUK INDONESIA

Polisi Tangkap Pelaku Penyebar Video Azan Hayya Alal Jihad

Polda Metro Jaya menangkap pria yang menyebarkan video Hayya Allal Jihad di Cakung, Jakarta Timur.
Polda Metro Jaya menangkap pria yang menyebarkan video Hayya Allal Jihad di Cakung, Jakarta Timur. (foto: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/am.)

Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap pria yang menyebarkan video Hayya Allal Jihad. Pria berinisial H mengaku mendapatkan video melalui sebuah grup WhatsApp lalu mengunggahnya di akun Twitter pribadinya, @hashophasan, hingga viral di media sosial.

"Modus operandi pelaku memang masuk dalam satu grup WhatsApp FMCO News (Forum Muslim Cyber One), kemudian dia menemukan adanya unggahan video-video yang ada di grup tersebut ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 3 Desember 2020.

Yang saya katakan tadi, itu yang kemudian dia menyebarkan secara masif, hasil profiling yang dilakukan teman-teman Subdit Cyber Polda Metro Jaya.

Polisi menyebut tersangka H menyebarkan video tersebut secara masif di media sosial.

Baca juga: Jusuf Kalla Tolak Azan Jihad Dikumandangkan di Masjid

"Yang saya katakan tadi, itu yang kemudian dia menyebarkan secara masif, hasil profiling yang dilakukan teman-teman Subdit Cyber Polda Metro Jaya, yang kemudian setelah kita lakukan profiling yang bersangkutan diketahui saudara H pemilik akun tersebut kemudian diamankan dan dilakukan pemeriksaan dan memang betul akun itu milik Saudara H sendiri," kata Yusri Yunus.

Saat ditangkap, pria berinisial H itu sedang berada di rumahnya di Cakung, Jakarta Timur, pada Rabu, 2 Desember 2020.

Kata Yusri, pria itu sudah ditahan oleh Polda Metro Jaya. Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap yang bersangkutan.

Baca juga: Azan Hayya Allal Jihad, Maman Imanulhaq: Bidah yang Mengada-ada

Seperti diketahui, sebuah potongan video menyebar di media sosial, yang menunjukkan sekelompok remaja memegang poster Habib Rizieq Shihab sambil mengumandangkan azan ditambahi narasi jihad.

Dalam video itu pun jelas terdengar seorang pria mengumandangkan azan ditambahi dengan seruan Hayya Allal Jihad. Sejumlah anak-anak, remaja hingga orang dewasa dalam video itu kompak mengikuti suara pria tersebut sambil mengangkat kepalan tangan ke atas. [] (Magang/Victor Jo)

Berita terkait
Kata FPI Soal Seruan Azan Jihad di Petamburan
Video viral ajakan jihad melalui Azan yang beredar di media sosial ternyata berlokasi di Petamburan.
Polisi Selidiki Video Viral Kumandang Azan dan Ajakan Jihad
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono menyatakan pihaknya tengah menyelidiki kumandang azan ajakan jihad.
Viral Azan Versi Jihad, Muannas Minta MUI dan Polisi Bertindak
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid meminta polisi dan MUI bertindak usut adanya video viral pengubahan azan menjadi ajakan jihad.
0
Polisi Tangkap Pelaku Penyebar Video Azan Hayya Alal Jihad
Polda Metro Jaya menangkap pria yang menyebarkan video Hayya Allal Jihad di Cakung, Jakarta Timur.